Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ciri Khas Masakan Indonesia yang Beda Dari Negara Lain

List Artikel
6 Agustus 2021 | 3 Komentar

Masakan Indonesia terdiri dari beragam jenis dan beberapa diantaranya bahkan sudah dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Hal ini membuktikan jika masakan Indonesia mempunyai rasa yang tidak kalah lezatnya dengan masakan dari negara lain. Selain itu, masakan Indonesia juga mempunyai beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dengan masakan dari negara lain. Tradisi dan kultur masyarakat dari setiap daerah turut mempengaruhi masakan Indonesia yang beragam dan mempunyai rasa yang khas. Berikut ini adalah ciri khas masakan Indonesia yang unik dan berbeda dari negara lainnya. Sebagai warga negara Indonesia, kamu wajib tahu nih ciri khas masakan Nusantara:



Sumber: Istockphoto.com


1. Banyak Rempah

Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil rempah-rempah. Tak heran kalau rempah-rempah Indonesia digunakan juga sebagai bumbu untuk memasak. Hal inilah yang menjadi ciri khas masakan Indonesia yaitu penggunaan bumbu rempah-rempah yang banyak. Beberapa jenis rempah dari Indonesia diantaranya adalah sereh, kunyit, lengkuas, jahe, daun salam, lada, ketumbar dan sebagainya.  Bagi orang asing yang tidak terbiasa dengan aroma rempah, masakan Indonesia mungkin akan terasa menyengat namun sekali mencoba akan ketagihan dengan kenikmatan rasanya.


2. Pedas

Selain mengandung banyak rempah, masakan Indonesia juga terkenal sangat pedas. Hal ini dikarenakan hampir semua masakan Indonesia menggunakan cabai atau sambal sebagai salah satu bahannya. Ada banyak jenis cabai yang bisa ditemukan di Indonesia seperti cabai merah, cabai keriting, cabai hijau, cabai rawit, dan cabai putih. Selain cabai, sambal khas Indonesia pun punya banyak jenisnya sehingga dinobatkan sebagai warisan kuliner nusantara. Meski memberikan sensasi pedas yang membakar lidah, namun ciri khas masakan Indonesia yang pedas mampu membuat ketagihan.


3. Gurih

Masakan Indonesia yang berkaitan dengan rempah biasanya mempunyai cita rasa yang gurih. Sehingga salah satu ciri khas makanan Indonesia adalah gurih. Selain itu, penggunaan santan dalam beberapa masakan juga bisa menambahkan cita rasa gurih pada masakan. Masakan Indonesia yang bercita rasa gurih ini bahkan sudah terkenal di seluruh dunia karena kelezatan dan rasa gurihnya yang ngangenin. Masakan Indonesia yang bercita rasa gurih diantaranya adalah bakso, nasi goreng, soto, nasi padang, gorengan, dan beberapa jajanan tradisional.


4. Manis

Tidak hanya rasa pedas dan gurih, masakan Indonesia juga identik dengan rasa manis. Manis yang dimaksud disini bukanlah rasa manis gula seperti yang ditemukan pada kue, melainkan rasa manis yang lebih condong pada rasa manis masakan karena menggunakan gula merah atau gula jawa sebagai salah satu bahannya, contohnya seperti masakan gudeg khas Yogyakarta. Salah satu kuliner tradisional dari Jawa yang menyuguhkan cita rasa manis nan legit.


5. Berlemak

Ciri khas masakan Indonesia lainnya adalah masakan Indonesia terkenal berlemak, karena banyak masakan Indonesia yang menggunakan santan. Salah satu contohnya adalah masakan dari Sumatera Barat seperti rendang dan gulai sapi yang identik dengan penggunaan santan yang kental. Tidak hanya untuk lauk pauk, masyarakat Indonesia juga kerap menambahkan santan untuk memasak sayuran, kue-kue tradisonal, bahkan nasi. Tak heran kalau Masakan Indonesia yang berlemak ini, meski banyak mengandung banyak kalori namun punya tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner nusantara.


Karakteristik Masakan Tiap Daerah

Kelezatan kuliner tanah nusantara tak diragukan lagi. Aneka bumbu dan rempah-rempah yang digunakan di dalamnya menghasilkan rasa, aroma, warna dan tekstur yang kuat pada masakan. Ini yang membuat kuliner nusantara terkenal lezatnya. Setiap masakan Indonesia dari satu daerah dengan daerah lainnya memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri, terutama dalam hal bumbu. Berikut adalah beberapa karakteristik masakan Indonesia dari tiap daerah:



Sumber: 123rf.com


1. Masakan Sumatera

Masakan Sumatera dikenal menggunakan banyak bumbu. Sumatera Barat terkenal memiliki karakter bersantan yang dikombinasi dengan cabai merah dan kunyit. Rasanya didominasi dengan pedas dan gurih dengan rempah-rempah yang banyak. Sedangkan, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara suka dengan masakan yang asam rasanya. Masakan Sumatera dari sayuran tidak banyak jenisnya atau tidak bervariasi. Sayuran yang sering digunakan antara lain daun singkong, nangka muda, kacang panjang, dan buncis.  Contoh dari masakan Sumatera yang populer adalah rendang, pempek, tempoyak dan keripik sanjay.


