Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan Italia, Ternyata Negara Ini Asal dari Caesar Salad

List Artikel
1 Januari 2023 | 0 Komentar

Caesar salad merupakan salah satu varian salad yang populer di dunia. Varian salad ini bisa disantap sendiri atau dijadikan sebagai pendamping saat menyantap kuliner yang berbahan dasar daging sapi atau daging ayam. Salad adalah kuliner yang dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran atau buah-buahan. Meski bahan dasarnya adalah sayur atau buah, tapi salad juga bisa ditambahkan dengan protein seperti daging ayam, sapi, ikan, telur, hingga kacang-kacangan. Berhubung bahan dasarnya adalah sayur atau buah, salad seringkali dijadikan sebagai menu untuk diet atau makanan pembuka. Dari sekian banyak varian salad, caesar salad menjadi yang paling banyak disukai. Salad ini dikenal berasal dari Italia, tapi sebenarnya caesar salad ternyata tidak berasal dari Italia.



Sumber: Seriouseats.com 


Berasal dari Meksiko

Tak sedikit orang yang mengira kalau caesar salad berasal dari Italia. Hal ini dipercaya oleh banyak orang karena orang yang menciptakannya ini berasal dari Italia. Padahal salad ini tercipta di Meksiko. Caesar salad diciptakan oleh seorang koki bernama Caesar Cardini pada tahun 1920-an. Caesar Cardini merupakan imigran asal Italia yang tinggal dan bermukim di Tijuana, Meksiko. Dari sinilah orang-orang banyak yang salah mengira kalau caesar salad diciptakan di Italia. Caesar Cardini merupakan sebuah koki sekaligus pemilik restoran Caesar’s yang berada di dalam Hotel Caesar. Keabsahan dari asal usul caesar salad ini juga dibuktikan dengan kesaksian dari Julia Child yang menyatakan kalau ia telah memakan caesar salad di restoran milik Cardini pada saat ia masih kecil di tahun 1920-an. Julia Child sendiri adalah seorang koki, penulis, serta pengisi acara memasak yang memperkenalkan masakan Perancis kepada masyarakat Amerika.

 

Kepopuleran Caesar Salad di Dunia


Sumber: Thespruceeats.com


Meski sudah ada sejak tahun 1920-an, tapi caesar salad ini justru baru mulai populer di tahun 1950-an. Hal ini dikarenakan pada tahun 1953, International Society of Epicure di Eropa menetapkan caesar salad sebagai salah satu resep terbaik selama 50 tahun terakhir. Dari sinilah masyarakat dunia, terutama yang ada di dataran Eropa mulai tertarik untuk mencicip salad yang satu ini. Di Indonesia sendiri, keberadaan caesar salad sendiri tidak diketahui secara pasti. Tapi keberadaan caesar salad di Indonesia diperkirakan baru mulai muncul pada tahun 70-an hingga 80-an awal seiring dengan semakin banyaknya kuliner barat yang mulai bermunculan.  

 

Resep Asli Caesar Salad


Sumber: Taste.com.au


Resep asli dari caesar salad sebenarnya tidaklah rumit karena bahan-bahan yang dugunakan sangatlah sederhana. Caesar Cardini membuat salad dengan bahan-bahan yang tersisa pada saat orang Amerika yang pada saat itu sedang kelelahan setelah melintasi perbatasan antara Amerika dan Meksiko. Resep asli caesar salad menggunakan bahan dasar selada romaine atau lettuce, roti panggang yang dipotong-potong, keju parmesan, air lemon, lada hitm, dan minyak zaitun. Resep ini akhirnya berkembang dengan adanya penambahan ikan teri di dalamnya yang membuat rasanya menjadi lebih enak sehingga lebih disukai. Penambahan ikan teri ini dilakukan oleh adik dari Caesar Cardini yang bernama Alex Cardini.

 

Itulah penjelasan mengenai asal usul dari caesar salad yang ternyata berasal dari Meksiko, bukan dari Italia. Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa memahami dengan baik sejarah dari caesar salad. Buat kamu yang ingin menyantap caesar salad, Di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat makan yang menyajikan salad!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Salad Point ID

Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Fedwell

Foto Fedwell
Foto Fedwell
Foto Fedwell

Honu Poke & Matcha Bar

Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?