Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Benarkah Nitrogen Cair dalam Kuliner Bisa Berbahaya?

List Artikel
3 Maret 2023 | 0 Komentar

Nitrogen cair menjadi salah satu bahan pembicaraan hangat di kalangan netizen sejak terjadinya insiden kurang mengenakkan yang dialami beberapa anak sekolah dasar setelah mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair. Nitrogen cair sebenarnya sudah lama terkenal sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam kuliner, tapi keberadaannya semakin populer dalam dua tahun belakangan ini. Nitrogen cair bisa digunakan sebagai bahan campuran pada aneka makanan. Dengan menambahkan nitrogen cari ke dalamnya, maka akan ada sensasi asap yang keluar dari dalam makanan tersebut sehingga menimbulkan efek seolah sedang menyantap asap. Lantas apakah nitrogen cair ini aman untuk dikonsumsi?

 

Apa Itu Nitrogen Cair?



Sumber: Pikiran-rakyat.com


Nitrogen cair merupakan nitrogen dalam bentuk cair pada suhu yang sangat rendah dengan titik didih sekitar -195 derajat celcius atau -320 derajat fahrenheit. Nitrogen cair ini tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak memiliki rasa sama sekali. Inilah yang menjadikannya banyak dipadukan dengan beragam kuliner karena dengan penambahan nitrogen cair tidak akan mengubah rasa dari makanan tersebut. Penggunaan nitrogen cair untuk makanan ini muncul sejak adanya tren molecular gastronomy yang muncul beberapa tahun lalu. 


Molecular gastronomy adalah teknik membuat makanan yang menggabungkan ilmu fisika dengan kimia. Awalnya molecular gastronomy ini hanya digunakan pada proses pembekuan es krim supaya lebih cepat beku dan lebih lembut. Tapi lama kelamaan, molecular gastronomy yang menggunakan nitrogen cair juga digunakan pada kuliner-kuliner lainnya.

 

Makanan yang Menggunakan Nitrogen Cair

Tidak semua makanan bisa menggunakan nitrogen cair, kebanyakan adalah makanan manis yang termasuk dalam kategori dessert. Salah satu yang paling populer adalah ice smoke alias es krim asap yang menjadi kuliner dengan nitrogen cair pertama yang muncul di Indonesia. Tampilan es krim dengan asap memang terlihat unik dan menggoda. Selain ice smoke, ada pong-pong snack yang merupakan jajanan dengan sensasi asap. Lalu ada dragon’s breath yang dibuat dari puff sereal berwarna-warni. Pong-pong snack bisa dijumpai dengan mudah di sekolah-sekolah karena merupakan jajanan anak-anak. Penggunaan nitrogen cair juga bisa digunakan pada minuman seperti koktail. Penggunaan nitrogen cair pada minuman koktail ditujukan supaya minuman cepat dingin.



Sumber: Sehatnegeriku.kemkes.go.id


Amankah Nitrogen Cair untuk Makanan?

Menurut Kepala Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRTPP BRIN) Satriyo Krido Wahon dijelaskan bahwa nitrogen cair sebenarnya aman digunakan untuk proses pembuatan makanan karena nitrogen cair memiliki sifat yang tidak mudah terbakar sehingga tidak berbahaya dan tidak beracun. Hanya saja hal tersebut berlaku jika nitrogen cair dipergunakan dalam jumlah dan takaran yang tepat. Jika digunakan dengan benar maka tidak akan berbahaya.


Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam penggunaan nitrogen cair adalah kita baru bisa mengonsumsi makanan yang dibuat dengan campuran nitrogen cair setelah kandungan nitrogen cair tersebut menguap ke udara. Pasalnya, jika Teman Kuliner langsung mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair tanpa menunggu asapnya menguap maka bisa berdampak pada sistem pencernaan di dalam tubuh. Jadi sebaiknya sabar dulu menunggu beberapa menit sebelum kita menyantapnya.  

 

Jadi sekarang Teman Kuliner sudah paham kan tentang isu nitrogen cair yang digunakan dalam kuliner, apakah berbahaya atau tidak? Semoga dengan adanya informasi tersebut, Teman Kuliner bisa menambah pengetahuan kuliner.

Mister & Misses Cakes

Foto Mister & Misses Cakes
Foto Mister & Misses Cakes
Foto Mister & Misses Cakes

Peach of Cake

Foto Peach of Cake
Foto Peach of Cake
Foto Peach of Cake

C for Cupcakes & Coffee

Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee

Baby Dutch Pancake

Foto Baby Dutch Pancake
Foto Baby Dutch Pancake
Foto Baby Dutch Pancake

Zangrandi Ice Cream

Foto Zangrandi Ice Cream
Foto Zangrandi Ice Cream
Foto Zangrandi Ice Cream

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?