Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Benarkah Ubi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

List Artikel
25 Maret 2020 | 0 Komentar

Ubi menjadi salah satu jenis umbi-umbian yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ubi sangat disukai karena cita rasanya yang manis dengan tekstur lembut dan empuk. Ubi terbagi menjadi beberapa jenis, ada ubi kuning, ubi merah, dan ubi ungu. Masing-masing memiliki tekstur dan cita rasa yang agak berbeda. Untuk cita rasa yang paling manis bisa kamu temukan pada ubi merah. Ubi ini seringkali disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet. Sebenarnya apakah benar ubi bisa bantu turunkan berat badan? Yuk, cek dulu kebenarannya di sini!




Sumber : Habismanis.com


1. Ubi Menjadi Sumber Karbohidrat Kompleks

Seperti yang kita ketahui, ubi memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Keberadaannya bahkan bisa menggantikan asupan nasi. Tapi tahukah kamu kalau ubi juga termasuk dalam kategori makanan dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini bisa memberikanmu asupan energi dalam waktu yang lama. Karbohidrat kompleks tak akan menyebabkan lonjakan gula darah secara berlebihan sehingga setelah menyantapnya, kamu tidak perlu takut lemas karena gula darah naik.

 

2. Ubi Mengandung Serat yang Tinggi

Ubi juga mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan serat pada ubi ini bisa membentuk semacam gel dalam tubuh sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Kalau begini, pastinya tubuh tidak mudah lapar. Kandungan serat tinggi juga mampu mengurangi kadar hormon lapar serta memperlambat sistem pencernaan sehingga makanan bisa dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh kita.

 

3. Ubi Sangat Rendah Kalori

Meski mengenyangkan, ubi ini ternyata punya kalori yang rendah sehingga cocok untuk membantumu menurunkan berat badan. Dengan kalori yang rendah, maka tubuh akan membakar lemak untuk dijadikan energi. Jika kamu mengonsumsi ubi sebanyak 120 gram (1 buah ubi), maka kalori yang didapat adalah 112 kalori saja. Jadi kalau kamu menyantap 2 buah ubi, maka kebutuhan kalorimu cukup hingga jam makan berikutnya.

 

4. Ubi Kaya Kandungan Air

Ubi bisa membantu menurunkan berat badan karena di dalamnya terdapat kandungan air yang sangat banyak. Dengan tercukupinya asupan air dalam tubuh, maka metabolisme akan stabil sehingga bisa mencegah adanya penimbunan lemak dalam tubuh. Tak hanya kandungan serat tinggi saja yang bisa membuat perut kenyang lebih lama, tetapi kadar air yang banyak pada ubi juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

 

Ubi Punya Indeks Glikemik Rendah

Kita pasti tidak akan mengira kalau ubi yang punya citarasa manis ini ternyata punya kadar glikemik yang rendah. Indeks glikemik yang rendah bisa mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang berlebihan. Dengan begitu, rasa lapar bisa dikontrol dengan baik. Jika makanan mengandung glikemik tinggi, maka lonjakan gula darah bisa tinggi dan membuat kita cepat lapar dan lemas.

 

Jadi kesimpulannya ubi bisa membantu turunkan berat badan ya teman PergiKuliner. Sekarang kamu sudah tidak penasaran lagi kan? Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu ya! Jika ingin menikmati cemilan nikmat lainnya kamu bisa mampir saja ke sini aja yuk!

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?