Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan Hanya Indonesia, Amerika Juga Punya Gorengan Loh!

List Artikel
24 September 2020 | 0 Komentar

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman kulinernya. Salah satu kuliner yang paling terkenal dari paling sering disantap adalah gorengan. Ada banyak hal yang membuat gorengan sangat disukai oleh masyarakat Indonesia yakni karena cita rasanya yang lezat dan tekstur gurih renyahnya mampu menggoda kita untuk terus mengunyahnya. Tapi tahukah kamu kalau selain di Indonesia, Amerika sebagai negara yang terkenal akan kuliner burgernya ini juga punya aneka gorengan khas yang tak kalah lezatnya dari gorengan Indonesia. Ingin tahu ada gorengan renyah apa saja dari Amerika, yuk kita cek dulu!


1. Cider Doughnuts



Sumber: Gingerwithspice.com


Gorengan yang pertama adalah cider doughnuts yang merupakan donat tradisional khas Amerika. Apa yang membuat donat ini berbeda dari donat kebanyakan? Sesuai dengan namanya, cider doughnuts dibuat dari campuran cider atau sari apel sehingga cita rasanya jadi berbeda. Cita rasa cider doughnuts ada campuran manis dan asam serta aroma wangi apel yang khas. Bentuknya terbilang lebih kecil jika dibandingkan donat kebanyakan. Sebelum disajikan, cider doughnuts biasanya ditaburi gula halus terlebih dahulu.


2. Finger Steaks



Sumber: Tastykitchen.com


Finger steaks, mendengar namanya, kamu pasti sudah bisa membayangkan ini gorengan apa. Finger steaks merupakan gorengan khas Amerika yang dibuat dari bahan dasar daging steak, biasanya yang digunakan adalah sirloin yang dipotong-potong seukuran jari lalu dibaluri dengan tepung dan digoreng hingga matang. Nantinya finger steaks disajikan bersama dengan kentang goreng serta cocolan saus dan mayonaise.


3. Fries Green Tomatoes



Sumber: Meredithcorp.io


Kalau gorengan khas Amerika yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu jenis gorengan unik yang sulit untuk dibayangkan citarasanya seperti apa karena memang terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Fries green tomatoes adalah tomat hijau goreng khas Amerika. Tomat hijau yang digunakan adalah jenis tomat hijau besar seperti tomat beef yang tidak terlalu banyak kandungan airnya. Setelah diiris-iris, tomat hijau dibaluri dengan tepung kemudian digoreng hingga bagian luarnya garing. Setelah digoreng matang, kamu harus segera menyantapnya saat masih hangat agar tekstur garingnya masih terasa.


4. Cheese Curds



Sumber: Visitmilwaukee.org


Cheese curds adalah salah satu gorengan tradisional khas Amerika yang dibuat dari bahan dasar keju, tepatnya dadih keju yang dipotong kecil lalu dilumuri dengan tepung dan digoreng hingga bagian luarnya garing. Saat masih hangat, maka bagian dalamnya akan meleleh dan memberikan sensasi yang berbeda saat kamu menyantapnya karena pada bagian luarnya garing.


5. Tater Tots



Sumber: Evertdayfamilycooking.com


Terakhir ada tater tots yang terbuat dari bahan dasar kentang yang direbus atau dikukus kemudian diparut dan diberi campuran tepung dan bumbu rempah baru kemudian digoreng hingga bagian luarnya garing dan renyah. Tater tots memiliki tekstur luar yang garing tapi sangat empuk pada bagian dalamnya. Bisa dikatakan kalau teksturnya mirip kroket. Sedangkan cita rasanya jauh berbeda karena ada campuran oregano dan peterseli cincang di dalamnya.

 

Bagaimana menurutmu, teman kuliner? Apakah gorengan ala Amerika ini punya cita rasa yang lezat seperti gorengan ala Indonesia? Dari kelimanya ini, manakah yang paling cocok dengan seleramu?

Denny's

Foto Denny's
Foto Denny's
Foto Denny's

Dutch Kitchen

Foto Dutch Kitchen
Foto Dutch Kitchen
Foto Dutch Kitchen

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Master Squid

Foto Master Squid
Foto Master Squid
Foto Master Squid

Montato

Foto Montato
Foto Montato
Foto Montato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?