Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cegah COVID-19 dengan Konsumsi Buah dan Sayur yang Kaya Vitamin C!

List Artikel
12 Maret 2020 | 0 Komentar

Virus corona atau yang sering disebut Covid sudah merambah ke Indonesia. Virus yang sudah merebak di Tiongkok sejak awal tahun ini memang sangat menghebohkan dunia. Tapi kamu tak perlu ikutan heboh juga nih. Perlu kamu ketahui kalau tubuh yang punya imunitas tinggi alias kekebalan tubuhnya sangat bagus, tidak akan mudah tertular beragam penyakit, apalagi penyakit yang berasal dari virus. Kekebalan tubuh ini bisa didapat dari asupan vitamin C. Vitamin C tak hanya bisa mencegah penuaan dini dan sariawan saja, tetapi juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Sebenarnya masing-masing buah dan sayur pasti punya kandungan vitamin C masing-masing. Hanya saja kadarnya berbeda-beda. Nah, PergiKuliner punya beberapa list buah dan sayur yang kadar vitamin C-nya sangat tinggi, yaitu:

 

1. Jambu Biji



Sumber : Sehatq.com


Pertama ada jambu biji yang ternyata punya kadar vitamin C paling tinggi dibandingkan dengan aneka buah lainnya. Kadar vitamin C yang ada pada jambu biji sebanyak 220 mg per buahnya. Jumlah ini sanggup membuat daya tahan tubuhmu terjaga jika disantap setiap hari. Jenis jambu biji yang punya kadar vitamin C tinggi ini adalah jambu biji merah. Jika ingin manfaatnya lebih maksimal, maka jangan mencampurkan bahan lain saat menyantapnya.

 

2. Paprika Kuning



Sumber : Peerinagarden.com


Jika jambu biji merah menjad buah dengan vitamin C tertinggi, untuk jenis sayuran ada paprika kuning yang mendapat predikat sebagai sayuran dengan kadar vitamin C tertinggi. Untuk kadar vitamin C yang ada pada paprika kuning adalah 180 mg. Lantas bagaimana dengan paprika hijau dan paprika merah? Keduanya juga punya kandungan vitamin C tapi tidak sebanyak paprika kuning. Paprika merah punya kadar vitamin C sebanyak 160 mg. Sedangkan paprika hijau hanya 25 mg saja.

 

3. Jeruk



Sumber : Healthline.com


Kalau buah yang satu ini pastinya sudah sangat dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena selain mudah didapat dan harganya terbilang murah, cita rasanya yang asam manis membuat sensasi yang berbeda saat kamu santap. Dalam satu buah jeruk terdapat kandungan vitamin C sebanyak 124 mg. Hal ini berlaku untuk jenis jeruk keprok, medan, mandarin dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jeruk nipis kandungan vitamin C nya sebanyak 87 mg.

 

4. Kubis atau Kol



Sumber : Hellosehat.com


Kubis dan kol ternyata tak hanya enak disantap dalam olahan sup hingga gorengan, tapi juga enak dikonsumsi karena punya kadar vitamin C yang tinggi. Jumlah kandungan vitamin C pada kol dan kubis sebanyak 85-90 mg per 100 gramnya. Kamu bisa menyantap kubis dan kol ini dengan bahan campuran lainnya kok sehingga yang punya kadar vitamin C tinggi juga seperti paprika sehingga kebutuhan vitamin C harianmu jadi lebih terpenuhi.

 

5. Kale



Sumber : Detik.net.id


Kale dikenal sebagai superfood yang punya segudang manfaat bagi tubuh. Kebanyakan orang akan mengolah kale menjadi jus dan salad, tapi ada juga yang lebih suka memasaknya terlebih dahulu. Sebenarnya kale lebih baik disantap mentah agar kadar kandungan vitamin C nya tetap terjaga. Kadar vitamin C pada kale berada di angka 80 gram per 100 gramnya. Kale punya rasa yang agak getir sehingga jika ingin menyantapnya mentah, maka kamu bisa memadukannya dengan buah seperti apel, melon, atau jeruk.

 

6. Brokoli



Sumber : Hellosehat.com


Selanjutnya ada brokoli yang juga termasuk dalam kategori sayuran dengan kadar vitamin C tinggi. Brokoli punya kandungan vitamin C sekitar 80 mg per batangnya. Biasanya konsumsi brokoli per orang memang hanya 1 batang atau sekitar 100 gram per buahnya. Brokoli sebaiknya dimasak dengan kematangan yang pas karena jika dimasak terlalu matang atau kematangan, maka kadar vitamin C nya jadi berkurang.

 

7. Kiwi



Sumber : Liputan6.com


Terakhir ada kiwi yang juga diketahui sangat kaya akan vitamin C. Satu buah kiwi yang rata-rata memiliki berat antara 50-70 gram punya kandungan vitamin C sebanyak 70-80 mg. Kiwi yang paling banyak kandungan vitamin C nya adalah kiwi hijau. Sedangkan untuk kiwi kuning kadar vitaminnya berada di bawah kiwi hijau. Kiwi lebih baik disantap begitu saja atau dijadikan topping pada smoothie dibanding dijus agar kandungan vitamin C nya tidak berkurang.

 

Selain ketujuh buah dan sayur di atas, masih banyak yang punya vitamin C tinggi meski kadarnya tidak setinggi buah dan sayur di atas. Beberapa di antaranya adalah buah berry, lemon, tomat, blewah dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur bervitamin C tinggi agar tubuh bisa tetap sehat dan terjaga dari beragam jenis penyakit akibat Covid-19 maupun virus lainnya. Jika bingung bagaimana caranya, kamu bisa langsung aja mampir ke salah satu tempat di bawah ini untuk mendapatkan asupan dari vitamin tersebut!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

The Local Garden

Foto The Local Garden
Foto The Local Garden

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?