2. Masakan Betawi

Masakan Betawi atau Masakan Jakarta berevolusi dengan pengaruh berbagai masakan yang dibawa para pendatang, seperti Portugis, Belanda, Arab dan China. Karakteristik masakan Betawi didominasi oleh rasa dengan sedikit pedas dan manis. Biasanya rempah yang umum digunakan dalam masakan Betawi adalah jahe, lengkuas, daun salam dan serai. Contoh dari masakan Betawi yang terkenal lezat adalah nasi uduk, gado-gado, soto betawi, semur jengkol, kue cucur dan asinan betawi.


3. Masakan Sunda

Masakan Sunda biasa dikenal juga dengan masakan khas Jawa Barat. Jawa Barat sebagai kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan menghasilkan beragam sayuran. Itulah mengapa masakan Sunda selalu identik dengan lalapan segar sebagai pendamping menu utama. Masyarakat Sunda juga suka menyantap lalapan segar tersebut dengan sambal. Masakan Sunda punya karakteristik rasa yang ringan dan sederhana. Perpaduan antara gurih, asam, manis ringan dan sedikit pedas. Beberapa masakan Sunda yang melegenda diantaranya adalah pepes, karedok, nasi liwet, nasi tutug oncom, dan nasi timbel.


4. Masakan Jawa

Masakan Jawa banyak dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan kuno. Jawa Tengah memiliki karakteristik yang didominasi rasa manis dan bersantan. Dimana salah satu masakan dari Jawa Tengah yang populer dengan rasa manis adalah gudeg, selat solo dan lumpia. Sementara di Jawa Timur, cenderung lebih menyukai masakan bercita rasa pedas dengan sedikit manis. Masakan Jawa Timur banyak menggunakan terasi dan bumbu petis untuk memberi rasa pada masakan. Contoh masakan khas Jawa Timur adalah rujak cingur, rawon, lontong balap, tahu tek, soto lamongan dan sate madura.


5. Masakan Sulawesi

Masakan Sulawesi banyak memanfaatkan hasil laut seperti ikan. Hal ini dikarenakan letak geografisnya yang dikelilingi oleh lautan. Karakteristik rasa masakan Sulawesi adalah pedas. Bumbu rempah yang cukup sering digunakan dalam masakan Sulawesi seperti kluwek dan ketumbar. Contoh masakan khas Sulawesi yang terkenal antara lain sop konro, coto makassar, bubur jagung, burasa atau sejenis lontong bersantan, dan palumara atau sejenis sup dengan isian ikan.


6. Masakan Kalimantan

Kalimantan punya masakan yang khas dengan rasa cenderung pedas, asam, gurih dengan menggunakan santan di dalamnya. Masakan Kalimantan juga identik dengan sayur mayur dan aneka seafood segar. Bumbu yang banyak digunakan berupa bawang putih, kapulaga, cengkeh dan pala. Masakan Kalimantan sulit ditemukan di daerah lain, beberapa diantaranya adalah soto banjar, nasi bekepor, mie sagu, ketupat kandangan, hekeng dan kalumpe. 


Itu dia ciri khas masakan Indonesia. Unik dan berbeda kan dari negara lain?. Sebagai warga negara Indonesia, Teman Kuliner tentu bangga bukan?. Nah, buat yang ingin makan masakan Indonesia, PergiKuliner sudah merangkum beberapa restoran rekomendasinya buat kamu. Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

Sate & Seafood Senayan

Foto Sate & Seafood Senayan
Foto Sate & Seafood Senayan
Foto Sate & Seafood Senayan

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Rezeki Seafood

Foto Rezeki Seafood
Foto Rezeki Seafood
Foto Rezeki Seafood

Plataran Menteng

Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng

Topik artikel ini:
3 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
nice
sosro11@mail.com | 10 Jan 2023 pk. 03:38 AM
Foto user umum
nice
sosro11@mail.com | 10 Jan 2023 pk. 03:38 AM
Foto user umum
yesterday I came here the food is really delicious The spices really taste and the price is relatively cheap For further information about culinary matters, you can visit our website https://kulinerekstrim.com/
asengjo246@gmail.com | 26 Oct 2023 pk. 08:21 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?