Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cek Kandungan Gizi Cokelat Sesuai dengan Jenisnya

List Artikel
14 Februari 2020 | 0 Komentar

Cokelat menjadi salah satu kuliner yang sangat identik dengan perempuan, mood dan juga hadiah. Dikaitkan dengan perempuan dan hadiah karena memang cokelat seringkali diberikan oleh laki-laki kepada perempuan atau kebalikannya. Sedangkan kaitan cokelat dengan mood adalah karena cokelat seringkali dijadikan sebagai kuliner yang paling ingin disantap saat mood sedang buruk atau suasana hati sedang sedih. Cokelat ini bisa diolah menjadi beragam kuliner dessert serta cemilan seperti permen, cake, hingga minuman. Tak heran kalau keberadaan cokelat tidak akan pernah membuat pecintanya merasa bosan. Selain karena bisa diolah menjadi beragam kuliner, cokelat juga punya kandungan gizi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu. Kandungan gizi yang ada pada cokelat ini tergantung pada jenis cokelatnya. Untuk tahu lebih lanjutnya lagi, bagaimana kalau kita langsung cek kandungan gizi yang ada pada jenis-jenis cokelat di bawah ini!

 

1. Dark Chocolate



Sumber : Medicalnewstoday.com


Pertama ada dark chocolate yang menjadi jenis cokelat dengan kandungan gizi paling tinggi. Hal ini dikarenakan dark chocolate murni terbuat dari cokelat tanpa adanya campuran dari bahan apapun sehingga citarasanya cenderung pahit. Dalam 100 gram dark chocolate terdapat 598 kalori, 24 gram gula, 10,9 gram serat, 42,6 gram lemak, 7,8 gram protein, 715 mg potasium, 73 mg kalsium, 80 mg kafein, 40 mg vitamin A dan 12 mg zat besi. Kandungan kalori dan lemaknya memang tinggi, tapi kandungan lemaknya adalah lemak baik. Selain itu kandungan potasium dark chocolate baik untuk tubuhmu. Dark chocolate bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta membuat kinerja otak jadi lebih baik.

 

2. Milk Chocolate



Sumber : Confectionerynews.com


Berikutnya ada milk chocolate yang paling banyak digunakan pada dunia kuliner karena cita rasanya yang manis. Milk chocolate ini dibuat dari bahan dasar cokelat yang dicampur dengan susu dan gula. Lantas bagaimana kandungan gizinya? Dalam 100 gram cokelat terdapat 535 kalori, 57,1 gram gula, 29,8 gram lemak, 7,5 gram protein  dan 75 mg sodium. Berbeda dengan dark chocolate yang biasanya dipadukan buah segar, milk chocolate ini lebih sering dipadukan dengan manisan buah atau buah kering dan juga kacang-kacangan. Penambahan kacang-kacangan dan buah kering seperti kismis bisa membuat kandungan gizi di dalamnya juga bertambah. Cokelat yang ditambahkan kismis akan lebih kaya akan serat. Sedangkan cokelat yang ditambahkan kacang-kacangan akan memiliki kandungan protein dan potasium yang lebih tinggi lagi.

 

3. White Chocolate



Sumber : Davidlebovitz.com


Terakhir ada white chocolate yang cita rasanya sudah pasti jauh lebih manis jika dibandingkan dengan kedua jenis cokelat yang ada di atas. White chocolate ini dibuat dari campuran lemak kakao, gula, susu, lesitin (sejenis zat lemak) dan ekstrak vanilla. Penambahan vanilla membuat aroma cokelat ini jauh lebih harum dibanding kedua jenis cokelat lainnya. Untuk kandungan nutrisi yang ada di dalam 100 gram white chocolate adalah 574 kalori, 55 gram gula, 35 gram lemak 7,5 gram protein, 250 mg kalsium, 125 mg sodium dan 13 mg kolesterol. Berbeda dengan dark chocolate, kandungan lemak dalam white chocolate adalah lemak jenuh sehingga bisa menimbulkan kenaikan berat badan jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. White chocolate ini juga banyak digunakan pada kuliner, terutama sering dijadikan sebagai hiasan kue karena white chocolate bisa diberi pewarna menjadi beragam macam warna yang cantik.

 

Itulah beberapa informasi mengenai kandungan gizi pada cokelat sesuai dengan jenisnya. Semoga bisa menambah pengetahuan kulinermu ya! Jika kamu jadi kepengen makan cokelat setelah membaca artikel ini, kamu bisa menyantapnya di salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

The Harvest Deli

Foto The Harvest Deli

BRUN Premium Chocolate

Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate

Chocolate Changer

Foto Chocolate Changer
Foto Chocolate Changer
Foto Chocolate Changer

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?