Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Menyimpan dan Menghangatkan Dimsum agar Tetap Enak Disantap

List Artikel
14 Desember 2023 | 0 Komentar
Dimsum merupakan kuliner khas Tiongkok yang namanya sudah sangat terkenal di dunia. Di negara asalnya, dimsum ini dijadikan sebagai menu sarapan dan bisa dengan mudah dijumpai di pedagang kaki lima pinggir jalan. Di Indonesia, dimsum tidak hanya bisa dijumpai di restoran Chinese saja, tetapi juga bisa didapat dari tempat makan atau gerai yang khusus menjual dimsum.  Dimsum sebenarnya lebih enak disantap dalam keadaan masih fresh, tapi jika kamu tidak ada waktu untuk langsung menyantap dimsum yang baru matang, menyetok dimsum beku menjadi salah satu pilihan yang banyak dilakukan. Jadi, kamu bisa membeli dimsum dari restoran Chinese atau gerai dimsum favorit lalu menyimpannya untuk disantap di kemudian hari. Tapi sayangnya tidak semua orang tahu cara menyimpan dan menghangatkan dimsum agar tetap enak disantap. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa tips mengenai cara menyimpan dan menghangatkan dimsum. Yuk, langsung kita cek bersama-sama!


Sumber: pergikuliner.com

Simpan di Freezer
Cara menyimpan dimsum yang paling disarankan adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer untuk dibekukan. Letakkan dimsum di bagian dalam freezer karena suhunya lebih stabil jika dibandingkan dengan bagian pintu freezer atau bagian depan dekat pintu. Sebenarnya, kamu juga bisa menyimpannya di kulkas biasa, tapi daya tahan dimsum menjadi lebih singkat. Pasalnya, dimsum yang disimpan di kulkas biasa hanya akan bertahan hingga 3-5 harian saja. Sebaliknya, jika disimpan di dalam freezer, dimsum bisa bertahan hingga berminggu-minggu lamanya. 

Simpan dalam Wadah Tertutup Rapat
Sebelum menyimpan dimsum di dalam freezer atau kulkas, kamu harus terlebih dahulu memasukkannya ke wadah yang tertutup rapat. Hal ini dilakukan supaya nantinya dimsum tidak terpapar bakteri dengan mudah. Jika tidak ada wadah yang tertutup rapat, kamu bisa menggunakan plastik zip untuk mencegah dimsum terpapar dari udara luar. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa dimsum yang akan disimpan ini sudah dalam keadaaan bersuhu dingin atau setidaknya bersuhu ruangan. Hindari menyimpan dimsum saat masih panas karena bisa membuat dimsum cepat basi akibat adanya perubahan suhu yang mendadak saat dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer.  


Sumber: pergikuliner.com

Simpan dalam Jumlah Sedikit-sedikit
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat akan menyimpan dimsum adalah simpanlah dalam jumlah yang sedikit-sedikit per wadah. Hindari menyimpannya dalam jumlah yang banyak menggunakan wadah besar, apalagi jika kamu tidak berencana langsung menyantap dimsum hingga habis saat dikeluarkan dari freezer atau kulkas. Dimsum yang sudah dikeluarkan dari freezer atau kulkas sebaiknya tidak dimasukkan kembali ke kulkas karena saat wadahnya sudah dibuka, maka dimsum akan terkena paparan udara luar yang mengundang bakteri berkembang.

Diamkan dalam Suhu Ruang sebelum Dipanaskan
Untuk cara menghangatkan dimsum, kamu bisa mengeluarkannya dari dalam freezer dan kulkas terlebih dahulu dan mendiamkannya di suhu ruangan hingga setidaknya setengah jam atau sampai dimsum tidak terasa keras lagi. Barulah setelah itu, kamu bisa menghangatkannya. Jika langsung dihangatkan, maka dimsum akan kehilangan tekstur kenyalnya. Selain itu, ada kemungkin bagian tengah dimsum akan tetap keras setelah dihangatkan.


Sumber: pergikuliner.com

Hangatkan dengan Kukusan
Untuk menghangatkan dimsum, kamu bisa menggunakan kukusan. Panaskan kukusan yang sudah diisi dengan air lalu tunggu hingga mendidih dan uapnya cukup banyak, lalu masukkan dimsum untuk dihangatkan. Hindari memasukkan dimsum ke dalam kukusan saat air belum mendidih, karena itu menandakan bahwa suhu di dalam kukusan belum cukup panas. Kamu bisa menghangatkan dimsum dengan menggunakan kukusan selama kurang lebih selama 10 menit. Selain menggunakan kukusan, kamu juga bisa menggunakan rice cooker dengan menggunakan alas kukusan yang ada. Jika menggunakan rice cooker, proses menghangatkannya akan lebih lama karena bisa memakan waktu hingga sekitar 15 menit. Selain dua metode tersebut, microwave juga bisa digunakan untuk menghangatkan dimsum. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan microwave dapat menyebabkan kadar air di dalam dimsum berkurang. Pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan dan peralatan yang kamu miliki agar dimsum tetap enak saat disantap.

Itulah beberapa cara menyimpan dan menghangatkan dimsum agar tetap enak disantap. Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa menyetok dimsum dan menikmatinya saat sedang kepingin tanpa perlu keluar rumah. Tapi kalau ingin menikmati dimsum yang masih fresh, di bawah ini ada beberapa gerai dimsum terbaik yang bisa kamu datangi!

Kastil Dimsum

Foto Kastil Dimsum
Foto Kastil Dimsum
Foto Kastil Dimsum

Wang Fu Dimsum

Foto Wang Fu Dimsum
Foto Wang Fu Dimsum
Foto Wang Fu Dimsum

Yinyang Dimsum

Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum

Dimsum Sembilan Ayam

Foto Dimsum Sembilan Ayam
Foto Dimsum Sembilan Ayam
Foto Dimsum Sembilan Ayam

Haka Dimsum Shop

Foto Haka Dimsum Shop
Foto Haka Dimsum Shop
Foto Haka Dimsum Shop

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?