Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cek Kesegaran Susu yang Ada di Rumahmu dengan Lakukan Ini!

List Artikel
11 Juli 2019 | 0 Komentar
Susu merupakan minuman bergizi yang dihasilkan dari hewan mamalia dan juga kacang-kacangan. Susu yang berwarna putih ini bisa dijadikan beragam olahan produk yang bisa menghasilkan kuliner lezat seperti mentega, yoghurt, es krim, hingga keju. Minuman susu sangat populer dikarenakan nilai gizinya yang sangat tinggi sehingga memiliki banyak manfaat bagi siapa saja yang menyantapnya. Jika diperhatikan, dalam susu terdapat kandungan beragam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc. Tapi sayangnya susu ini bukan produk kuliner yang awet dan tahan lama sehingga saat membelinya, kamu harus segera menghabiskannya. Daya tahan susu yang tidak bisa bertahan lama ini membuatnya cepat basi karena sudah tidak segar lagi. Lantas bagaimana caranya kita mengetahui atau mengecek kesegaran susu yang ada di rumah?

Sumber : Dailyfarmersofcanada.com


Untuk mengecek kesegaran susu yang kamu miliki, pertama-tama kamu bisa mencium aromanya terlebih dahulu. Susu yang sudah tak segar lagi akan memiliki aroma yang cenderung agak asam atau kecut. Ini dikarenakan kandungan protein pada susu telah dikonsumsi oleh mikroba sehingga menghasilkan senyawa-senyawa yang menimbulkan bau tak enak. Cara mudah lainnya untuk mengetahui kalau susu di rumahmu sudah basi adalah dengan melihat kemasan dan teksturnya. Susu yang sudah basi akan menggembung kemasannya dan kamu akan melihat sedikit gelembung-gelembung busa yang ada di bagian permukaannya. Ditambah lagi teksturnya juga mengental dan menggumpal. Hal ini dikarenakan mikroba yang ada pada susu akan menghasilkan gas sehingga susunya akan kembung dan berbusa. Jadi kalau sudah ada ciri-ciri bau tak sedap, asam, kecut, teksturnya mengental dan ada gelembungnya, maka susu sudah tidak layak lagi dikonsumsi karena sudah basi.

 Sumber : Minimalistbaker.com


Biasanya kita selalu dianjurkan untuk menyimpan susu di dalam kulkas supaya awet, tapi tetap saja meskipun sudah disimpan dalam kulkas, susu juga mudah basi. Hal ini dikarenakan kita tidak memperhatikan dengan benar suhu yang ada dalam kulkas. Susu tidak mudah basi jika kamu menyimpannya dalam kulkas yang bersuhu sekitar 4-6 derajat celsius. Jika suhunya melebihi itu, maka susu akan mudah basi, sedangkan jika suhunya berada di bawah itu, maka tekstur susu akan menjadi rusak. Susu yang disimpan dalam kulkas sebenarnya bisa awet hingga 40 hari asalkan kemasannya masih tersegel alias belum terbuka. Tapi jika sudah dibuka, maka susu hanya bisa awet selama 3-5 hari saja. Apalagi kalau kamu terlalu lama meletakkannya di suhu ruangan dan lupa memasukkannya ke dalam kulkas, susu bisa bertahan kurang dari 3 hari.

Jadi selalu perhatikan cara penyimpanan susu setelah kamu membelinya. Jika yang meminum susu di rumah hanya dirimu saja, lebih baik membeli susu dalam kemasan kecil sehingga bisa langsung habis dan tidak perlu menyimpannya berhari-hari di dalam kulkas. Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kesegaran susu. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu! Nah, sekarang intip dulu yuk aneka minuman berbahan dasar susu yang bisa kamu cicipi berikut ini!

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Lala Coffee & Donuts

Foto Lala Coffee & Donuts
Foto Lala Coffee & Donuts

Bake-a-Boo

Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo

SUMOO Milk Bar

Foto SUMOO Milk Bar

Kopi Janji Jiwa

Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?