Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cegah ISPA Akibat Asap Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Santap Makanan Ini

List Artikel
9 November 2019 | 0 Komentar

Indonesia memang sedang dilanda kabut asap yang merajalela. Tak hanya di beberapa daerah yang ada di Pulau Sumatera saja, tetapi juga di Pulau Kalimantan. Kabut asap ini diakibatkan adanya kasus kebakaran hutan dan lahan secara besar-besaran dan berlangsung lama. Dengan adanya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan ini menjadikan kesehatan masyarakat terganggu. Kabut asap bisa mengakibatkan seseorang menderita penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau yang lebih dikenal dengan nama ISPA. Jika kondisi ini terus menerus berlanjut, maka pastinya paru-paru bisa tidak berfungsi secara maksimal. Supaya tidak terkena ISPA, sebenarnya kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan tertentu untuk mencegahnya. Cek dulu yuk apa saja makanan yang bisa mencegah penyakit ISPA!

 

1. Brokoli



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada brokoli yang merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu melindungi paru-paru hingga mencegah terjadinya kanker paru-paru. Selain adanya antioksidan, brokoli juga mengandung senyawa glukosinolat yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk paru-paru. Brokoli juga bisa mengobati peradangan.

 

2. Seledri



Sumber : Walmartimages.com


Berikutnya ada seledri yang juga bisa menangkal efek kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan. Adanya polusi dan kabut asap bisa membuat paru-paru dipenuhi oleh karbondioksida dan  untuk mencegahnya, kamu butuh nutrisi yang bisa mengurangi kadar karbondioksida pada paru-paru dan nutrisi itu bisa kamu temukan pada seledri. Seledri mengandung kadar sodium yang tinggi sehingga bisa mengurangi kadar karbondioksida pada paru-paru.

 

3. Buah Pir



Sumber : Hellosehat.com


Buah pir ternyata juga bisa mengobati penyakit paru-paru. Buah pir mengandung kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan glutathione sehingga bisa meningkatkan kemampuan paru-paru dalam melindungi dirinya dari virus dan juga bakteri berbahaya yang bisa didatangkan dari asap dan polusi udara seperti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

 

4. Teh Hijau



Sumber : Thehealthy.com


Lalu ada teh hijau yang memang terkenal baik dikonsumsi untuk tubuh. Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan alami yang kadarnya sangat tinggi dan dipercaya bisa untuk membersihkan paru-paru dan polusi. Antioksidan memiliki sifat antihistamin yang juga sering dijadikan sebagai obat yang mampu meredakan alergi serta gangguan pada saluran pernafasan.  

 

Kacang-kacangan



Sumber : Healthline.com


Terakhir ada kacang-kacangan yang bagus dikonsumsi untuk mencegah ISPA. Kacang-kacangan seperti kacang almond mengandung vitamin E yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi inflamasi, hingga melancarkan peredaran darah yang terhambat sehingga suplai oksigen bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Selain kacang almond, jenis kacang yang bagus dikonsumsi adalah kacang walnut serta kenari.

 

Itulah beberapa beberapa kuliner yang bisa kamu santap untuk menangkal ISPA. Semoga bermanfaat untukmu! Nah, untuk menikmati ketiganya, kamu bisa kunjungi beberapa tempat makan di bawah ini ya!

Liyen Restaurant

Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?