Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Menikmati Kopi yang Unik dari Berbagai Negara

List Artikel
22 Oktober 2020 | 0 Komentar

Jika berbicara tentang jenis minuman apa yang mungkin banyak digemari oleh orang pasti salah satu jawabannya adalah kopi. Mengapa? Karena berdasarkan angka penelitian dikatakan bahwa ada kurang lebih 3,28 miliar jiwa orang dari seluruh penjuru dunia yang selalu minum kopi setiap harinya. Hal ini membuktikan kalau kopi memang sangat terkenal hampir di berbagai negara. Ada banyak cara untuk menikmati kopi yang khas dari masing-masing negara. Baik itu cara tradisional maupun cara modern. Seperti di negara-negara berikut ini yang memiliki keunikan tersendiri dalam menikmati secangkir kopi. Penasaran? Yuk simak lebih jelasnya! 


1. Jepang



Sumber: Kotaku.com.au


Seperti yang kamu ketahui bahwa orang Jepang sangat terkenal disiplin dan menghargai waktu. Begitu pula dalam menikmati kopi, orang Jepang menyukai hal yang praktis dan tidak membuang-buang waktu. Untuk itu, orang Jepang biasa menikmati kopi melalui vending machine dimana mereka hanya cukup memasukkan uang ke dalam mesin dan kopi yang mereka inginkan akan disajikan melalui mesin dalam waktu yang sangat singkat.


2. Brazil



Sumber: Sao-paulo.estadao.com.br


Lain halnya dengan Jepang, kalau orang-orang Brazil lebih menyukai kopi dengan racikan mereka sendiri. Jika pada umumnya orang-orang menikmati kopi dengan sedikit gula justru orang Brazil menyukai kopi manis dengan gula yang sangat banyak. Brazil sendiri merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Indonesia maka tidak aneh jika masyarakatnya sangat menggandrungi kopi. Ada pula salah satu racikan kopi yang terkenal disana yaitu cafezhino yakni sejenis kopi yang beraroma sangat kuat, berwarna pekat, dan memiliki rasa yang sangat manis.


3. Vietnam



Sumber : Thewoksoflife.com


Mampir sebentar ke negara Vietnam, ada juga nih sebuah tradisi minum kopi yang cukup unik yakni menggunakan alat filter atau vietnam drip. Mayoritas orang Vietnam menikmati kopi dengan cara menggunakan cangkir khusus yang mana terdapat sebuah alat filter di dalamnya. Alat filter tersebut berguna untuk menyaring ampas kopi agar tidak masuk ke dalam cangkir minuman. Selain itu, orang Vietnam juga dikenal suka menambahkan susu ke dalam kopinya sebelum di minum.


4. Kanada



Sumber: Doyouevenpaleo.net


Selanjutnya, di negara Kanada dikenal pula istilah traditional cold brewed yaitu kebiasaan orang Kanada yang suka menikmati kopi dalam keadaan dingin. Pada dasarnya, pembuatan kopi di negara ini sama saja dengan cara membuat kopi seperti kebanyakan orang, akan tetapi orang Kanada sedikit memodifikasinya. Pertama, kopi dibuat dalam keadaan panas kemudian disajikan dengan suhu yang sangat dingin yang disebut juga dengan kopi cold brewed.


5. Meksiko



Sumber: Isabeleats.com


Cara menikmati kopi unik berikutnya ada di negara Meksiko. Jika Teman PergiKuliner bosan minum kopi dengan rasa yang biasa-biasa saja. Mungkin keunikan tradisi minum kopi ala Meksiko ini bisa kamu jadikan insipirasi. Orang Meksiko terbiasa menikmati kopi dengan menambahkan piloncillo yakni sejenis gula merah mentah yang beraroma karamel dan kayu manis. Kenikmatan rasa dari kopi ini bukan main lho, Teman PergiKuliner. Tradisi minum kopi ini juga sering dikenal dengan istilah Cafe De Olla.


6. Italia



Sumber: Pergikuliner.com


Selain dikenal dengan Menara Pisa, ternyata negara Italia juga dikenal dengan kebiasaan minum kopinya yang unik. Kebiasaan ini disebut dengan standing at the bar dimana kebanyakan orang-orang Italia biasa menikmati kopi di bar atau cafe sambil duduk dan mengobrol di kursi bar. Benar-benar tradisi minum kopi yang modern ya!


7. Yunani


 

Sumber: Pergikuliner.com


Kamu pernah dengar istilah kopi frappe? Nah di negara Yunani inilah asal kopi frappe tersebut dikenal. Kopi frappe sendiri merupakan racikan kopi asal Yunani yang berasal dari campuran kopi, gula, dan susu yang dibuat dengan teknik khusus sehingga racikan kopi akan menimbulkan busa di bagian atasnya. Kopi ini bisa pula disajikan panas ataupun dingin tergantung pada seleramu dalam menikmati kopi.


8. Indonesia



Sumber: Pergikuliner.com


Kalau tadi Teman PergiKuliner sudah berkeliling dunia untuk mengetahui cara menikmati kopi yang unik, sekarang waktunya kembali ke negara asal kita yaitu Indonesia. Ternyata di Indonesia dikenal juga tradisi minum kopi yang khas dan mungkin kamu sudah sering lakukan yakni menikmati kopi instan atau kopi seduhan dengan aneka gorengan seperti pisang goreng, singkong goreng, dan lain-lain. Waktu yang pas untuk menikmati kopi ini tentunya disaat pagi atau sore hari.


Teman PergiKuliner, kamu paling suka menikmati kopi dari negara yang mana nih? Atau teman PergiKuliner tertarik untuk ngopi? Yuk datengin coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Coffee Zen

Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Sudut Sedjenak

Foto Sudut Sedjenak
Foto Sudut Sedjenak
Foto Sudut Sedjenak

Dia Honest Coffee and Bakes

Foto Dia Honest Coffee and Bakes
Foto Dia Honest Coffee and Bakes
Foto Dia Honest Coffee and Bakes

Sewaktu

Foto Sewaktu
Foto Sewaktu
Foto Sewaktu

Mau tau lebih banyak lokasi tempat ngopi favorit di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com dulu sebelum berpergian!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?