Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

AYCE BBQ Korea vs Jepang, Apa Sih Bedanya?

List Artikel
22 Agustus 2019 | 0 Komentar

Pernah menyantap AYCE BBQ atau mungkin kamu sangat sering menyantapnya? AYCE atau All You Can Eat merupakan konsep makan sepuasnya yang mengharuskan kamu hanya membayar satu kali saja. Konsep makan sepuasnya ini banyak diterapkan oleh beberapa restoran. Pada awalnya konsep AYCE ini hanya diterapkan pada restoran hotel saja. Tapi saat ini sudah banyak restoran yang menerapkan konsep serupa, seperti restoran BBQ. Berbicara tentang restoran AYCE BBQ, di Indonesia restoran AYCE BBQ ini terbagi menjadi dua bagian, yakni AYCE BBQ ala Jepang dan Korea. Keduanya ini memang terlihat sangat mirip jika kamu hanya melihatnya sekilas saja. Tapi jika diperhatikan lagi, keduanya memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Lantas apa saja perbedaannya? Coba langsung kita bandingkan bersama-sama saja yuk!

 



Sumber : Pergikuliner.com


1. Pilihan Daging

Perbedaan yang pertama bisa kamu lihat dari segi pilihan dagingnya. Untuk restoran AYCE BBQ Korea, menu pilihan dagingnya lebih beragam karena ada daging sapi, ayam, babi dan lain sebagainya. Bahkan beberapa ada yang menyediakan menu seafood untuk BBQ. Tapi berbeda dengan AYCE BBQ khas Jepang karena biasanya hanya fokus menyediakan daging sapi saja. Kamu bisa memilih daging sapi lokal, wagyu, atau daging sapi Australia. Tapi meski demikian, kualitas daging dari restoran AYCE BBQ Jepang biasanya jauh lebih tinggi dibanding AYCE BBQ Korea karena mereka menggunakan daging sapi premium.

 

2. Teknik Memanggang

Selanjutnya akan kita lihat dari segi teknik memanggangnya. Untuk teknik memanggang, restoran AYCE BBQ Jepang umumnya menerapkan teknik japanese yakiniku yang merupakan teknik daging yang dipanggang di atas net besi (ami yaki) dan daging yang dipanggang di atas plat besi tebal (teppan yaki). Sedangkan untuk restoran AYCE BBQ Korea menggunakan teknik memanggang di atas net besi, hanya saja jika diperhatikan, jaring-jaring pada alat bakar BBQ Korea lebih tebal dan rongganya lebih besar. Tapi ada juga beberapa restoran AYCE BBQ Korea yang menggunakan alat panggang besi.

 

3. Bumbu Pelengkap

Jika dari kasat mata sudah terlihat perbedaannya, kini kita akan melihat dari segi bumbu pelengkap yang bisa menciptakan cita rasa berbeda dari keduanya. Untuk AYCE BBQ jepang, biasanya daging kebanyakan tidak dibumbui saat dibakar. Barulah setelah selesai dibakar, kamu bisa mencelupkannya ke dalam saus cocolan yang terbuat dari kecap asin, kecap, mirin dan bawang putih. Sedangkan pada AYCE BBQ Korea, daging kebanyakan justru akan dibumbu terlebih dahulu sebelum dipanggang.

 

4. Makanan Pendamping

Kalau untuk makanan pendampingnya sudah pasti akan terlihat dengan jelas apa saja perbedaan keduanya karena masing-masing punya makanan pendamping yang berbeda. Untuk AYCE BBQ Korea akan ada kimchi, pajeon (pancake telur dadar), japchae, gyeran mari (telur kukus), dan aneka kuliner khas Korea lainnya. Berbeda dengan restoran AYCE BBQ Jepang yang hanya menyajikan sayuran pendamping seperti selada, jamur, dan bawang bombay. Lalu ada sup, nasi, serta gyoza.

 

5. Cara Menyantap Daging

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menyantap daging yang ada pada AYCE BBQ  Jepang, kamu cukup mencelupkannya dalam saus yang disajikan. Tapi untuk menyantap daging pada AYCE BBQ Korea, maka kamu harus membungkus daging tersebut dengan daun selada yang di dalamnya terdapat kimchi, bawang putih, cabai hijau dan saus ssamjang. Ini merupakan teknik menyantap daging yang disebut dengan nama ssam.

 

Sekarang kamu sudah tahu apa saja perbedaannya kan? Nah, kalau kamu ingin menyantap AYCE BBQ ala Korea atau Jepang, mampir saja ke salah satu restoran yang ada di bawah ini ya!

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Kintan Buffet

Foto Kintan Buffet
Foto Kintan Buffet
Foto Kintan Buffet

Gogijib Korean BBQ

Foto Gogijib Korean BBQ
Foto Gogijib Korean BBQ
Foto Gogijib Korean BBQ

Yakinikuya

Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?