Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Berbagai Macam Olahan Susu yang Bikin Tubuh Kamu Sehat dan Kuat

List Artikel
18 Juni 2015 | 0 Komentar
Siapa yang pengen sehat? Semua orang pasti selalu pengen sehat tanpa terkecuali. Tapi, kebanyakan orang nggak tahu gimana caranya hidup sehat. Padahal hidup sehat itu gampang lho. Apalagi di jaman yang serba ada seperti sekarang, dimana banyak makanan ataupun minuman unik dan lucu yang dioleh dari bahan-bahan yang menyehatkan, seperti susu. Susu memang dapat diolah menjadi beragam olahan seperti keju, yoghurt, es krim, mentega, puding, dan masih banyak olahan-olahan lainnya.

Semua produk olahan dari susu tentunya mengandung zat-zat yang sangat menyehatkan tubuh. Gimana enggak? Susu sendiri kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, mineral, dan juga lemak. Karena kandungannya yang beragam tersebut, susu dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti kanker usus, diabetes, dan kerusakan pada gigi. Susu juga berkhasiat menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan lho. Jika kamu susah tidur alias insomnia, minumlah segelas susu hangat sebelum tidur, dijamin kamu akan langsung tertidur dengan nyenyaknya. Mau tau lebih jelas mengenai produk olahan dari susu? Cekidot!


1. Keju


Sumber: www.howitworksdaily.com

Keju merupakan jenis produk olahan susu yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan enzim tertentu yang disebut rennet. Nama keju berasal dari bahasa Portugis yaitu “queijo”.


2. Yoghurt


Sumber: pergikuliner.com

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Fermentasi gula susu (laktosa) akan menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt.


3. Es Krim

Sumber: pergikuliner.com

Es krim merupakan minuman beku yang dibuat dari produk susu seperti krim atau sejenisnya dan digabungkan dengan perasa serta pemanis. Campuran ini kemudian didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es yang berukuran besar.


4. Mentega (Butter)

Sumber: www.kellytoups.com

Mentega merupakan bagian dari lemak susu yang dihasilkan dengan cara pengocokan susu (lemak hewani). Di Indonesia, nama mentega sering disalahartikan dengan margarin. Padahal keduanya sangat berbeda bahan bakunya. Margarin merupakan jenis butter yang terbuat dari lemak nabati.


5. Puding


Sumber: pergikuliner.com

Puding adalah nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya terbuat dari bahan baku susu (yogurt), tepung maizena,tepung tapioka, dan telur yang dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding biasanya ditambahkan dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan.

Gimana? Gampang kan caranya hidup sehat? Makanya, jangan malas minum susu atau makan produk-produk olahan susu lainnya!

Mom Milk

Foto Mom Milk
Foto Mom Milk
Foto Mom Milk

The Milkbar

Foto The Milkbar
Foto The Milkbar
Foto The Milkbar

Fat Bubble

Foto Fat Bubble
Foto Fat Bubble
Foto Fat Bubble

Panna Cotta Etc

Foto Panna Cotta Etc
Foto Panna Cotta Etc
Foto Panna Cotta Etc

Harvest Moo

Foto Harvest Moo
Foto Harvest Moo
Foto Harvest Moo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?