Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan Potong Segitiga, Ini Cara yang Benar Memotong Kue yang Berbentuk Bulat

List Artikel
21 Maret 2018 | 0 Komentar

Bagaimana cara kamu memotong kue yang berbentuk bulat? Meski tidak ada aturan pasti, tapi secara umum kebanyakan orang akan memotong kue berbentuk bulat yang berdiameter 18 hingga 30 cm dengan pola segitiga perpotong atau per-slice seperti memotong pizza. Ketika akan memotong, pisau diarahkan dari titik tengah ke arah luar sehingga membentuk segitiga. Hasil potongan yang didapat antara 8 hingga 10 slice. Cara memotong ini dipilih karena dianggap paling adil porsinya untuk dibagikan pada orang. Tapi sebenarnya, potongan segitiga ini tidak dianjurkan dari segi ilmiah. Kenapa?

 

Sumber: pergikuliner.com


Potongan kue segitiga ini bagi beberapa orang memiliki ukuran yang dianggap cukup besar sehingga sulit untuk menghabiskannya sekaligus. Ditambah lagi, ketika membeli kue bulat utuh dan kamu hanya bisa menghabiskan beberapa potong saja, maka sisa kue yang tertinggal mau tak mau dimasukkan ke dalam kulkas agar kue tidak mudah basi. Padahal dengan memasukkan sisa kue ke dalam kulkas, tekstur pada bagian yang terbuka akan menjadi kering dan tidak lemnut lagi sehingga cara memotong segitiga ini dianggap tidak benar secara ilmiah. Lalu bagaimana cara memotong yang benar agar kue tetap segar dan lembut meski sudah dipotong-potong?

 

Sumber: Youtube NumberPhile


Menurut seorang matematikawan bernama Alex Bellos dalam channel Youtube-nya Numberphile, Ia menjelaskan kalau cara potong kue yang benar secara ilmiah pernah disebutkan dalam majalah sains yang terkenal yakni Nature pada edisi 20 Desember 1906. Menurutnya kalau ada cara memotong yang tidak akan membuat kue menjadi kering meski sudah disimpan dalam kulkas. Caranya adalah dengan memotong kue secara memanjang di bagian tengah membentuk persegi panjang. Lalu beri jarak sekitar 2 cm dan memotong lagi di sampingnya sehingga menyisakan dua potongan setengah lingkaran pada bagian kanan dan kiri.


Sumber:  Youtube NumberPhile


Belah menjadi dua kembali sehingga kamu akan mendapatkan empat potongan besar segitiga dan dua potongan kotak. Kamu bisa mengambil dua potongan kotak tersebut untuk disajikan dan disantap. Setelah itu, rapatkan kembali kue agar tidak terdapat sisa rongga akibat potongan kue yang telah kamu ambil tadi. Alhasil, tak ada lagi bagian kue yang terbuka dan terpapar udara sehingga tekstur cake bisa tetap lembut. Lakukan cara yang sama ketika kamu akan mengambil potongan baru. Cara ini bisa membuat kue tetap lembut hingga potongan terakhir.  



Sumber :  Youtube NumberPhile


Meski potongan tidak sama besarnya, tapi cara memotong ini memang tidak mempermasalahkan soal porsi potongan kue yang adil sehingga tidak pernah digunakan oleh toko kue. Tapi kamu harus mengetahui kalau porsi keinginan makan kue seseorang tidaklah sama. Apalagi jika kamu tidak ingin langsung menghabiskan kue tersebut, potongan yang disarankan Allex Bellos pastinya bisa membantu menjaga kue tetap terasa lezat meski sudah disimpan dalam kulkas.


Nah! Itu dia cara yang benar dalam memotong kue berbentuk bulat. Dan kali ini PergiKuliner mau kasih rekomendasi buat kamu yang kepingin cari kue sebagai hadiah ulang tahun atau hari special orang terdekat kamu di bawah ini!

AMKC Atelier

Foto AMKC Atelier
Foto AMKC Atelier
Foto AMKC Atelier

Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Ignasia's Cake Me Away

Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away

Izakaya Kai

Foto Izakaya Kai
Foto Izakaya Kai
Foto Izakaya Kai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?