Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Beda Jenis Cake, Beda Rasanya!

List Artikel
21 Mei 2015 | 0 Komentar

Cake sudah menjadi makanan penutup yang tak asing lagi di telinga dan lidah kita. Kamu pasti sudah pernah mencoba berbagai macam jenis cake, mulai dari cake dengan tekstur lembut, berongga, hingga padat. Semua itu ternyata dihasilkan dari cara atau teknik pembuatan yang berbeda. Pada dasarnya, cake dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan cara pembuatannya, yaitu: 



1. Sponge Cake



Roll Cake - Rati Rati


Tekstur cake berongga ini dihasilkan dengan metode pengocokan telur dan gula terlebih dahulu hingga mengembang sempurna. Biasanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit untuk mengocok enam buah telur. Setelah itu baru dimasukkan bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, dan vanila bubuk hingga tercampur rata, kemudian dilanjutkan dengan mengaduk margarin atau mentega yang sudah dicairkan. Contoh sponge cake yang biasanya dapat kita temukan adalah Blackforest, Roll Tart, Red Velvet, dan Opera Cake.



2. Butter Cake


Choco Cheese Brownies - Giyanti Coffee Roastery


Berbeda dengan pembuatan sponge cake, pembuatan butter cake didahului dengan mengocok margarin atau mentega yang tidak dicairkan dengan gula. Setelah adonan menjadi lembut dan tercampur rata, telur dan tepung dimasukkan secara bergantian. Telur yang digunakan tidak sebanyak adonan sponge cake, sehingga tekstur butter cake terasa lebih padat berisi dibandingkan dengan dua jenis cake yang lainnya. Yang termasuk ke dalam jenis Butter Cake ini adalah Marmer Cake, Brownies, dan Fruit Cake.



3. Chiffon Cake



Pandan Chiffon - Sumber: backpackerlee.wordpress.com


Jenis cake ini teksturnya ringan dan sangat lembut. Chiffon cake dibuat dengan mengocok kuning telur dan putih telur secara terpisah. Kuning telur dikocok bersama gula, margarin cair, terigu dan bahan tambahan lainnya. Sementara putih telur dikocok dengan sedikit gula agar proses pengembangan menjadi lebih stabil. Chiffon cake bisa kita temukan dengan macam-macam rasa seperti pandan, pisang, coklat, dan lain-lain.


Manakah cake favorit kamu? :)


The Harvest

Foto The Harvest
Foto The Harvest
Foto The Harvest

Bakerzin

Foto Bakerzin
Foto Bakerzin
Foto Bakerzin

Kempi Deli

Foto Kempi Deli
Foto Kempi Deli
Foto Kempi Deli

Rati Rati

Foto Rati Rati
Foto Rati Rati
Foto Rati Rati

Union Deli

Foto Union Deli
Foto Union Deli
Foto Union Deli

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?