Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cantiknya 5 Permen Khas Turki Ini Bikin Gemes Banget!

List Artikel
30 Juni 2020 | 1 Komentar

Bagi penggemar makanan manis pastinya suka sekali dengan yang namanya permen. Permen adalah kudapan manis yang seringkali disantap saat iseng. Indonesia punya banyak permen tradisional seperti permen jahe, permen asam Jawa, hingga permen kacang. Tak hanya Indonesia saja yang punya permen tradisional, beberapa negara di dunia juga punya banyak permen khasnya seperti di Turki. Mendengar nama Turki, pasti kamu sudah tahu kalau ada banyak sekali kuliner ternama yang berasal dari Turki dan punya cita rasa lezat dan unik seperti baklava, dolma, kebab, borek, dondurma, hingga permen-permen khasnya. Kebanyakan permen Turki ini juga punya rasa unik tapi juga punya tampilan yang cantik. Coba saja cek langsung beberapa permen khas Turki yang ada di bawah ini!


1. Lokum



Sumber: 196flavours.com


Mendengar nama lokum pastinya kamu merasa asing, tapi bagaimana dengan nama Turkish delight? Lokum adalah nama lain dari Turkish delight. Permen ini sangat terkenal karena tampilannya yang cantik dan juga cita rasanya yang unik karena ada perpaduan manis dana sam sekaligus saat kamu menyantapnya. Lokum dibuat dari bahan dasar gula, tepung maizena, air lemon, pewarna makanan, dan kacang-kacangan.


2. Pismaniye



Sumber : Grandturkishbazaar.com


Melihat tampilannya sekilas saja, kamu sudah bisa tahu kalau permen ini termasuk dalam kategori permen yang punya tekstur lembut dan lumer di mulut. Pismaniye ini mirip dengan permen rambut nenek yang ada di Indonesia. Hanya saja warnanya putih dan disajikan bersama dengan taburan kacang pistaschio yang dihaluskan dan ada juga yang dicincang kasar. Selain disajikan bersama dengan kacang pistaschio, permen ini juga kerap kali dilapisi dengan cokelat dan dicetak.


3. Macun



Sumber: Onedio.com


Berikutnya ada macun yang sekilas mirip dengan permen gulali dari Indonesia. Macun merupakan salah satu permen tradisional Turki yang masuk dalam golongan street food karena memang lebih banyak dijumpai dijual di pinggir jalan. Macun dibuat dari gula yang dilelehkan lalu diberi pewarna makanan dan aneka herbal di dalamnya. Oleh karena itu citarasanya berpadu antara manis dan aroma wangi rempah. Awalnya macun memang bukanlah cemilan manis tapi obat yang modifikasi dengan gula agar yang menyantapnya tidak seperti minum obat. Untuk penyajiannya, kamu harus mengambil macun di atas wadah yang isinya ada berbagai macam warna lalu membelit macun dengan tusuk bambu lalu melapisi bagian luarnya dengan lemon.


4. Cezerye



Sumber: Hacimustafa.com


Cezerye menjadi salah satu permen tradisional khas Turki yang bentuknya tidak menyerupai permen pada umumnya karena berbentuk seperti lembaran dengan ukuran sekitar 4 x 3 cm atau 4 x 5 cm. Permen sehat ini dibuat dari campuran wortel dan gula pasir yang dikaramelisasi lalu dicampur dengan aneka kacang-kacangan seperti kenari, hazelnut, dan pistashio. Setelah tercampur dan dibentuk, bagian luarnya dilapisi dengan kelapa kering agar tak lengket. Selain berbentuk lembaran sebenarnya ada yang berbentuk bulat, tapi sangat jarang dijumpai.


5. Cevizli Sucuk



Sumber: Kimkimkuruyemis.com


Terakhir ada cevizli sucuk yang mirip dengan permen cokelat karena warnanya kecoklatan. Tapi uniknya, tidak ada campuran cokelat di dalamnya. Cevizli sucuk dibuat dengan campuran jus anggur dan tepung yang dipadukan dengan aneka kacang-kacangan seperti kenari, almond, hazelnut, pistachio, dan kadang menggunakan buah kering seperti kismis. Meski termasuk dalam jenis permen tradisional Turki, tapi anehnya cevizli sucuk ini tidak menggunakan gula sama sekali. Rasa manisnya didapat dari jus anggur itu sendiri.


Bagaimana? Terlihat menarik bukan aneka permen cantik khas Turki yang sudah Pergikuliner rangkum buat kamu? Nah, kalau kamu jadi ingin makan yang manis-manis, kamu bisa langsung kunjungi beberapa tempat makan dessert di bawah ini ya!

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

La Maison

Foto La Maison
Foto La Maison
Foto La Maison

Mardin Baklava Patisserie

Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie

Peacock Lounge - Fairmont Jakarta

Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta
Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta
Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Permen yang terkenal manis dan legit, ternyata dapat dibuat dari kunyit dan mampu mencegah kanker.. Simak penjelasannya di https://www.unair.ac.id/site/article/read/2567/sulap-kunyit-jadi-permen-pencegah-kanker-mahasiswa-fst-unair-raih-medali-perunggu-di-thailand.html
stefani.via.sv@gmail.com | 30 Jun 2020 pk. 12:55 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?