Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Deretan Kuliner yang Populer di Masa Perang Dunia II

List Artikel
8 Februari 2021 | 2 Komentar

Perang menjadi saat yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Ketika terjadi perang, maka kita akan merasakan kesengsaraan yang tanpa henti hingga akhirnya ada pihak yang menang dan kalah. Jika menilik sejarah dunia, salah satu perang yang paling menggemparkan dunia dan memakan banyak korban jiwa adalah perang dunia II. Perang Dunia II terjadi antara tahun 1939-1945. Peperangan yang terjadi selama bertahun-tahun ini menjadi saat yang paling mencekam terutama bagi warga sipil. Pasalnya, Perang Dunia II tak hanya menyasar tentara militer saja tetapi juga warga sipil dengan cara menyerang kapal-kapal pembawa makanan sehingga berdampak pada kekurangan makanan yang berujung pada kelaparan. 

Berhubung bahan makanan langka, maka tak heran kalau warga sipil setempat mulai menggunakan bahan makanan substitusi alias makanan pengganti yang akhirnya justru menjadi kuliner yang populer di masa Perang Dunia II. Coba langsung kita lihat, kuliner apa saja yang jadi populer di masa Perang Dunia II yuk!


1. Lemak Goreng


Sumber: Shopee.co.id


Kuliner pertama yang jadi populer di masa Perang Dunia II adalah lemak goreng. Kamu pasti merasa aneh mendengarnya bukan? Lemak goreng merupakan kuliner yang dibuat dari lemak hewan yang kemudian dimasak dengan cara digoreng. Mengapa kuliner ini sangat populer? Ternyata pada masa perang dunia II, negara-negara yang berperang kekurangan konsumsi lemak. Hal ini dikarenakan lemak lebih banyak digunakan untuk membuat mesiu, memolesi senjata, dan lain sebagainya. Alhasil, masyarakat pun kekurangan lemak untuk dijadikan masakan sehingga lemak dari hewan pun menjadi sangat populer. Lemak sangat diperlukan terutama bagi tentara yang berperang karena bisa diolah dalam tubuh menjadi energi.

 

2. Bubuk Telur


Sumber: Tepungtelur.wordpress.com


Tak hanya lemak goreng saja, ada bubuk telur yang jadi populer di masa Perang Dunia II. Bubuk telur ini merupakan bahan substitusi dari telur sungguhan karena sudah melalui beragam proses olahan mulai dari pemanggangan, penyaringan, hingga pengeringan. Saat Perang Dunia II, masyarakat yang tinggal dalam peperangan sangat kesulitan untuk beternak. Hal ini berdampak pada susahnya mendapatkan telur dari ayam. Untuk menyiasati hal tersebut, maka dibuatlah bubuk telur yang meski rasanya tidak seenak telur tapi bisa menyuplai kebutuhan protein hewani. Berhubung telur segar sangat sulit didapat maka bubuk telur pun jadi sangat populer.

 

3. Pastri Kentang



Sumber: Balkanlunchbox.com


Selanjutnya ada pastri kentang yang jadi kuliner populer di masa Perang Dunia II. Sebelum peperangan terjadi, masyarakat di negara Eropa dan Amerika sangat suka menyantap pastry. Lalu saat peperangan terjadi, bahan makanan seperti susu, telur, dan mentega sangat susah didapat. Berhubung pada masa itu kentang mudah didapat karena mudah menanamnya, maka dibuatlah pastri dengan campuran kentang. Selain pastri, masih ada banyak olahan kentang yang dibuat semasa Perang Dunia II seperti biskuit kentang, pai kentang, dan masih banyak lagi.

 

4. Spam


Sumber: Foodnetwork.com


Kuliner terakhir yang populer di masa Perang Dunia II adalah spam. Spam adalah olahan daging cincang yang dikemas dalam bentuk kaleng. Dalam arti kata lain, spam adalah olahan daging kalengan. Spam ini berasal dari Amerika dan seringkali menjadi ransum atau makanan yang dibawa oleh para tentara pada saat perang. Mendapatkan bahan makanan segar memang sangat sulit pada masa Perang Dunia II sehingga mau tak mau masyarakat setempat menggunakan bahan makanan olahan seperti spam.


Macam-macam ya makanan yang dikonsumsi dan populer di masa Perang Dunia II. Beberapa makanan yang populer di masa Perang Dunia II ini rata-rata merupakan makanan yang dapat bertahan lama dan praktis, karena tentunya pada masa perang seluruh lapisan penduduk harus dalam situasi siaga dan pastinya susah untuk mencari bahan makanan untuk diolah. Seru banget kan baca sejarah tentang kuliner Perang Dunia II? Sekarang, waktunya kamu isi perut dan siap "memerangi" kehidupan nyata. Yuk, langsung serbu aneka tempat makan di bawah ini!

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Nosh Kitchen

Foto Nosh Kitchen
Foto Nosh Kitchen
Foto Nosh Kitchen

Brew and Else

Foto Brew and Else
Foto Brew and Else
Foto Brew and Else

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Cheese Wheel

Foto Cheese Wheel
Foto Cheese Wheel
Foto Cheese Wheel

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
GwYTRVLyWcQXm
kermitnpwrg76@gmail.com | 08 Feb 2021 pk. 08:49 AM
Foto user umum
lEkCBJdIw
kermitnpwrg76@gmail.com | 08 Feb 2021 pk. 08:49 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?