Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Di Balik Viralnya, Simak 5 Manfaat dari Gula Aren Bagi Kesehatan

List Artikel
27 September 2019 | 0 Komentar

Bagi kamu yang suka berburu kuliner kekinian, pasti tahu dengan kuliner yang sedang hits saat ini yakni minuman milk tea yang dipadu dengan boba dan gula aren. Penggunaan gula aren memang sudah tidak asing lagi di dunia kuliner. Beberapa tahun yang lalu kamu pastinya tahu adanya fenomena es kopi susu yang terbuat dari campuran susu, kopi, dan gula aren. Gula aren memang bisa membuat cita rasa kuliner menjadi lebih manis dan juga creamy. Ditambah lagi adanya aroma yang sangat khas sehingga menjadikan sensasi cita rasa yang berbeda. Gula aren ini berbeda loh dengan gula Jawa. Gula aren memiliki warna yang lebih kuning keemasan dengan tekstur yang cukup empuk jika dibandingkan dengan gula Jawa. Berhubung bisa menciptakan cita rasa yang unik, maka ada banyak sekali kuliner yang menggunakan campuran gula aren ini, termasuk boba milk tea. Tapi tahukah kamu kalau dibalik viralnya penggunaan gula aren, ada manfaat yang bisa kamu dapat jika menyantapnya, yaitu:

 


Sumber : Doktersehat.com


1. Penambah Tenaga
Manfaat yang pertama dari menyantap gula aren adalah bisa menambah tenaga. Tidak banyak diantara kamu yang mengetahui kalau gula aren ini mengandung kalori yang bisa menghasilkan tenaga. Namun kandungan kalori ini tidak terlalu tinggi, sehingga masih aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Biasanya para pendaki gunung selalu membawa gula aren sebagai bekal di perjalanan mereka sehingga ketika tubuh merasa lelah dan letih mereka bisa mendapat asupan tenaga setelah menyantap gula aren.
 
2. Mencegah Anemia
Manfaat berikutnya adalah gula aren bisa mencegah anemia. Hal ini dikarenakan gula aren mengadung zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa menambah dan memproduksi asupan darah dalam tubuh. Perlu kamu ketahui kalau kekurangan zat besi maka tubuh bisa merasa lemah, letih dan lesu. Kamu juga bisa mudah terserang penyakit dan tidak bersemangat dalam beraktivitas.
 
3. Memperlancar Peredaran Darah
Gula aren ternyata bisa memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah dalam tubuh, maka kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti jantung. Supply oksigen ke otak juga bisa berkurang dan mengakibatkan turunnya konsentrasi dan daya pikir. Coba saja ketika kamu baru mulai beraktivitas makanlah gula aren dan rasakan efeknya.
 
4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Gula aren juga bisa meningkatkan daya tahan serta imunitas tubuh. Ada kandungan dalam gula aren yang mampu menjadikan pemicu naiknya daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuhmu meningkat, maka kamu juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit, selalu fit dalam beraktivitas, dan bisa mengoptimalkan fungsi dan kinerja organ-organ dalam tubuh.
 
5. Menjaga Kadar Kolesterol
Manfaat terakhir dari gula aren adalah menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Ada satu kandungan dari gula aren yaitu niacin yang bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh tetap terjaga. Selain bisa menjaga kadar kolesterol, gula aren juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang sudah terlanjur tinggi. Syaratnya adalah jangan memadukan gula aren dengan pemanis buatan lain.
 
Itulah beberapa manfaat dari gula aren yang bisa membuat tubuhmu menjadi lebih sehat. Tapi ingat, konsumsi gula aren dalam batas yang wajar ya teman PergiKuliner. Nah, sekarang simak dulu yuk beberapa rekomendasi minuman dengan unsur gula aren berikut ini!

Tiger Sugar

Foto Tiger Sugar
Foto Tiger Sugar
Foto Tiger Sugar

Diagon Alley

Foto Diagon Alley
Foto Diagon Alley
Foto Diagon Alley

Tiger Hill

Foto Tiger Hill
Foto Tiger Hill
Foto Tiger Hill

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?