Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bagi Penyuka Minuman Dingin, Ini Cara Kenali Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah

List Artikel
8 Maret 2018 | 0 Komentar

Indonesia sebagai negara beriklim tropis memiliki musim kemarau yang lebih panjang dibandingkan musim hujannya sehingga cuaca di Indonesia selalu disinari sinar matahari yang cukup terik, terutama pada siang hari. Hal ini membuat minuman dingin dengan es batu selalu menjadi kuliner favorit banyak orang di siang hari. Banyaknya penggunaan es batu pada minuman dingin ini membuat kamu harus ekstra hati-hati karena ternyata ada es batu yang tidak terbuat dari air matang, melainkan terbuat dari air mentah. Lalu apa bahayanya? Es batu yang terbuat dari air mentah ini sudah pasti mengandung bakteri sehingga bisa mengakibatkan masalah pada pencernaan. Jadi kamu harus jeli saat memesan minuman dingin yang ada es batunya. PergiKuliner akan menjelaskan bagaimana caranya mengenali es batu yang terbuat dari air mentah agar kamu tak mudah tertipu. Simak baik-baik ya!


Sumber: williams-sonoma.com

 

Dari Segi Tampilan Luarnya

Pertama adalah kamu harus melihat terlebih dahulu tampilan luar dari es batu. Dari segi bentuk, kamu memang tidak bisa membedakan keduanya tapi jika dilihat dari tampilan warnanya, kamu bisa membedakan mana es batu yang terbuat dari air matang dan mana yang tidak. Es batu yang terbuat dari air matang memiliki warna yang bening dan jernih seperti kaca. Sedangkan es batu yang terbuat dari air mentah memiliki warna putih yang lebih pekat seperti putih gading atau putih susu. Hal ini dikarenakan es batu dengan air mentah masih memiliki kandungan gas  sehingga saat dibekukan akan muncul warna putih pekat.

 

Dari Segi Aromanya

Setelah melihat tampilan luarnya, kamu bisa mencium aroma dari es batu tersebut. Bagaimana caranya? Es batu yang terbuat dari air mentah saat sudah meleleh dan tercampur dengan air dalam gelas, akan mengeluarkan bau tidak enak seperti bau besi atau bau air keran. Tapi es batu yang terbuat dari air matang tak memiliki aroma apapun selain aroma air minum pada umumnya.  

 

Dari Segi Rasanya

Setelah mengandalkan indra penglihatan dan indra penciuman, sekarang kamu bisa mengandalkan indra perasa atau pengecap kamu untuk mengetahui es batu yang terbuat dari air mentah. Ketika kamu mengicip atau merasakan es batu yang terbuat dari air matang, maka kamu akan merasakan rasa air matang atau air mineral pada umumnya. Tapi saat merasakan es batu yang terbuat dari air mentah, maka kamu akan merasakan rasa yang aneh seperti sedikit rasa pahit dan rasa tidak sedap yang bisa mempengaruhi rasa minuman kamu.


Itu dia cara untuk membedakan es batu yang terbuat dari air mentah. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin minum-minuman dingin, apalagi di tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini karena selain enak kebersihannya juga terjamin lho. Yuk, coba sekarang!

Bing Go

Foto Bing Go
Foto Bing Go
Foto Bing Go

Teh Tarik Uncle G

Foto Teh Tarik Uncle G

Dum Dum Thai Drinks

Foto Dum Dum Thai Drinks
Foto Dum Dum Thai Drinks

Jus Gue Kembung

Foto Jus Gue Kembung
Foto Jus Gue Kembung
Foto Jus Gue Kembung

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?