Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Berapa Lama Yoghurt Bisa Bertahan di Lemari Pendingin?

List Artikel
30 April 2020 | 0 Komentar

Yoghurt merupakan salah satu olahan susu terpopuler yang paling banyak disantap selain keju. Yoghurt bisa dibuat dari jenis susu apa saja, mulai dari susu hewani hingga nabati. Yoghurt dibuat dengan cara memfermentasikan susu sehingga bisa menghasilkan asam laktat yang bisa membuat teksturnya menjadi kental. Di dalam yogurt terdapat bakteri baik bagi tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan, menyehatkan pencernaan, dan lain sebagainya. Jenis yogurt berbeda-beda tergantung dari bahan pembuatnya. Tapi jika dilihat dari teksturnya, ada yoghurt encer yang biasanya dijadikan sebagai minuman hingga yoghurt beku atau yang lebih dikenal dengan nama froyo (frozen yoghurt).



 Sumber : Thesun.co.uk


Berhubung di dalamnya terdapat bakteri baik, yoghurt harus selalu disimpan dalam lemari pendingin. Jika tidak disimpan di lemari es, maka yoghurt akan cepat rusak sehingga tidak bisa kita konsumsi lagi. Tapi sebenarnya berapa lama sih yoghurt yang kita beli bisa bertahan lama? Ada tiga faktor yang bisa menentukan lama penyimpanan yoghurt dalam lemari pendingin, pertama adalah tanggal kadaluarsanya, tempat penyimpanan dan jenisnya. Meski demikian, pada dasarnya semua jenis yoghurt yang masih dalam kemasan tersegel alias belum dibuka, jika disimpan dalam lemari es bisa bertahan maksimal 1-3 minggu setelah tanggal produksinya.



 Sumber : Pergikuliner.com


Yoghurt yang memiliki tekstur lebih encer akan lebih mudah menurun kualitasnya dibanding yoghurt yang teksturnya kental. Hal ini dikarenakan biasanya pada yoghurt bertekstur encer sudah ada bahan-bahan tambahan lainnya seperti gula, sari buah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, daya tahan yoghurt akan semakin berkurang. Sedangkan pada yoghurt bertekstur kental biasanya adalah murni yoghurt saja sehingga lebih tahan lama. Daya tahan yoghurt yang disimpan dalam lemari pendingin juga bisa dipengaruhi dari kemasannya yang sudah dibuka atau belum. Jika kemasan masih tetap tersegel, maka kamu bisa melihat masa kadaluarsa yang tercetak pada kemasan. Sedangkan jika sudah terbuka segelnya karena kamu sudah menyantapnya setengah, maka daya tahannya pasti akan lebih pendek karena saat dikeluarkan dari kulkas dan kemasannya dibuka, maka yoghurt akan mudah terkena bakteri jahat. Jadi kalau sudah dibuka kemasannya, lebih baik kamu menyantapnya hari itu juga. Oleh karena itu lebih baik membeli yoghurt dengan kemasan kecil atau sedang sehingga bisa sekali santap.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan berapa lama yoghurt bisa bertahan dalam lemari pendingin? Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu ya! Jika ingin menikmati sajian yoghurt, kamu bisa mendapatkannya di salah satu tempat di bawah ini nih!

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Yogurtland

Foto Yogurtland
Foto Yogurtland
Foto Yogurtland

Chia-Yo Express

Foto Chia-Yo Express
Foto Chia-Yo Express
Foto Chia-Yo Express

Yoghurt Cisangkuy

Foto Yoghurt Cisangkuy
Foto Yoghurt Cisangkuy

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?