Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Buat Penggemar Seafood, Ini Cara Mudah Makan Kepiting!

List Artikel
19 Maret 2018 | 0 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, seafood sudah menjadi hidangan sehari-hari yang bisa dengan mudah disantap. Hal ini dikarenakan mudahnya Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki luas lautan lebih besar dibanding daratannya sehingga ada banyak olahan seafood mulai dari yang berbahan dasar ikan laut, udang, cumi, kerang, lobster, hingga kepiting. Belakangan ada banyak restoran khusus kepiting dengan cara penyajian makan yang unik yakni dengan cara barbar alias sajian kepiting diletakkan begitu saja di atas meja tanpa menggunakan piring dan kamu bisa memakannya dengan cara menggunakan tangan. Meski demikian, ada banyak orang yang malas menyantap kepiting karena susah menyantapnya. Nah, kali PergiKuliner akan memberikan cara mudah makan kepiting buat kamu. Simak baik-baik ya!

 

1. Persiapkan Alat Terlebih Dahulu


Sumber: id.wikihow.com


Ketika akan menyantap kepiting, entah itu kamu ingin menyantapnya dengan menggunakan sendok dan garpu atau menyantapnya dengan kedua tangan, pastinya kamu perlu mempersiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu seperti palu kepiting, pisau tumpul, serta tang atau pemecah kepiting. Kepiting memiliki cangkang tubuh yang agak keras sehingga peralatan-peralatan tersebut kamu butuhkan. Jika kamu makan kepiting di restoran, maka kamu tak perlu khawatir karena restoran kepiting pasti akan menyediakannya untuk kamu, jadi kamu tinggal meminta saja kepada pelayannya.

 

2. Patahkan Kaki dan Capit


Sumber: id.wikihow.com


Kalau kepiting sudah ada di depan mata, kamu bisa mulai langkah pertama dengan cara mematahkan kaki dan capit kepiting dan menariknya dengan gerakan memutar. Jika kesulitan menggunakan tangan, kamu bisa menggunakan pisau tumpul dengan menusuk bagian sendi untuk mematahkan kaki kepiting. Dengan menggunakan alat memang jadi lebih mudah, tapi terkadang ada sedikit daging yang ikut tertarik ke luar dari kaki dan capit.

 

3. Lepaskan Badan Cangkang Kepiting


Sumber: id.wikihow.com


Langkah berikutnya adalah melepaskan badan cangkang kepiting dengan cara membuka atau melepas ekor penutup kepiting yang berada di bagian bawah belakang lalu pegang bagian atas dan bawah kepiting dengan kedua tangan dan buka cangkang seperti sedang membuka roti sandiwch yang berisi selai. Tarik cangkang atas dan buka secara perlahan. Setelah kamu buka, patahkan cangkang menjadi dua dengan menekan bagian tengah lalu tarik hingga terpisah. Jika kamu tak mau menggunakan tangan, kamu bisa memotongnya dengan menggunakan pisau.  

 

4. Ambil Bagian Dagingnya


Sumber: id.wikihow.com


Mulailah menyantap daging kepiting dari bagian capitnya terlebih dahulu dengan cara memecahkan capit menggunakan pemecah atau pemukul kepiting. Setelah cangkang pada bagian capit terpecahkan, kamu bisa menyantap daging yang ada di dalamnya. Kalau daging pada bagian capit sudah kamu santap semua, barulah kamu menyantap bagian badannya dengan cara mengeruk daging dengan menggunakan sendok atau garpu. Badan kepiting yang sudah dipatahkan akan membuat kamu lebih mudah mendapatkan bagian dagingnya.

 

Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Teman PergiKuliner saat akan menyantap kepiting ya. Sekarang coba yuk, nimati sajian kepiting di tempat-tempat yang PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

COW - Cajun On Wheels

Foto COW - Cajun On Wheels

Kepiting Keki

Foto Kepiting Keki
Foto Kepiting Keki

Cut The Crab

Foto Cut The Crab
Foto Cut The Crab
Foto Cut The Crab

The Holy Crab

Foto The Holy Crab
Foto The Holy Crab

Kepiting Cak Gundul 1992

Foto Kepiting Cak Gundul 1992
Foto Kepiting Cak Gundul 1992
Foto Kepiting Cak Gundul 1992

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?