Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cari Tahu Yuk Kenapa Kita Sering Kalap Makan Sampai Begah!

List Artikel
24 Oktober 2018 | 0 Komentar

Makan menjadi satu hal yang wajib dilakukan agar bisa bertahan hidup karena tubuh membutuhkan asupan karbohidrat, protein, lemak, serta nutrisi. Kita biasanya menyantap makanan pokok dalam tiga kali sehari dengan porsi satu piring sehingga kebutuhan tubuh bisa tercukupi. Tapi pernahkah kamu kalap makan sehingga mengakibatkan perut terasa begah seperti ingin meledak? Bagi para pecinta kuliner hal seperti ini bukanlah hal yang asing lagi karena sudah seringkali terjadi. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa kita bisa sampai kelepasan kontrol sehingga makan dengan kalap? Coba kita simak alasannya yuk!



Sumber : PergiKuliner.com


1. Terlalu Lapar Karena Melewatkan Jam Makan

Hal yang paling umum terjadi adalah karena kamu sedang dalam keadaan lapar berat akibat menunda atau melewatkan jam makan. Misalkan saja, jika biasanya kamu makan siang jam 12, lalu kamu baru makan jam 3 sore. Melewatkan jam makan bisa membuat perut kamu terasa lapar berat, dan tubuh kehilangan energi sehingga nggak heran jika kamu makan dengan kalap. Oleh karena itu selalu usahakan untuk makan tepat waktu ya! Jika kamu sampai telat makan, kontrol diri dengan makan secara perlahan agar nantinya perut nggak terasa begah dan pencernaan kaget.


2. Rasa Makanan yang Terlalu Lezat

Alasan lain adalah karena cita rasa makanan yang disajikan terlalu lezat. Hal ini pasti seringkali terjadi. Akibat rasa makanan yang lezat, kita terkadang lupa kalau makanan yang telah kita santap sudah terlalu banyak atau melebihi porsi normal, karena makanan yang lezat bisa membangkitkan nafsu makan. Jadi nggak heran kalau kamu akan makan sampai begah. Coba saja bayangkan, jika makanan yang kamu santap rasanya nggak enak, pasti kamu enggan menghabiskannya bukan?


3. Adanya Distraksi Saat Sedang Makan

Distraksi atau gangguan ketika sedang makan ini ternyata juga bisa menimbulkan makan yang berlebihan sehingga perut terasa begah. Distraksi ini bisa berupa terlalu asik mengobrol, bermain ponsel, menonton televisi, serta bekerja sambil makan. Adanya distraksi yang menyelimuti otak akan merusak fokus dan konsentrasi makan kita sehingga otomatis nafsu makan nggak bisa terkontrol atau terkendalikan. Tahu-tahu perut sudah terasa begah akibat menyantap makanan dalam jumlah banyak.


4. Wadah Makanan Terlalu Besar

Sudah banyak pakar kesehatan yang mengatakan kalau sebaiknya kita menyantap makanan dengan piring atau mangkuk yang berukuran kecil. Ketika di depan kita ada hidangan dengan wadah yang besar, maka kita akan merasa tertantang untuk menghabiskannya hingga tandas sehingga nggak heran kalau seringkali kita merasa kalap. Hal ini nggak berlaku jika wadah makan tersebut berukuran kecil. Wadah kecil bisa membuat kita melihat makanan tersebut seolah-olah dalam jumlah banyak, padahal jika diletakkan di atas wadah yang besar, porsinya jadi sedikit. Pengalihan pikiran ini bisa menghipnotis nafsu makan kita.


5. Stres yang Berlebihan

Alasan yang terakhir ini sudah banyak terjadi pada masyarakat perkotaan. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu perempuan atau laki-laki, orang dewasa maupun anak muda. Kadar stres yang tinggi bisa memicu nafsu makan yang berlebihan karena stres akan meningkatkan nilai reward dari sebuah makanan untuk dapat melepas opiod yang dapat menurunkan kadar stres. Jadi biasanya setelah orang tersebut makan dengan lahap hingga begah, maka dirinya akan merasa puas dan stres akan terlepaskan.

 

Jadi, itu dia ya lima alasan mengapa kita sering kalap makan hingga begah, sekarang kamu sudah tahu kan? Atau kamu juga ternyata sering kalap saat makan ya? Langsung saja yuk cek beberapa referensi tempat makan dari PergiKuliner di bawah ini, dijamin pasti ikutan kalap deh. Tapi harus tetap dikontrol ya biar kamu nggak kebegahan!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Ayam Bakar Madiun

Foto Ayam Bakar Madiun
Foto Ayam Bakar Madiun
Foto Ayam Bakar Madiun

RM Yense

Foto RM Yense
Foto RM Yense
Foto RM Yense

Nasi Pedes Cipete

Foto Nasi Pedes Cipete
Foto Nasi Pedes Cipete
Foto Nasi Pedes Cipete

Nasi Goreng Batavia

Foto Nasi Goreng Batavia
Foto Nasi Goreng Batavia
Foto Nasi Goreng Batavia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?