Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan Donat, Ini 5 Roti Berlubang Tengah dari Seluruh Dunia

List Artikel
13 Agustus 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka banget sama donat? Donat merupakan salah satu jenis roti yang terkenal berkat keunikan bentuknya. Donat memiliki bentuk yang bulat dengan lubang pada bagian tengahnya. Inilah yang menjadikan donat sebagai roti unik. Donat sebenarnya merupakan kuliner yang konon katanya berasal dari Amerika yang kemudian diadaptasi di beberapa negara Eropa dengan bentuk dan isian yang berbeda. Di Indonesia sendiri, donat sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan masih tetap populer hingga sekarang. Berbicara tentang bentuk donat, tahukah kamu kalau ternyata ada jenis roti lain yang bentuknya ini mirip dengan donat sehingga seringkali salah dikenali sebagai donat. Padalah rasa dan teksturnya sangat jauh berbeda. Yuk, lihat ada roti apa saja yang bentuknya mirip dengan donat!


1. Bagel



Sumber: Einsteibros.com


Roti pertama yang mirip dengan donat karena bentuknya sama adalah bagel. Bagel adalah roti yang asalnya dari Eropa Timur. Tampilannya memang mirip dengan donat karena berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Tapi bentuk bagel lebih besar dan tebal. Teksturnya juga berbeda karena lebih kenyal. Hal ini dikarenakan bagel dibuat dengan cara merebus adonan bagel baru dipanggang. Ditambah lagi, bagel kebanyakan memiliki cita rasa gurih. Ciri khas lain dari bagel adalah bagian atasnya yang ditaburi biji wijen dan kacang-kacangan.


2. Choereg



Sumber: Heghineh.com


Choereg adalah roti khas Armenia yang paling sering disantap saat Paskah. Choereg memiliki bentuk yang bulat dengan lubang di tengah. Perbedaannya adalah choereg ini seperti kepangan atau untiran pada bagian sisinya. Untuk teksturnya, choereg cenderung lebih berkulit dan garing. Ciri khas lainnya dari choereg adalah bagian atasnya yang ditaburi dengan biji wijen.


3. Sushki



Sumber: Learnrussianineu.com


Selanjutnya ada sushki yang asalnya dari sushki. Sushki ini memiliki bentuk bulat dengan lubang di tengah. Perbedaannya dari donat adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan tektur yang renyah dan padat karena adonannya tidak menggunakan ragi. Berbeda dengan donat yang menggunakan campuran ragi di dalamnya. Sushki memiliki cita rasa yang manis dan biasanya disajikan sebagai teman pendamping minum teh.


4. Tarradls



Sumber: Cooking.channeltv.com 


Tarradls adalah roti mirip donat yang berasal dari Italia. Tarradls memiliki bentuk yang lebih kecil dari donat dengan bentuk lingkarang yang kurang beraturan. Teksturnya cenderung garing tapi agak lembut pada bagian dalamnya. Tarradls dibuat dari campuran tepung, ragi, kacang almond, dan lada hitam. Berhubung menggunakan lada hitam, maka aroma dan cita rasanya pun sangat berbeda dari donat. Tarradls memiliki perpaduan cita rasa manis, gurih, dan ada sedikit pedasnya.


5. Koulourithessalonikis



Sumber: Omorfamystika.gr


Terakhir ada koulourithessalonikis yang asalnya dari Yunani. Selain keunikan bentuknya yang bulat dengan lubang di tengahnya, roti inipunya ciri khas dari bagian atasnya yang ditaburi penuh dengan biji wijen. Teksturnya sangat lembut karena menggunakan campuran ragi. Biasanya koulourithessalonikis disantap dengan cocolan yoghurt atau dinikmati bersama dengan teh hangat.

 

Itulah beberapa roti berlubang yang sangat mirip dengan donat. Jadi jangan sampai salah mengenalinya sebagai donat ya! Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu!

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Donut Gemes

Foto Donut Gemes
Foto Donut Gemes
Foto Donut Gemes

Dunkin' Donuts

Foto Dunkin' Donuts
Foto Dunkin' Donuts
Foto Dunkin' Donuts

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

J.CO Donuts & Coffee

Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?