Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Coba Tebak Perbedaan Cappuccino, Latte, dan Flat White Yuk!

List Artikel
26 Mei 2017 | 0 Komentar

Teman PergiKuliner mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kopi. Minuman satu ini memang banyak dicari terutama pada jam-jam sibuk atau pagi hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Tempat paling pas menikmati secangkir kopi tentunya dimana lagi kalau bukan di sebuah kafe. Cappuccino, latte, dan flat white nampaknya sudah menjadi menu yang paling sering ditemui di cafe atau coffee shop. Pada dasarnya ketiga jenis minuman ini memiliki dua komposisi yang sama yaitu espresso dan susu. Lalu apa yang membedakan antara cappuccino, latte, dan flat white?


Meski ketigaanya sama-sama terbuat dari espresso dan susu, namun ada hal yang yang membedakan ketiga jenis minuman ini yaitu jumlah takaran susu dan banyaknya foam yang ditambahkan ke dalam espresso. Banyaknya susu dan foam yang ditambahkan ke dalamnya tentu akan turut mempengaruhi rasa dari cappuccino, latte dan flat white. Oleh karena itulah ketiga jenis minuman ini bisa disebut berbeda. Nah bagi teman PergiKuliner yang masih bingung membedakannya padahal sudah sering memesan ketiga minuman ini. Yuk simak perbedaannya!


Cappuccino



sumber : pergikuliner.com


Cappuccino merupakan minuman kopi tradisional khas Italia. Jika kamu perhatikan, minuman ini memiliki lapisan foam susu yang tebal dan taburan bubuk kayu manis di atasnya. Tetapi yang membedakan cappuccino dengan latte dan flat white tidak sekedar itu saja. Resep standar cappuccino ialah terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu, dan sepertiga foam susu. Jadi, baru bisa dikatakan cappuccino apabila takaran dari setiap komposisinya sama. Selain itu, ciri lain yang membedakannya adalah kamu dapat merasakannya melalui tegukan pertama. Apabila ia adalah cappuccino maka akan terasa foam susu yang agak kental, lalu diikuti dengan rasa kopi yang kuat setelahnya. Hal terpenting yang harus kamu ketahui adalah cappucino tidak memakai art di atasnya.


Latte



sumber : pergikuliner.


Latte memiliki nama lain yaitu milchkaffee dalam bahasa Jerman yang berarti kopi yang cenderung milky. Dengan bahasa sederhana, latte merupakan sejenis kopi susu. Kunci yang paling mendasar dalam membuat latte terletak pada saat melakukan proses steaming susu. Umumnya, proses steaming susu ini berfungsi untuk dua hal, yaitu memanaskan susu hingga mencapai temperatur tertentu sesuai dengan yang diinginkan dan untuk menghasilkan micro foam. Dengan kata lain, foam susu dalam latte biasanya cenderung lebih halus dan tidak tebal seperti cappuccino. Selanjutnya, untuk mengetahui bahwa minuman itu adalah latte, kamu akan merasakan rasa kopi yang sangat milky saat tegukan pertama. Umumnya latte selalu diberi hiasan art di permukaannya.


Flat White



sumber : pergikuliner.com


Flat white merupakan satu-satunya minuman yang paling subjektif diantara ketiganya, sebab variasinya tergantung pada negara atau kafe yang membuatnya. Namun pada umumnya, flat white menggunakan takaran susu yang lebih sedikit dibandingkan dengan latte dan cappuccino. Biasanya flat white disajikan dengan dua variasi yaitu tanpa foam dimana espresso yang diberikan dalam batas standar dan dikombinasikan dengan susu yang telah disteam. Variasi ini adalah yang paling sering digunakan di banyak kafe. Kedua adalah latte dengan foam. Variasi ini benar-benar membutuhkan keahlian dari sang barista karena pada saat membuat susu, sang barista harus membuat micro foam yang benar-benar halus namun terasa di mulut. Kunci utama untuk mengetahui minuman itu adalah flat white terasa pada saat meminumnya. Kamu akan merasakan rasa kopi yang cenderung kuat namun tetap ada sedikit rasa foam susu lembut di dalam kopinya.


Nah, itu dia tadi perbedaan antara cappucino, latte dan flat white. Buat temak PergiKuline yang mau langsung membuktikan dari ketiga jenis minuman tersebut, langsung aja mampir ke beberapa coffee shop dekat rumah kamu ya!

Kopikalyan

Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan

1/15 One Fifteenth Coffee

Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee

Flow Coffee

Foto Flow Coffee
Foto Flow Coffee
Foto Flow Coffee

Kickass Coffee Works & Hubble Scoop Creamery

Foto Kickass Coffee Works & Hubble Scoop Creamery
Foto Kickass Coffee Works & Hubble Scoop Creamery

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Ayo cari tempat ngopi lainnya di pergikuliner.com!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?