Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bahan Makanan yang Bisa Beracun Bagi Tubuh

List Artikel
18 November 2015 | 0 Komentar
Mencicipi menu kuliner dari seluruh dunia merupakan impian bagi para petualang kuliner. Banyak petualang kuliner yang mencoba aneka ragam makanan mulai dari makanan yang eksotis hingga yang ekstrim. Tapi kamu harus hati-hati dalam memilih santapan kuliner, salah-salah makanan tersebut mengandung racun yang berbahaya untuk tubuh kamu. PergiKuliner merangkum lima bahan makanan yang bisa beracun untuk tubuh kamu, yuk kita cek ada apa saja!


1. Ikan Buntal


Sumber: www.image.hotdog.hu

Kamu pasti tahu jenis ikan yang sering muncul dalam aminasi dan juga games ini. Ikan buntal ini dikenal sebagai ikan paling beracun di dunia. Ikan buntal memang bisa dimakan, tapi jika kamu salah menyajikan, ikan buntal ini bisa menjadi racun yang mematikan. Di Jepang, olahan tradisional dari ikan buntal ini sangat mahal harganya, minimal US$ 200 atau setara Rp 2,7 juta per porsi. Oleh karena itu, hanya chef bersertifikat khusus yang boleh mengolah ikan mematikan ini supaya dagingnya bisa dimakan.


2. Ackee


Sumber: keepitjiggy.com

Buah cantik berwarna merah ini masuk dalam golongan jenis buah yang sama dengan kelengkeng dan leci. Tapi, berbeda dengan dua sepupunya, ackee bisa sangat beracun. Padahal buah yang populer di Jamaika ini sangat kaya protein, vitamin A dan asam lemak tak jenuh yang berguna dalam menurunkan kolesterol. Racun ackee terletak pada kulit buahnya yang berwarna terang serta mata hitam di dalamnya. Bila termakan, bisa menyebabkan mual, muntah, kejang, hingga penurunan gula darah drastis. Sementara, daging buahnya yang berwarna kuning muda, aman dikonsumsi.


3. Ubur-ubur Jepang


Sumber: pinterest.com

Berbeda dengan ubur-ubur yang banyak ditemui di laut, hewan lunak ini hidup berdampingan dengan tuna. Kendati rasanya nikmat, ubur-ubur mungil ini punya cukup banyak racun yang bisa membunuh manusia. Oleh karena itu, sebelum disajikan, bagian tubuh yang beracun harus dihilangkan terlebih dahulu. Setelah aman, biasanya warga Jepang mengonsumsi hidangan yang populer dengan nama echizen kurage ini sebagai permen loli.


4. Hakari


Sumber: www.culturamix.com

Hidangan kontroversial ini merupakan menu yang paling banyak dicari di Islandia. Hakari terbuat dari karkas hiu alias perut ikan hiu Baskin Greenland yang difermentasikan selama dua sampai empat bulan. Hakari memiliki bau menyengat yang sangat tajam sehingga membuat kamu merasa mual duluan sebelum mengkonsumsinya. Jika tidak dipersiapkan dengan benar, daging yang nyaris membusuk itu bisa jadi sangat beracun untuk dikonsumsi manusia. Jadi hanya orang-orang Islandia yang memiliki trik khusus untuk mengolah makanan beracun ini.  


5. Singkong


Sumber: pergikuliner.com

Di daftar terakhir ada singkong yang populer di Indonesia sebagai camilan yang menemani kopi atau teh. Singkong ternyata bisa beracun untuk tubuh kamu karena jika tidak diolah dengan baik, singkong akan memproduksi racun sianida yang mematikan. Di dalam singkong, terutama varietas Sao Pedro Petro, baik pada umbi maupun daunnya mengandung glikosida cayanogenik. Umbi dan daun singkong yang mengandung racun biasanya ditandai dengan rasa pahit dan baunya langu. Jadi kamu harus hari-hati dalam memilih singkong, jika ujungnya berwarna biru, kamu lebih baik tidak mengolahnya. Disarankan untuk merendam singkong terlebih dahulu di dalam air dalam jangka waktu tertentu agar kandungan kadar asam sianida (HCN) dalam singkong akan berkurang oleh karena HCN akan larut dalam air.



Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?