Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Beribu Kebaikan Menyantap Sarapan Bagi Tubuh

List Artikel
23 Januari 2018 | 0 Komentar

Disadari atau tidak, kita seringkali melewatkan sarapan pagi karena jadwal kesibukan yang padat. Padahal, sarapan mengandung sejuta manfaat bagi tubuh lho. Biasanya orang-orang yang melewatkan sarapan ini juga memiliki anggapan kalau sarapan bisa membuat berat badan naik. Ternyata itu semua tidak benar. Mau tau apa saja manfaat sarapan bagi tubuh? Lihat ulasannya di bawah ini!


 

Sumber : pergikuliner.com


Dahulu, kebanyakan para ibu-ibu beranggapan kalau sarapan pagi merupakan waktu makan paling penting sebelum beraktivitas dan para ibu seringkali menasehati anak-anaknya jika melewatkan sarapan pagi. Ternyata menurut penelitian tentang kesehatan, hal yang dilakukan para ibu tersebut adalah benar. Berdasarkan penelitian dari European Journal of Clinical Nutrition menyebutkan jika seseorang yang sering melewatkan sarapan paginya maka akan cenderung mengalami kelebihan berat badan dibandingkan dengan mereka yang selalu sarapan pagi. Peningkatan berat badan terjadi akibat dari pemilihan waktu makan yang tidak sehat untuk menutupi waktu sarapan yang terlewatkan. Meskipun begitu, nampaknya melewatkan waktu sarapan pagi sudah menjadi suatu hal yang biasa dan sering terjadi dalam gaya hidup masyarakat urban saat ini.



Sumber : pergikuliner.com


Penelitian lainnya yang dilakukan oleh pakar gizi dan ahli nutrisi dari Harvard School of Public Health in Boston juga menemukan bahwa sarapan dengan menu yang sehat dapat meningkatkan kadar gula darah untuk beberapa saat, tetapi selang waktu 5 jam setelah sarapan maka tubuh akan langsung menyerapnya menjadi energi yang tercukupi sehingga kita tidak akan mudah merasa lapar.


Namun jika kita melewatkan waktu sarapan pagi maka akan memicu efek ghrelin atau hormon yang dapat meningkatkan semangat kita untuk makan berlebihan pada waktu makan berikutnya. Hal itu justru dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis dan jika dibiarkan terus-menerus maka akan berakibat pada hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit diabetes (kencing manis).



Sumber : pergikuliner.com


Beberapa orang juga melewatkan sarapan pagi dengan alasan untuk mengurangi berat badan, padahal hal itu bisa saja berakibat sebaliknya. Beberapa penelitian mengatakan jika kita melewatkan waktu makan khususnya sarapan pagi, justru dapat mempersulit pengendalian berat badan. Hal ini terjadi karena pada waktu makan berikutnya, kita akan cenderung melakukan balas dendam dengan mengkonsumsi makanan melebihi dari porsi makan normal.


Teman PergiKuliner tentu tidak ingin terjadi hal-hal seperti itu, bukan? Nah! Agar Teman PergiKuliner selalu sehat dan tetap bisa berpergian kuliner terus maka jangan sampai melewatkan waktu makan terutama pada waktu sarapan pagi mulai dari sekarang. Tapi, kalau kamu tidak sempat untuk sarapan di rumah, kamu bisa menikmati berbagai menu brunch di tempat-tempat ini!

Poach'd Brunch & Coffee House

Foto Poach'd Brunch & Coffee House
Foto Poach'd Brunch & Coffee House

BEAU Bakery

Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery

Common Grounds

Foto Common Grounds
Foto Common Grounds
Foto Common Grounds

St. Ali

Foto St. Ali
Foto St. Ali
Foto St. Ali

Hygge Coffee

Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee

Bagaimana? Setelah membaca artikel ini Teman PergiKuliner masih ingin melewatkan sarapan paginya?


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?