Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cari Tahu Perbedaan Soto dengan Coto Yuk!

List Artikel
11 Juli 2018 | 0 Komentar

Meski ada banyak kuliner-kuliner asing yang sudah merambah Indonesia, tapi tetap saja kuliner khas Indonesia masih tetap di hati. Ini dibuktikan dengan masih besarnya minat orang Indonesia untuk terus mengeksplor cita rasa masakan Indonesia dari seluruh pelosok Nusantara. Berbicara tentang kuliner tradisional, pastinya kamu tahu kalau Indonesia memiliki kuliner berkuah yang kelezatannya tak tertandingi. Bermacam kuliner berkuah tradisional khas Indonesia seperti sayur sop, sayur asem, sayur lodeh, soto, coto dan masih banyak lagi. Ada dua kuliner berkuah Indonesia yang bisa dikatakan mirip pengucapannya, yakni soto dan coto.



Sumber : Pergikuliner.com


Bukan hanya sama pengucapannya saja, tapi soto dan coto sama-sama kuliner berkuah yang menggunakan bahan dasar daging yang dipotong kecil-kecil lalu disajikan bersama dengan perasan jeruk nipis dan sambal. Ada banyak soto yang ada di Indonesia, yakni soto ayam, soto Lamongan, soto Betawi, dan juga soto mie. Sedangkan untuk coto hanya ada coto Makassar. Selain itu, di manakah letak perbedaan keduanya? Jika dilihat dari segi tampilannya, soto memiliki tampilan warna yang kuning cenderung orange karena di dalamnya diberi bumbu rempah kunyit. Sedangkan coto punya tampilan warna yang lebih cokelat cenderung kehitaman karena di dalamnya ada rempah kluwek yang digunakan sehingga warnanya pekat seperti rawon khas Jawa Timur.



Sumber : selerasa.com


Kalau dari segi rasanya, sudah pasti keduanya punya cita rasa yang berbeda karena coto memiliki bumbu rempah yang lebih banyak dibanding soto. Ada lebih dari 10 jenis rempah yang bisa kamu temukan di dalamnya sehingga cita rasanya jadi lebih pekat dan aromanya lebih tajam. Sedangkan soto lebih memiliki rasa yang segar, apalagi untuk beberapa jenis soto ada yang menambahkan irisan tomat segar. Ada perbedaan satu lagi nih yang perlu kamu ketahui. Jika soto selalu disajikan dengan nasi putih hangat, coto justru disajikan dengan ketupat atau buras khas Makassar. Pastinya sensasi menyantapnya jadi berbeda bukan?

 

Kalau kamu sendiri lebih suka menyantap soto atau coto? Kalau penasaran ingin membandingkan keduanya, kamu bisa mampir ke rumah makan yang menyajikan coto dan soto di bawah ini!

Warung Coto Makassar Senen

Foto Warung Coto Makassar Senen

Rumah Makan Marannu

Foto Rumah Makan Marannu
Foto Rumah Makan Marannu

Bale Soto

Foto Bale Soto

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Soto Madura Bpk H. Ngatidjo

Foto Soto Madura Bpk H. Ngatidjo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?