Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bosan dengan Pisang Goreng, Ini 5 Olahan Pisang Lezat dari Seluruh Dunia

List Artikel
24 Juli 2019 | 0 Komentar
Pisang merupakan salah satu jenis buah yang bisa dipergunakan untuk makanan manis dan juga gurih alias bisa dijadikan sebagai camilan maupun makanan berat. Berhubung bisa digunakan dan dipadankan dengan kuliner apa saja, pisang pun mendapat hati tersendiri di hati para penggemarnya. Berbicara tentang pisang, di Indonesia sendiri kuliner yang terbuat dari pisang tidaklah sedikit. Kamu bisa menemukan puluhan olahan pisang dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini dikarenakan pohon pisang bisa tumbuh dengan subur di Indonesia. Salah satu olahan pisang yang memiliki banyak penggemar adalah pisang goreng. Buat kamu yang bosan dengan pisang goreng, PergiKuliner punya lima olahan pisang lezat dari seluruh dunia yang bisa kamu nikmati, yaitu:

1. Patacon


Sumber :  Stressfreemommies.com

Olahan pisang yang pertama datang dari negara Venezuela yakni patacon yang merupakan tacos unik berbahan dasar pisang. Jika biasanya kulit tacos menggunakan tortilla, patacon menggunakan pisang sebagai pembungkusnya. Jadi pisang yang kulitnya masih hijau dipipihkan atau bisa juga dihaluskan lalu dipanggang atau dipanfry hingga matang. Untuk penyajiannya tak jauh berbeda dengan tacos lainnya, yakni diberi isian salad, keju, irisan daging, saus guacamole dan mayonaise.

2. Mofongo


Sumber : Discoverpuertorico.com

Mofongo merupakan olahan pisang yang berasal dari Puerto Rico, Amerika Serikat. Jenis olahan pisang ini terbilang unik karena perpaduannya yang tak biasa bagi masyarakat Indonesia. Mofongo dibuat dengan menggunakan pisang raja yang masih hijau alias masih belum matang. Pisang kemudian dihaluskan dan dimasak bersama dengan sedikit minyak, bawang putih, dan garam. Adonan ini kemudian digoreng hingga matang. Kamu bisa membentuknya menyerupai bola atau digoreng berbentuk mangkuk. Uniknya mofongo disajikan bersama dengan daging atau ayam panggang atau rebus dan salad. 

3. Banana Ketchup


Sumber : Idntimes.com

Kalau olahan pisang yang satu ini pasti membuat kamu terkejut karena di Indonesia, kita pasti akan merasa kesulitan menemukan olahan pisang ini. Sesuai dengan namanya, banana ketchup yang berasal dari Filipina merupakan saus dari pisang yang berwarna kekuningan dan biasa digunakan sebagai salad dressing. Coba kamu bayangkan menyantap salad dengan saus ini! Tak hanya digunakan sebagai saus salad, banana ketchup ini juga sering digunakan untuk cocolan kentang goreng, burger, atau makanan lain. 

4. Banh Chuoi Hap

Sumber : Laviepaertage.wordpress.com 

Banh Chuoi Hap adalah olahan pisang khas Vietnam yang sering disebut sebagai kue pisang. Sebenarnya kuliner ini cukup mirip dengan singkong santan ala Thailand. Kenapa bisa demikian? Banh Chuoi Hap ini terbuat dari pisang yang sudah matang lalu diberi campuran tepung jagung, gula, garam, air dan vanila. Kemudian kukus hingga matang dan potong-potong lalu disajikan bersama dengan lelehan santan yang sudah dicampur dengan tepung jagung, kacang yang sudah dihaluskan, dan gula. Cita rasanya sudah tentu manis bercampur gurih dari santan. 

5. Cayeye


Sumber : Cunit.com

Terakhir ada cayeye yang merupakan olahan pisang asal Kolombia yng tergolong cukup unik bagi masyarakat Indonesia karena cita rasanya manis, gurih, dan asin. Cayeye ini menggunakan jenis pisang muda atau pisang yang kulitnya masih hijau. Pisang nantinya direbus hingga matang, lalu dihaluskan dengan bahan-bahan tambahan lainnya seperti bawang merah, bawang putih, paprika, tomat dan kesumba keling. Setelah itu disajikan bersama dengan tomat, taburan keju parut, ikan goreng, telur goreng, hingga udang. Cayeye lebih sering disantap untuk makan pagi alias sebagai menu sarapan. 

Itulah beberapa olahan pisang lezat dari seluruh dunia. Kamu sendiri lebih suka yang mana? Jika ingin menyantap olahan pisang lainnya, kamu bisa kunjungi salah satu dari beberapa tempat di bawah ini ya!

Sang Pisang

Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang

Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Raja Pisang Nugget

Foto Raja Pisang Nugget

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?