Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan Busuk, Pisang Berbintik Hitam Justru Punya 7 Manfaat Bagi Tubuh

List Artikel
19 Maret 2020 | 0 Komentar

Pisang menjadi salah satu buah terpopuler di dunia selain apel dan jeruk. Buah pisang selain cocok disantap untuk sarapan juga cocok untuk dijadikan camilan sehat untuk mengganjal rasa lapar. Pisang awalnya dipetik pada saat warnanya masih hijau kekuningan alias masih setengah matang, lalu warnanya akan berubah menjadi kuning dan akan muncul bintik-bintik hitam lama kelamaan. Perlu kamu ketahui kalau pisang ini adalah yang mudah sekali busuk karena proses pematangannya sangat cepat. Tak sedikit orang yang menganggap kalau pisang berbintik hitam ini sudah busuk. Selama bagian kulitnya belum berwarna hitam sebagian, maka pisang masih aman dikonsumsi. Meski demikian, jika pisang sudah muncul bintik hitam, biasanya orang akan enggan menyantapnya. Padahal pisang berbintik hitam

 


Sumber : Healthylnb.com


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang pertama dari pisang berbintik hitam adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh, terutama dalam melawan sel kanker. Dalam pisang yang kulitnya berbintik hitam ditemukan adanya senyawa TNF (Tumor Necrosis Factor)  yang memiliki kemampuan membantu mengomunikasikan sel-sel dalam tubuh yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, pisang sangat tinggi kandungan antioksidannya sehingga membuat tubuhmu jadi lebih sehat.

 

2. Mengontrol Tekanan Darah

Pisang juga bisa mengontrol tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil sehingga kamu bisa terhindar dari yang namanya hipertensi. Alasannya adalah karena adanya kadar kalium yang sangat tinggi pada pisang berbintik hitam. Dengan tingginya kadar kalsium bagi tubuh, maka tekanan sistolik dan diastolik bisa diturunkan. Hal ini akan berdampak pada kestabilan tekanan darah dalam tubuh.

 

3. Mencegah Anemia

Pisang dengan kulit berbintik hitam juga ternyata bisa mencegahmu terkena anemia loh. Pasalnya, tak hanya kandungan kaliumnya saja yang tinggi, tetapi juga kaya akan zat besi. Jadi kalau kamu rutin mengkonsumsinya setiap hari setidaknya satu buah saja, maka kadar hemoglobin dalam darah bisa meningkat sehingga suplai darah bisa terus terpenuhi.

 

4. Meningkatkan Energi

Manfaat yang selanjutnya adalah kamu bisa mendapatkan asupan energi lebih untuk beraktivitas. Dalam pisang yang kulitnya berbintik hitam, ada tiga kandungan gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Tiga kandungan gula alami ini bisa diolah oleh tubuh untuk menjadi energi yang dapat kamu pergunakan ketika beraktivitas.  Disarankan untuk makan buah pisang berbintik hitam di pagi hari.

 

5. Mengatasi Sembelit

Siapa di antara kamu yang suka terkena sembelit? Jangan khawatir karena dengan mengkonsumsi pisang berbintik hitam, maka sembelit kamu bisa teratasi dengan mudah. Selain karena sumber serat dalam pisang berbintik hitam sangat tinggi, di dalamnya juga terdapat pectin yang merupakan jenis serat yang dapat mengubah tekstur pisang berbintik hitam menjadi lebih lembut sehingga mudah dicerna.

 

6. Membantu Meredakan Gejala Mulas

Tak hanya bisa mencegah sembelit, ternyata pisang berbintik hitam ini juga bisa meredakan gejala mulas. Hal ini dikarenakan adanya potasium-mineral alkali dengan pH 14 yang dapat mengurangi tingkat keasaman pada lambung penyebab mulas. Selain itu, pisang berbintik hitam juga bisa mengatasi asam lambung berlebih.

 

7. Menurunkan Suhu Tubuh

Manfaat yang terakhir dari pisang berbintik hitam adalah dapat menurunkan suhu tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan astringen yang mencegah tubuh kekurangan air. Ketika pisang berbintik hitam ini dikonsumsi, maka akan ada penyerapan air dalam tubuh yang dibantu oleh pisang sehingga suhu tubuh jadi lebih rendah.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan kalau ada banyak manfaat yang didapat dari menyantap pisang berbintik hitam? Jadi, jangan langsung membuang buahnya ya! Jika ingin menikmati buah satu ini, kamu bisa menyantapnya di sini aja ya!

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Sang Pisang

Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang

Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?