Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bikin Sehat, Ini Dia 5 Kuliner Korea yang Terbuat dari Taoge

List Artikel
7 April 2020 | 0 Komentar

Taoge merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak digunakan pada kuliner-kuliner Asia. Taoge atau kecambah ini dihasilkan dari kacang kedelai atau kacang hijau. Teksturnya garing dengan kandungan vitamin yang sangat tinggi. Di Indonesia sendiri, taoge banyak dimasak dengan cara ditumis hingga dijadikan gorengan. Tak berbeda jauh dengan Indonesia, Korea Selatan yang punya beragam kuliner lezat yang mendunia ternyata juga punya aneka kuliner yang dibuat dari bahan dasar taoge. Di Korea, taoge disebut dengan nama kongnamul. Agar tubuh jadi lebih sehat, berikut ada lima pilihan kuliner Korea yang dibuat dari bahan dasar taoge, yaitu:

 

1. Kongnamul Guk



Sumber : Koreanbapsang.com


Pertama ada kongnamul guk yang merupakan sup taoge. Sup ini dibuat dari bahan dasar taoge dengan tambahan sayuran daun bawang dan cabai hijau. Sedangkan untuk bumbunya ada bawang putih, bawang bombay, lada, dan kecap asin. Beberapa ada yang menggunakan tambahan tahu putih dan beberapa ada yang menambahkan ikan teri sehingga cita rasanya jadi lebih gurih. Kongnamul guk ini banyak disantap sebagai menu sarapan pagi bersama dengan nasi, telur dadar atau goreng dan kimchi.

 

2. Kongnamul Gukbap



Sumber : Jungang.jeonju.go.kr


Terakhir ada kongnamul bap yang mirip dengan kongnamul guk karena sama-sama jenis sup. Hanya saja perbedaannya adalah nasinya dimasukkan dalam sup taoge dan direbus bersama. Lantas apakah cita rasanya sama? Tentu berbeda karena untuk kongnamul gukbap biasanya ada banyak bahan tambahan. Mulai dari daging sapi iris, daun bawang, biji wijen, dan lain sebagainya. Jika kongnamul guk banyak disantap sebagai menu sarapan, kongnamul gukbap ini banyak disantap untuk makan malam.

 

3. Kongnamul Japchae



Sumber : 10000recipe.com


Suka makan japchae? Pastinya kamu akan suka dengan kongnamul japchae yang dibuat dari bahan dasar taoge kedelai, bihun, paprika, dan daun bawang. Beberapa ada yang menggunakan bahan tambahan fish cake yang membuat cita rasanya jadi lebih lezat. Kongnamul japchae ini bisa disantap begitu saja atau dijadikan sebagai lauk pauk untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat.

 

4. Kongnamul Muchim



Sumber : 10000recipe.com


Kongnamul muchim merupakan salah satu banchan atau side dish khas Korea yang banyak disajikan saat makan seperti kimchi. Kongnamul muchim dibuat dari taoge yang direbus lalu dibumbui dengan minyak wijen, kecap asin, bawang putih, daun bawang dan garam. Cita rasanya gurih dengan tambahan rasa asin sehingga cocok disantap dengan nasi. Kamu bisa menyimpan kongnamul muchim sebagai stock untuk lauk dalam beberapa hari.

 

5. Kongnamul Bap



Sumber : Daumcdn.net


Terakhir ada kongnamul bap yang merupakan nasi taoge. Jadi kuliner ini dibuat dengan cara memasak nasi dengan taoge. Kamu bisa memasaknya dengan menggunakan dandang atau rice cooker. Kongnamul bap ini punya citarasa yang agak hambar sehingga kamu harus menambahkan saus gochujang dan mencampurnya. Jika tak ingin menggunakan saus tambahan, kamu bisa menyantapnya dengan sup atau tambahan kimchi supaya cita rasanya jadi lebih kaya.  

 

Itulah beberapa kuliner Korea yang dibuat dari bahan dasar taoge. Terlihat lezat bukan? Dari kelimanya, kamu lebih suka menyantap yang mana? Nah, di bawah ini PergiKuliner sudah rangkumkan beberapa referensi tempat makan Korea yang bisa langsung kamu kunjungi ya!

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Simhae Korean Grill

Foto Simhae Korean Grill
Foto Simhae Korean Grill
Foto Simhae Korean Grill

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?