Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Kebiasaan Makan Pakai Tangan

List Artikel
8 Desember 2018 | 0 Komentar
Seperti yang kamu ketahui, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan makan yang cukup unik yakni makan dengan menggunakan tangan alias tidak menggunakan sendok dan garpu seperti kebanyakan orang dari negara lain. Menyantap makanan dengan menggunakan tangan bisa membuat acara makan jadi lebih lezat. Kebiasaan makan pakai tangan ini sudah menjadi tradisi sehingga sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Tapi tahukah kamu kalau ternyata tak hanya masyarakat Indonesia saja yang punya kebiasaan makan pakai tangan lho. Ada negara-negara lain juga yang ternyata punya kebiasaan makan pakai tangan. Simak yuk!

Sumber : Pergikuliner.com


1. Malaysia
Pertama ada negara Malaysia yang mayoritasnya masyarakat Melayu seperti kita sehingga tak heran kalau punya tradisi makan yang sama. Masyarakat Malaysia sangat gemar menyantap makanan dengan menggunakan tangan, terutama makanan kering seperti nasi yang disajikan bersama dengan sambal dan lauk pauk. Contohnya saja nasi lemak yang terasa lebih lezat jika kamu santap menggunakan tangan langsung.
 
2. India
Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kebiasaan makan dengan tangan yang dilakukan masyarakat India. Tak berbeda jauh dengan Indonesia, mereka sangat suka makan beramai-ramai dengan satu piring besar dan menggunakan tangan. Jika di Indonesia, kita lebih mengenal tradisi ini dengan nama ngeliwet beramai-ramai. Ternyata tradisi makan pakai tangan di Indonesia sudah ada sejak zaman kuno karena hal ini bisa dibuktikan dengan adanya naskah ilmu kesehatan kuno yang mengungkapkan bahwa setiap jari tangan merepresentasikan lima elemen, mulai dari langit, udara, api, air dan tanah sehingga bagus untuk pencernaan dan kesehatan.


3. Mesir
Negara ketiga yang juga punya tradisi makan dengan tangan adalah Mesir. Negara yang terkenal akan piramidnya ini sangat suka menyantap makanan dengan menggunakan tangan. Hal ini dikarenakan kebanyakan kuliner Mesir merupakan kuliner Timur Tengah yang tidak memiliki banyak kuah sehingga sangat pas jika disantap dengan menggunakan tangan.

4. Afrika
Selanjutnya ada Afrika yang menjadi juga punya tradisi makan dengan menggunakan tangan, terutama di daerah Kenya dan Nigeria. Masyarakat di sana lebih suka makan menggunakan tangan dibanding sendok dan garpu karena makanan pokok mereka terbuat dari tepung gandum sehingga makanan akan terasa lebih nikmat jika disantap langsung dengan menggunakan tangan.

5. Jepang

Terakhir ada negara Jepang yang mendapat julukan sebagai negeri sakura. Kamu pasti bertanya-tanya kenapa negara ini masuk dalam list negara yang memiliki kebiasaan makan dengan tangan. Masyarakat Jepang memang cenderung lebih suka menggunakan sumpit sebagai alat makannya. Tapi untuk menyantap sushi, mereka lebih suka menyantapnya langsung dengan menggunakan tangan karena jika disantap dengan sumpit, maka bentuk sushi bisa rusak.

Sekarang kamu percaya kan kalau ada negara lain yang juga makan dengan menggunakan tangan seperti kita? Sekarang intip dulu yuk beberapa tempat makan di bawah ini yang cocok kamu santap dengan tangan dan tentunya nikmat lho!

D' Bollywood

Foto D' Bollywood
Foto D' Bollywood
Foto D' Bollywood

Turkuaz

Foto Turkuaz
Foto Turkuaz
Foto Turkuaz

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?