Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Berapa Lama Waktu yang Tepat untuk Menghabiskan Makananmu?

List Artikel
3 Mei 2020 | 0 Komentar

Makan memang menjadi hal yang harus dilakukan oleh manusia setiap harinya. Rata-rata manusia harus makan setidaknya tiga kali sehari, tapi terkadang kita makan melebihi jatah tersebut karena inginnya menyantap camilan atau makanan lain yang sedang diinginkan. Tapi bukan berarti tidak ada orang yang makan kurang dari tiga kali sehari? Ada juga orang yang hanya makan satu hingga dua kali saja sehari. Lantas berapa lama waktu yang dibutuhkan olehmu untuk makan? Masing-masing orang tentu saja membutuhkan waktu yang berbeda untuk menghabiskan santapan makanannya. Hal ini dikarenakan banyak faktor, mulai dari tingkat kesibukan dan aktivitas yang dilakukan hingga apa jenis makanan yang akan disantap.



 Sumber : Pergikuliner.com


Untuk orang-orang yang punya kesibukan atau aktivitas yang padat, waktu makan seringkali dilakukan dengan terburu-buru karena ingin cepat selesai agar bisa mengerjakan aktivitas yang lainnya. Rata-rata orang yang punya kesibukan padat akan menghabiskan waktu makan sekitar 5-10 menit saja. Beberapa di antaranya bahkan ada yang bisa menghabiskan makanannya hanya dalam beberapa detik saja. Padahal sebenarnya, lama yang waktu paling tepat untuk menghabiskan makanan setidaknya 15-30 menit. Hal ini dikarenakan kamu harus mengunyah makanan setidaknya 10-15 kali sebelum menelannya agar makanan bisa dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan diserap dengan baik kandungan nutrisinya oleh tubuh. Memang pada dasarnya kita diharuskan untuk mengunyah makanan paling tidak 33 kali sebelum menelannya, tapi di tengah kesibukan padat yang kamu alami, pastinya kamu akan merasa kerepotan jika melakukannya.



 Sumber : Pergikuliner.com


Selain itu, ada faktor lainnya yang menentukan berapa lama waktu yang tepat untuk menghabiskan santapan makanan. Untuk jenis makanan yang bertekstur lembut dan halus pastinya kamu tidak butuh waktu banyak untuk menyantapnya karena tidak perlu mengunyah beberapa kali. Beberapa contoh makanan halus yang tidak butuh waktu lama untuk menyantapnya adalah bubur atau smoothie bowl. Rata-rata hanya akan menghabiskan waktu sekitar 10-15 menitan saja. Lain halnya jika kamu menyantap makanan yang bertekstur agak keras seperti steak, BBQ, atau kuliner-kuliner yang ada bahan dasar daging di dalamnya. Pastinya kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghabiskannya karena harus mengunyahnya hingga berkali-kali agar daging bisa terurai dan bisa ditelan dengan mudah serta dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan. Untuk lama waktu yang tepat saat menyantap steak atau makanan bertekstur keras lainnya biasanya dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.



 Sumber : Pergikuliner.com


Sebenarnya, ketika menyantap makanan, kamu tidak boleh terburu-buru karena bisa menghilangkan rasa nikmat dari cita rasa makanan itu sendiri sehingga acara makanmu jadi terasa tidak menyenangkan. Alangkah baiknya jika kamu menyisihkan waktu sedikit agar dapat makan dengan tenang dan tidak terburu-buru. Selain agar makanan yang masuk bisa dicerna dengan baik oleh tubuh, kamu juga bisa menikmati cita rasa makanan dengan lebih maksimal.

 

Semoga informasi di atas bisa membuatmu agar selalu menikmati setiap suapan dalam makanan yang kita santap. Selamat makan! Jika ingin aneka sajian lezat lainnya, bisa coba mampir ke sini ya!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

Dope Burger & Co.

Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.

RM Pondok Minang Jaya

Foto RM Pondok Minang Jaya
Foto RM Pondok Minang Jaya
Foto RM Pondok Minang Jaya

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?