Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Biar Nggak Bosan, Ini Inovasi Olahan Jagung Bakar untuk Tahun Baru

List Artikel
28 Desember 2016 | 0 Komentar

Perayaan tahun baru di Indonesia sangat lekat dengan kuliner bakaran seperti ayam bakar, ikan bakar, hingga jagung bakar. Kamu bahkan bisa menemukan penjual jagung dadakan yang menjajakan dagangannya di pinggiran jalan trotoar menjelang perayaan tahun baru. Jagung bakar dipilih sebagai sajian tahun baru karena mudah mengolahnya, yakni hanya mengupas jagung, mengoleskannya dengan mentega lalu membakarnya di atas api. Biar kamu nggak bosan dengan citarasa jagung bakar yang itu-itu saja, bagaimana kalau kamu mencoba inovasi olahan jagung bakar di bawah ini!

 

1. Jagung Bakar Pedas ala Meksiko



Sumber: squarespace.com

 

Suka makanan pedas? Kamu bisa mencoba inovasi olahan jagung bakar ala Meksiko. Campurkan bubuk cabai dengan butter untuk olesan. Sebelum membakar kucuri jagung dengan air jeruk nipis agar warna tetap cantik. Saat jagung sudah setengah matang, kamu bisa menambahkan daun parsley dalam olesan butter dan bubuk cabai. Citarasanya tentu sangat bervariasi mulai dari pedas, asam, dan gurih.

 

2. Jagung Bakar ala Italia



Sumber: primaverakitchen.com

 

Ingin merasakan citarasa jagung bakar ala Italia? Kamu bisa mencoba mencampurkan butter dengan irisan basil dan oregano. Bakar jagung hingga setengah matang lalu taburi dengan parmesan cheese. Agar tidak cepat gosong, kamu bisa membalut jagung dengan alumunium foil. Setelah matang, oles jagung dengan saus tomat dan taburi kembali dengan keju parmesan. Aroma rempah dari basil dan oregano yang bercampur dengan saus tomat serta gurihnya keju akan membuat kamu mendapatkan citarasa jagung khas Italia.

 

3. Jagung Bakar ala Chinese



Sumber: betsylife.com

 

Buat penggemar masakan Asia, coba yuk untuk membuat jagung bakar ala Chinese. Untuk membuatnya kamu memerlukan saus tiram, minyak wijen, madu, biji wijen serta daun bawang untuk taburan. Campur minyak wijen dan saus tiram lalu oleskan pada jagung kemudian bakar hinga matang lalu sajikan dengan taburan biji wijen sangrai dan daun bawang. Citarasanya sangat unik dan berbeda jagung bakar biasanya.

 

4. Jagung Bakar Asam Manis


Sumber: foodcentriclife.com


Ingin membuat jagung bakar dengan bahan yang mudah dicari dan gampang? Cobalah untuk membuat jagung bakar asam manis. Untuk membuat jagung bakar asam manis ini kamu hanya memerlukan saus tomat, jeruk nipis, dan butter. Kucuri jagung terlebih dahulu dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama beberapa menit sebelum kemudian olesi dengan butter yang dicampur saus tomat. Citarasa asam manis yang berbeda bisa menjadikan jagung bakar kamu makanan favorit saat tahun baru nanti.

 

5. Asinan Jagung Bakar



Sumber: kompas.com

 

Kamu pasti sudah tahu khan camilan khas Bogor yang satu ini. Tak perlu jauh-jauh ke Bogor, kamu sekarang bisa membuatnya sendiri. Caranya gampang kok, kamu harus menyiapkan kuah asinan terlebih dahulu. Haluskan cabai merah keriting dan merah dengan udang kering atau ebi lalu rebus air kemudian tambahkan bumbu halus tadi. Tambahkan gula pasir, garam, serta cuka atau jeruk nipis. Sisihkan kuah terlebih dahulu. Bakar jagung seperti biasa dengan olesan butter. Setelah matang, sisir jagung lalu siram dengan kuah. Asinan jagung bakar ini paling cocok disantap dengan tambahan kerupuk kuning atau kerupuk mie.

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado

Planet Popcorn

Foto Planet Popcorn
Foto Planet Popcorn

Daily Fresh

Foto Daily Fresh
Foto Daily Fresh

Taco Local

Foto Taco Local
Foto Taco Local
Foto Taco Local
Foto Taco Local

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?