Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Menikmati Kopi Hitam Bagi Pemula

List Artikel
24 Januari 2019 | 0 Komentar
Fenomena kopi tampaknya di tahun 2019 masih tetap menjadi idola. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin menjamurnya kedai kopi di Indonesia. Fenomena banyaknya pencinta kopi yang bermunculan ini dikarenakan varian kopi juga semakin beragam. Coba saja kamu perhatikan dalam lima tahun terakhir ini ada jenis latte, cappucino, es kopi susu, ice coffee cube dan masih banyak lagi jenis varian minuman kopi yang sanggup menggaet para pecinta kopi maupun non pecinta kopi. Tapi sebelum kemunculan ragam varian kopi tersebut, ada kopi hitam yang pertama kali muncul di Indonesia. Kopi hitam merupakan kopi yang diseduh tanpa bahan tambahan apapun, mulai dari gula, krim, susu dan lain sebagainya. Dengan tidak adanya bahan tambahan, maka nilai nutrisi dan gizi dari kopi hitam masih tetap utuh. Bagi kamu yang ingin mencoba untuk mencicip kenikmatan kopi hitam, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan, yaitu:


Sumber : Pergikuliner.com


1. Cobalah Kopi Hitam yang Bijinya Disangrai Medium
Mencoba kopi hitam, itu tandanya kamu tidak akan merasakan citarasa manis, tetapi rasa pahit yang agak getir. Oleh karena itu, ketika pertama kali mencoba kopi hitam, cobalah untuk menyangrai biji kopi hitam dengan kematangan medium, tepatnya light to medium. Hal ini dilakukan supaya biji kopi tidak terlalu matang sehingga masih ada sensasi rasa manis di dalamnya. Bisa jadi kamu justru tidak akan menemukan rasa pahit di dalamnya.

2. Cari Kopi yang Punya After Taste Cocok dengan Lidahmu
Carilah kopi yang memiliki aftertaste yang cocok dengan lidahmu. Kenapa demikian? Hal ini membuat kamu terpancing untuk mencicip lagi kopi hitam yang diseduh. Misalkan saja kamu suka kopi dengan after taste rasa fruity, nutty, sweetness, flower dan lain sebagainya. Jika sudah suka atau cocok dengan after taste tertentu, maka kamu tidak akan membutuhkan bahan tambahan lain untuk membuat cita rasa kopi jadi lebih enak.

3. Nikmati Kopi Hitam dengan Porsi Kecil 
Biasanya kita akan senang jika porsi kopi yang disajikan dalam jumlah yang besar alias dalam gelas atau cangkir ukuran besar. Tapi ketika akan menikmati kopi hitam untuk pertama kalinya, lebih baik kamu meminumnya di cangkir kecil atau dalam porsi kecil. Hal ini dilakukan supaya kamu mencicip dengan benar citarasa dari kopi hitam. Ingat, kopi hitam bukanlah pelepas dahaga seperti es kopi susu ya!

4. Minum Kopi Hitam Saat Masih Hangat
Kopi hitam sangat bagus jika diseruput saat suhunya sudah menurun. Dalam arti kata lain, jangan sampai kamu meminum kopi hitam dalam keadaan masih panas karena selain citarasanya masih pahit, rasa yang dihasilkan juga belum sempurna. Sebaiknya kamu mulai meminum kopi hitam mulai dari 3-4 menit setelah kopi diseduh dan disajikan. Selain itu, kopi hitam juga sebaiknya tidak kamu seduh dengan air panas melebihi suhu 88 derajat celcius. Semakin panas air yang digunakan, maka rasa kopi hitam akan semakin pahit karena kafein melebur lebih cepat pada suhu panas.

Bagaimana nih teman PergiKuliner? Sekarang kamu sudah siap belum mencoba kopi hitam? Kalau belum, kamu bisa mencicip jenis kopi lainnya di sini lho!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Trafique Coffee

Foto Trafique Coffee
Foto Trafique Coffee
Foto Trafique Coffee

Seulawah Coffee

Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Dua Cipete Coffee

Foto Dua Cipete Coffee
Foto Dua Cipete Coffee
Foto Dua Cipete Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?