Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Beda Daerah Beda Rasa, Ini 5 Ragam Nasi Kuning di Indonesia

List Artikel
18 Januari 2019 | 0 Komentar

Nasi kuning merupakan kuliner khas Indonesia yang memiliki tampilan warna kuning cerah sehingga sangat menggoda. Citarasanya sangat gurih dan beraroma karena di dalamnya terdapat campuran santan kelapa dan aneka bumbu rempah khas Indonesia, mulai dari kunyit, jahe, lengkuas, daun salam, sereh dan lain sebagainya. Kuliner nasi kuning biasa disajikan ketika ada perayaan khusus seperti hari kemerdekaan hingga ulang tahun. Tapi di beberapa daerah, nasi kuning justru dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Kita selama ini mengenal satu jenis nasi kuning saja, tapi tahukah kamu kalau ternyata ada banyak ragam nasi kuning yang ada di Indonesia, yaitu:

 

1. Nasi Kuning Solo



Sumber : Pergikuliner.com


Nasi kuning Solo merupakan ragam nasi kuning yang paling terkenal dan bisa dengan mudah ditemukan, tidak hanya di daerah asalnya saja, tapi juga di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta. Nasi kuning Solo biasanya disajikan dalam bentuk tumpeng alias kerucut yang di bagian bawahnya dikelilingi aneka lauk seperti suwiran opor ayam, ayam goreng, orek tempe, telur dadar iris, urap, perkedel kentang, kentang ati balado, hingga sambal. Bisa dikatakan kalau nasi kuning Solo ini memiliki paling banyak lauk pauk dalam sajiannya.


2. Nasi Kuning Manado


Sumber : Okyphotoworks.wordpress.com


Selanjutnya nasi kuning Manado yang dari segi tampilan juga terlihat tidak biasa karena dibungkus dengan menggunakan daun kelapa atau kulit jagung. Nasi kuning Manado ini memiliki aroma yang berbeda karena ada tambahan daun pandan di dalamnya. Untuk lauk pauk pelengkapnya, nasi kuning disajikan bersama dengan abon cakalang, kering talas atau ubi, semur daging, telur rebus dan bawang merah goreng. Berhubung ada campuran ikan di dalamnya, maka cita rasanya pun berbeda.

 

3. Nasi Kuning Gorontalo


Sumber : Kompas.com


Beralih ke nasi kuning Gorontalo yang memiliki tampilan warna kuning lebih terang. Nasi kuning Gorontalo disajikan dengan wadah piring anyaman lidi dan sering disantap sebagai menu sarapan. Nasi kuning Gorontalo disajikan bersama dengan lauk ayam suwir, telur dadar yang diiris tipis-tipis dan juga bawang goreng. Biasanya nasi kuning Gorontalo juga disajikan bersama dengan sup ayam sehingga kamu tidak seret saat menyantapnya.

 

4. Nasi Kuning Banjar


Sumber : Garnesia.com


Selanjutnya ada nasi kuning Banjar yang menjadi menu sarapan masyarakat Suku Banjar. Nasi kuning Banjar sebenarnya termasuk dalam sajian yang cukup sederhana karena hanya diberi tambahan lauk berbumbu merah yang bisa berupa ayam, ikan, atau telur rebus. Selain lauk bumbu merah, ada tambahan lainnya seperti kering talas atau ubi sehingga ada campuran tekstur garing dan renyah.

 

5. Nasi Kuning Makassar


Sumber : Travelingyuk.com


Terakhir ada nasi kuning Makassar yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nasi kuning Solo karena terdapat banyak lauk di dalamnya. Kamu bisa menemukan telur pindang, sayur labu siam, sayur nangka, abon ikan, kentang kering, hingga paru goreng. Citarasa dari nasi kuning Makassar ini terasa lebih gurih dan creamy karena campuran lauk pauknya. Kamu bisa menemukan nasi kuning Makassar dengan mudah saat pagi hari karena lebih banyak dijual sebagai menu sarapan.

 

Ternyata ada banyak bukan ragam nasi kuning yang ada di Indonesia? Nah, buat kamu yang ingin segera mencicip nasi kuning tersebut bisa langsung datang ke beberapa tempat makan ini ya!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Nasi Uduk Medan Super Rasa

Foto Nasi Uduk Medan Super Rasa

Neo Dapoer Oma

Foto Neo Dapoer Oma

Eng's Resto

Foto Eng's Resto
Foto Eng's Resto

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?