Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Di Antara Aneka Jenis Beras, Mana yang Lebih Sehat?

List Artikel
20 April 2016 | 0 Komentar

Bagi orang Indonesia, beras merupakan bahan pangan wajib yang dimasak setiap hari. Tapi tahukah kamu kalau tiga jenis beras yang banyak beredar ini memiliki kandungan gizi yang berbeda. Beras hitam di Indonesia lebih sulit dijumpai, berbeda dengan beras merah dan juga beras putih yang bisa kamu temukan dengan mudah di toko beras atau supermarket.


Beras putih mengandung karbohidrat tinggi

Beras putih yang umum dikonsumsi ini sudah mengalami proses penggilingan dan pengelupasan lapisan kulit. Hal ini menyebabkan kadar seratnya berkurang sementara kandungan karbohidratnya paling tinggi di antara kedua beras lainnya sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang banyak melakukan aktivitas fisik. Selain itu, beras putih juga memiliki rasa manis alami yang lebih tinggi sehingga banyak disukai.



Sumber: www.jubileehealthplace.org


Berbeda dengan beras putih, beras merah lebih kaya serat dan banyak disukai oleh orang yang sedang menjalani diet. Karbohidrat kompleksnya mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga kamu tidak akan makan berlebihan. Selain itu, beras merah memiliki warna dari antioksidan yang disebut anthocyanin. Senyawa ini juga ditemukan dalam buah yang berwarna ungu atau kemerahan. Senyawa anthocyanin diyakini bisa membantu mengurangi peradangan, alergi, menurunkan risiko kanker, dan menurunkan berat badan.


Beras hitam mengandung nutrisi yang kompleks

Di urutan terakhir ada beras hitam yang termasuk langka di pasaran. Beras yang ditanam dari hasil persilangan ini lebih bernutrisi dibanding kedua jenis beras di atas. Beras hitam kaya akan serat dan mengandung antioksidan, fitonutrien, phytochemical, vitamin E, protein, zat besi, dan nutrisi lainnya.


Kandungan gula pada beras hitam paling sedikit, namun mempunyai kandungan serat yang tinggi. Beras ini sangat dianjurkan bagi pasien penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi karena bagus untuk hati, ginjal, dan lambung. Nah sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan kandungan dari beras putih, beras merah, dan beras hitam. Beras apapun yang kamu konsumsi, jangan lupa menambahnya dengan sayuran ya, Teman PergiKuliner!


Nasi Akwang

Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang

Nasi Uduk Bu Sum

Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum

Nasi Tim Pasar Pagi (Cahaya Pagi Chinese Food)

Foto Nasi Tim Pasar Pagi (Cahaya Pagi Chinese Food)

Nasi Pedas Gili - Gili

Foto Nasi Pedas Gili - Gili
Foto Nasi Pedas Gili - Gili
Foto Nasi Pedas Gili - Gili

Nasi Juara

Foto Nasi Juara
Foto Nasi Juara
Foto Nasi Juara

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?