Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Coba Tebak, Jagung Termasuk Sayur, Buah atau Biji-bijian Ya?

List Artikel
12 November 2019 | 0 Komentar

Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Jagung lebih sering dijadikan sebagai bahan utama atau tambahan untuk masakan Indonesia seperti dijadikan sebagai bakwan atau perkedel jagung, dijadikan tambahan pada sayur sup, hingga dijadikan tambahan pada bubur Manado. Berhubung penggunaan jagung terbilang cukup sering di Indonesia, maka ladang jagung pun bisa dengan mudah dijumpai. Berbicara tentang jagung, sebenarnya ada sebuah perdebatan mengenai apakah jagung ini termasuk pada jenis sayur, buah, atau biji-bijian ya? Menurut kamu sendiri, jagung termasuk dalam jenis yang mana?



 Sumber: Cookinglight.timeinc.net


Untuk mencaritahu jawabannya, terlebih dahulu kita harus mempelajari biologi tentang jagung itu sendiri terlebih dahulu. Tahukah kamu kalau ternyata ada yang namanya tanaman jagung betina dan jagung jantan. Untuk jagung betina ini bisa menumbuhkan beberapa calon tunas atau tongkol jagung. Sedangkan tanaman jagung jantan yang memiliki rumbai (rambut jagung) bisa menghasilkan serbuk sari yang akan membuahi tongkol jagung. Kenapa kita harus membahas tentang jagung jantan dan betina? Karena untuk membedakan tanaman tersebut masuk dalam kategori buah, sayur, atau biji-bijian akan dilihat berdasarkan bagian mana yang kamu makan. Jika kamu memakan bagian yang berasal dari ovarium atau jaringan reproduksi lainnya, maka tanaman tersebut adalah buah.



 Sumber : Meatloafandmelodrama.com


Jadi jagung termasuk dalam kategori tanaman buah? Seorang profesor holtikultura bernama Marvin Pritts yang berasal dari Cornell University mengungkapkan bahwa jagung memang termasuk jenis buah. Jagung merupakan biji yang berasal dari bunga atau indung telur tanaman jagung sehingga secara teknis, jagung pastinya termasuk dalam jenis buah-buahan karena yang kita makan adalah biji jagung tersebut. Ia juga mengungkapkan kalau jagung adalah caryopsis yang termasuk jenis buah berdaging (pericarp) karena lapisan bijinya menyatu dengan erat. Ini tandanya mereka tidak memiliki lapisan berdaging sebenarnya. Caryopsis ini sendiri ternyata juga merupakan nama lain dari biji-bijian.



 Sumber : Mylethbridgenow.com


Lantas jagung juga termasuk biji-bijian? Ya, ternyata jagung memiliki dua keluarga, yakni buah-buahan dan biji-bijian. Bisa dikatakan kalau jagung ini mirip dengan gandum atau oats. Jadi sekarang sudah tahu bukan jawabannya? Jangan sampai bingung menggolongkannya lagi ya!

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci

Rumah Makan Manado by TunaGrill

Foto Rumah Makan Manado by TunaGrill

Magi Planet

Foto Magi Planet
Foto Magi Planet
Foto Magi Planet

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?