Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cek Perbedaan Bawang Bombay Merah dengan Bawang Bombay Putih

List Artikel
9 Februari 2022 | 0 Komentar

Bawang bombay merupakan salah satu jenis bawang yang paling banyak digunakan dalam masakan. Bawang Bombay memiliki aroma yang khas dan rasanya juga berbeda jika dibandingkan dengan bawang merah dan bawang putih. Bawang bombay sebenarnya lebih banyak digunakan pada masakan barat, tapi selain itu juga bisa dijumpai pada beberapa masakan Asia, termasuk Indonesia. Di dalam bawang bombay terdapat kandungan nutrisi yang sangat tinggi, termasuk di dalamnya ada kandungan antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas. Selama ini beberapa dari kita pasti mengenal bawang bombay ini hanya memiliki satu jenis saja yakni yang memiliki kulit berwarna kecoklatan dengan warna daging dalam berwarna putih. Tapi tahukah Teman Kuliner kalau ternyata selain bawang bombay tersebut, ada bawang bombay merah yang juga seringkali kita jumpai. Lantas apa perbedaan bawang bombay merah dengan bawang bombay putih?

 


Sumber: theveganatlas.com


Dari Segi Tampilan Warna

Perbedaan bawang bombay merah dengan bawang bombay putih yang pertama sudah pasti bisa dilihat dari segi tampilan warnanya. Untuk tampilan warna dari bawang bombay putih ini pada bagian luarnya kecoklatan dengan bagian dalamnya yang berwarna putih. Berbeda dengan tampilan warna dari bawang bombay merah yang memiliki warna merah keunguan dengan bagian dalamnya yang berwarna putih keunguan. Jadi di bagian dalam alias daging bawangnya ini warna lingkarannya keunguan.

 

Dari Segi Ukuran dan Bentuk

Jika dilihat dari segi ukuran dan bentuknya, sebenarnya perbedaan bawang bombay merah dengan bawang bombay putih tidak akan terlalu terlihat. Keduanya ini sama-sama memiliki bentuk bulat, tapi ada juga yang bentuknya bulat agak meruncing pada kedua ujung sisinya. Hanya saja jika diperhatikan dengan lebih seksama, untuk bawang bombay merah ini ukurannya akan sedikit lebih besar.



Sumber: wonderhowto.com


Dari Segi Rasa

Untuk segi rasanya, baik itu bawang bombay merah dengan bawang bombay putih ini tentu saja ada campuran rasa agak pedas. Hanya saja bawang bombay merah memiliki rasa yang sedikit lebih kuat dan tajam jika dibandingkan dengan bawang bombay putih. Rasa yang lebih tajam tersebut ini merupakan perpaduan dari rasa pedas dan manis yang bergabung menjadi satu. Perbedaan bawang bombay merah dengan bawang bombay putih membuat keduanya ini digunakan dalam kuliner yang berbeda-beda.

 

Dari Segi Ketebalan Kulit dan Daging

Perbedaan bawang bombay merah dengan bawang bombay putih selanjutnya adalah dari segi ketebalan kulit dan dagingnya. Untuk ketebalan kulit dari bawang bombay putih ini cenderung lebih tipis sehingga mudah dikupas. Untuk dagingnya ini juga akan lebih tipis dan berongga. Berbeda dengan bawang bombay merah yang memiliki ketebalan kulit dan daging yang lebih tebal dan padat.

 


Sumber: food.ndtv.com


Dari Segi Penggunaan

Untuk perbedaan dari segi penggunaannya, Teman Kuliner bisa melihat kalau bawang bombay putih memang lebih banyak digunakan karena lebih mudah didapat dan harganya lebih terjangkau. Bawang bombay putih biasa digunakan sebagai bumbu masakan seperti tumisan, sup, hingga bumbu untuk makanan yang dipanggang. Sedangkan untuk bawang bombay merah lebih sering digunakan sebagai campuran pada salad dan sup karena rasanya yang sangat kuat.

 

Selain kedua jenis bawang bombay di atas, ternyata masih ada lagi jenis bawang bombay lainnya yang ada di dunia, yakni bawang bombay pearl. Bawang bombay ini memiliki tampilan kulit luar yang putih sehingga Teman Kuliner bisa dengan mudah membedakannya dari jenis bawang bombay lainnya.

 

The Social Pot

Foto The Social Pot
Foto The Social Pot
Foto The Social Pot

Bellamie Boulangerie

Foto Bellamie Boulangerie
Foto Bellamie Boulangerie
Foto Bellamie Boulangerie

Quiznos

Foto Quiznos
Foto Quiznos
Foto Quiznos

To The Bone

Foto To The Bone
Foto To The Bone
Foto To The Bone

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?