Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Mudah Pilih Buah Melon Agar Dapat yang Segar dan Manis!

List Artikel
25 Juni 2019 | 0 Komentar

Melon merupakan salah satu buah yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia tanpa perlu menunggu musimnya seperti buah durian atau mangga. Buah yang berbentuk bulat dan bercita rasa manis ini bisa disantap dengan berbagai macam cara, mulai dari dijadikan jus minuman, disantap begitu saja, dijadikan es buah, hingga dibuat salad. Berhubung bisa dijadikan aneka olahan lezat, tak heran kalau buah ini sangat laris dicari oleh masyarakat Indonesia. Melon memang memiliki cita rasa yang manis. Hanya saja tidaklah mudah untuk bisa mendapatkan melon yang bercita rasa manis. Tak jarang ada orang yang mendapatkan melon yang tidak manis atau bahkan sudah tidak segar lagi karena terlalu matang. Melon yang terlalu matang memiliki tekstur yang lembek sehingga tidak terasa lezat disantap. Supaya kamu bisa menemukan melon yang segar dan bercita rasa manis, coba yuk lihat cara-caranya di bawah ini!



Sumber : Bukalapak.com

 

Lihatlah Tampilan Luar Kulit Melon

Pertama lihatlah dari tampilan luar kulit melon tersebut. Pastinya ketika akan membeli melon, kamu akan melihat tampilan luarnya terlebih dahulu. Pilih kulit melon yang berwarna agak kekuningan dengan jaringan kulit yang cukup tebal karena hal tersebut menandakan melon yang masih segar. Pastikan juga kalau tidak ada memar pada bagian luar kulit melon karena jika ada sedikit saja memar atau sayatan dan guratan pada bagian kulit melon, maka tandanya kualitas daging melon di dalamnya tidak terlalu bagus.

 

Berat Melon Juga Menentukan Kualitas

Kemudian lihatlah dari berat melon yang akan kamu beli. Memangnya berat melon bisa menentukan kualitasnya? Tentu saja bisa. Melon yang matang dengan sempurna akan memiliki kandungan air yang tinggi sehingga beratnya cenderung lebih dibandingkan melon yang belum matang. Bentuknya juga tidaklah bulat sempurna, melainkan agak sedikit lonjong. Inilah cara yang paling mudah memilih melon untuk kamu lakukan.

 

Melon yang Bergema Menandakan Tingkat Kematangan

Kamu juga bisa memilih melon yang matang dari tingkat gemanya. Melon yang bergema menandakan kalau melon tersebut sudah matang. Kamu cukup mengetuk-ngetuk bagian luar melon dan mendengarkan apakah suara gemanya berat dan terdengar. Semakin keras dan tinggi gemanya, maka semakin matang melon yang kamu pilih tersebut.

 

Aroma Melon Juga Bisa Kamu Perhatikan

Kita seringkali mendengar kalau ingin membeli buah, kamu harus mencium aromanya terlebih dahulu. Jika aromanya wangi, maka tandanya buah tersebut sudah matang. Sebenarnya hal tersebut ada benarnya karena buah melon yang sudah matang dan terasa manis pasti memiliki aroma buah yang wangi. Aromanya ini cenderung ranum karena sudah matang sempurna. Cium aroma wangi melon dari bagian ujungnya atau pangkal tangkai.

 

Cek dari Bijinya Juga Bisa

Cara yang terakhir adalah kamu bisa mengeceknya dari bijinya. Tapi tentu saja kamu harus membelah alias memotongnya terlebih dahulu supaya bisa melihat bagian dalam bijinya. Melon yang matang ini memiliki biji yang mudah dilepaskan alias tidak menempel lagi di daging melon. Kalau tidak ingin membelahnya, ada cara lain yakni dengan menggoyang-goyangkan melon. Jika terdengar ada biji yang bergoyang, maka melon tersebut masih segar dan sudah matang.

 

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan melon yang matang sempurna. Jika tak suka buah melon, ada juga aneka buah lannya yang bisa kamu konsumsi ya!

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Ignasia's Cake Me Away

Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away

Bingsoo Story

Foto Bingsoo Story
Foto Bingsoo Story

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?