Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Mengatasi Ngidam Makanan Manis yang Berlebihan

List Artikel
10 Agustus 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang tiba-tiba menginginkan makanan manis? Ketika kita menginginkan makanan manis, biasanya ada salah dengan tubuh kita. Menginginkan makanan manis memang sah-sah saja, tapi jika ngidam makanan manisnya berlebihan, hal tersebut pasti bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Rata-rata orang yang menginginkan makanan manis dikarenakan kurangnya asupan gula atau ada nutrisi yang kurang pada tubuh. Untuk mengatasi rasa ngidam makanan manis yang berlebihan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:


Perbanyak Konsumsi Protein



Sumber: Pergikuliner.com


Cara yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi protein seperti telur, daging sapi, daging ayam, ikan, hingga aneka seafood. Dengan memperbanyakn asupan protein, tubuh bisa ternutrisi dengan baik. Jika tubuh ternutrisi dengan baik, maka metabolisme tubuh juga akan berjalan baik dan ngidam makanan manis bisa diatasi dengan baik.


Makan Buah Segar



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan manis seperti kue, martabak manis, churros, dan aneka kue lainnya memang menjadi cemilan yang paling banyak disukai. Seperti yang sudah dikatakan di atas, jika mengonsumsinya dalam jumlah wajar maka tak apa-apa. Saat ngidam makanan manis, kamu bisa menyantap buah-buahan segar. Dengan menyantap buah segar maka keinginan makanan manis bisa diredam. Hal ini dikarenakan buah segar mengandung kandungan gula alami sehingga lebih aman dikonsumsi.


Minum Jus dan Smoothie



Sumber: Pergikuliner.com


Jika ngemil potongan buah terasa membosankan, kamu bisa memilih untuk mengolahnya menjadi jus atau smoothie. Dengan mengonsumsi jus atau smoothie yang kaya akan serat, maka tubuh akan merasa kenyang sehingga rasa ingin ngemil bisa berkurang. Untuk smoothie, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai topping. Kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan serat sehingga kenyang lebih lama.


Ngemil Salad Sayur



Sumber: Pergikuliner.com 


Selain buah, kamu juga bisa memilih untuk ngemil sayuran dengan cara dibuat menjadi salad sayur. Jenis sayur yang cocok dijadikan salad adalah daun selada, tomat, mentimun, jagung pipil, kubis, dan wortel. Supaya lebih sehat, kamu bisa memilih dresseing cuka apel atau minyak zaitun yang lebih menyehatkan jika dibandingkan mayonaise.


Cokelat Hitam Cocok Jadi  Cemilan



Sumber: Says.com


Terakhir ada cokelat hitam yang bisa menjadi salah satu cara mengatasi ngidam makanan manis. Salah satu makanan manis yang sering diidamkan adalah cokelat. Pilih cokelat hitam yang lebih rendah gula jika dibandingkan cokelat susu dan cokelat putih sehingga lebih sehat. Cokelat hitam juga kaya akan kandungan antioksidan yang bagus untuk tubuh.

 

Itulah beberapa cara mengatasi ngidam makanan manis yang berlebihan. Jadi mulai sekarang kamu bisa menerapkan salah satunya ya!

Mardin Baklava Patisserie

Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Colette & Lola

Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola

Kopi Kitchen

Foto Kopi Kitchen
Foto Kopi Kitchen
Foto Kopi Kitchen

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?