Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ayam Goreng Lokal vs Ayam Goreng Internasional, Lebih Enak Mana?

List Artikel
22 Februari 2019 | 0 Komentar
Ayam menjadi salah satu bahan makan yang paling banyak dijadikan aneka olahan makanan karena bisa dimasak dengan menggunakan metode apa saja, mulai dari ditumis, dikukus, hingga digoreng. Salah satu olahan ayam yang paling banyak digemari adalah ayam goreng. Kuliner ayam goreng bisa kamu temukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tapi jika dibandingkan dengan ayam goreng internasional yang identik dengan ayam goreng tepung bagaimana? Dua jenis ayam goreng ini memang selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia. Jika kamu bingung menentukan, coba kita bandingkan saja keduanya!

 Sumber : Pergikuliner.com


Tekstur

Jika dilihat dari teksturnya, ayam goreng internasional memiliki tekstur yang lebih garing di luar karena dilapisi oleh tepung sehingga menjadi crispy. Sedangkan untuk ayam goreng lokal, teksturnya tidak terlalu garing pada bagian luar tapi terasa sangat gurih. Untuk bagian dalamnya, ayam goreng internasional terasa lebih juicy karena digoreng dalam waktu yang singkat. Meski demikian, tekstur ayam goreng Indonesia terasa lebih kenyal.


Varian

Untuk varian ayam goreng internasional, biasanya sangat terbatas karena hanya memiliki rasa original, pedas, blackpepper, hingga keju. Lain halnya dengan ayam goreng lokal yang punya banyak sekali varian. Mulai dari ayam goreng lengkuas, ayam goreng serundeng, ayam goreng kremes, ayam goreng bumbu rujak dan masih banyak lagi. Varian ayam goreng lokal memiliki tekstur yang berbeda dan cita rasa yang berbeda tergantung dari campuran bahan pembuatnya.


Sumber : Pergikuliner.com


Cita Rasa

Sesuai dengan apa yang dikatakan di atas, ayam goreng lokal memiliki banyak varian dan cita rasa yang berbeda sehingga satu sama lain memiliki ciri khas masing-masing. Inilah yang membuat kita tidak akan bosan menyantap ayam goreng lokal. Sedangkan untuk ayam goreng internasional meski variannya terbatas, kita tidak akan bosan menyantapnya. Hal ini dikarenakan tekstur garing dan renyah pada bagian kulitnya yang membuatnya begitu nikmat.

 

Pelengkap

Kamu pasti sudah tau kalau ayam goreng internasional kebanyakan disajikan bersama kentang goreng dan saus sambal atau saus tomat. Berbeda dengan ayam goreng lokal yang disajikan bersama nasi putih hangat atau nasi uduk, lalapan berupa mentimun, daun kemangi, tomat, kubis dan selada. Ditambah lagi sambal yang tidak boleh ketinggalan. Jenis sambal yang disajikan juga berbeda-beda, seperti sambal terasi, sambal dadak, sambal bawang, sambal limau, sambal mangga dan masih banyak lagi.


Kesimpulannya adalah kedua jenis ayam goreng tersebut baik ayam goreng Indonesia maupun ayam goreng barat memiliki kenikmatannya masing-masing. Dan keduanya tentunya punya penggemar tersendiri. Jika kamu lebih suka dengan tekstur ayam yang renyah dan tidak terlalu banyak varian, kamu bisa memilih ayam goreng internasional. Namun jika kamu lebih suka tekstur ayam yang kenyal, suka dengan banyak varian dan pecinta cocolan sambal, maka kamu akan lebih cocok dengan ayam goreng lokal. Nah, jika kamu belum tahu di mana kamu bisa menikmati ayam goreng lokal dan internasional yang enak, PergiKuliner punya referensi yang oke lho buat kamu! Disimak ya!

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Ayam Kremes Kraton

Foto Ayam Kremes Kraton
Foto Ayam Kremes Kraton
Foto Ayam Kremes Kraton

Chir Chir

Foto Chir Chir
Foto Chir Chir
Foto Chir Chir

Wingstop

Foto Wingstop
Foto Wingstop
Foto Wingstop

Toby's Fried Chicken

Foto Toby's Fried Chicken

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?