Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan Gorengan, Ini Pilihan Menu Berbuka yang Lebih Sehat

List Artikel
29 Mei 2018 | 0 Komentar

Saat berpuasa, kita cenderung lebih mudah tergoda oleh makanan dan minuman, baik itu yang kita cium aroma wanginya atau juga yang kita lihat. Salah satu menu berbuka yang tidak pernah absen saat berbuka adalah gorengan. Ada banyak sekali alasan kenapa gorengan menjadi menu berbuka terfavorit masyarakat Indonesia. Pertama adalah karena gorengan mudah didapat, harganya murah, banyak pilihannya, serta terasa sangat lezat disantap karena bunyi kerenyahan dari gorengan bisa memicu nafsu makan. Tapi jika dikonsumsi setiap hari, maka gorengan menjadi tidak sehat bagi tubuh kamu. Lalu selain gorengan apa ada menu berbuka lainnya yang lebih sehat? Tentu saja. Yuk, lihat!

 

1. Sop Buah


Sumber: pergikuliner.com


Menu sehat pertama adalah sop buah yang terdiri dari berbagai macam buah-buahan segar yang dipotong-potong lalu diberi batu es, sirup, dan juga susu kental manis. Jenis buah yang digunakan bisa bermacam-macam tergantung persediaan kamu di rumah. Bisa dengan menggunakan buah melon, pepaya, blewah, apel, pir, strawberry, anggur, semangka, mangga, hingga alpukat. Citarasanya sudah tentu menyegarkan ditambah rasa manis dan asam menjadi satu.

 

2. Salad


Sumber: pergikuliner.com


Kalau kamu tak suka berbuka dengan yang sop buah dingin, kamu bisa menyantap salad sebagai menu berbuka puasa. Bisa salad buah atau salad sayur. Kandungan serat, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam salad bisa membuat sajian berbuka kamu jadi lebih bergizi. Untuk salad sayuran biasanya menggunakan daun selada, kubis, wortel, mentimun, serta jagung manis. Jika ingin ditambahkan dengan daging, kamu bisa menggunakan daging dada ayam yang direbus dengan sedikit garam lalu dipotong dadu.

 

3. Smoothies Bowl


Sumber: pergikuliner.com


Siapa bilang smoothies bowl hanya cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan sehat? Smoothies bowl juga bisa dijadikan sebagai menu berbuka yang sehat. Smoothies bowl terbuat dari smoothies buah atau sayur yang diberi topping potongan buah segar, kacangan-kacangan, dan juga biji-bijian. Meski terlihat sedikit, tapi seporsi smoothies bowl bisa membuat kamu cepat kenyang karena tinggi kandungan seratnya.

 

4. Pokebowl


Sumber: pergikuliner.com


Kuliner kekinian asal Hawai ini juga bisa lho kamu jadikan sebagai menu berbeda, tak berbeda jauh dari salad, pokebowl ini menyajikan aneka sayuran segar yang dicampur dengan daging ikan mentah seperti salmon atau tuna. Untuk sayurannya, kamu bisa menggunakan wortel, jagung, kacang edamame, tomat, dan wakame. Jika tak suka ikan mentah, kamu bisa menumisnya sebentar atau membakarnya. Tapi saat menumis atau membakarnya, disarankan untuk tidak memotongnya terlebih dahulu karena daging salmon atau tuna lebih mudah hancur.

 

5. Puding


Sumber: pergikuliner.com


Jika keempat menu berbuka di atas terlihat mengenyangkan, padahal kamu ingin berbuka puasa dengan sesuatu yang memiliki porsi kecil, puding menjadi pilihan yang tepat untukmu. Puding yang disarankan untuk berbuka bisa puding susu atau puding buah sehingga kamu masih tetap bisa mendapatkan asupan nutrisi yang didapat dari susu atau buah yang tercampur di dalamnya.

 

Setelah mengetahui kelima di atas, sekarang kamu tau kan kalau buka puasa itu tak harus menggunakan gorengan, tapi bisa dengan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi.

Pokinometry

Foto Pokinometry
Foto Pokinometry
Foto Pokinometry

Puyo Silky Desserts

Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?