Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Dibawa dari Belanda, Inilah Asal Muasal Kopi!

List Artikel
16 Juli 2019 | 0 Komentar
Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kopi menjadi minuman lezat yang setiap harinya harus dikonsumsi, terutama pada saat pagi hari. Kopi dinilai bisa membangkitkan energi dan semangat pada pagi hari dan pastinya mengusir rasa kantuk. Banyaknya manfaat yang bisa didapat dari kopi ini membuat banyak orang ketagihan dan menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka. Kopi-kopi yang ada di Indonesia sebagian besarnya dihasilkan dari perkebunan sendiri alias bukan barang impor. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa harga kopi Indonesia tergolong cukup murah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di sekitar Indonesia. Berhubung kopi sangat populer di Indonesia, kamu wajib tahu nih apa saja fakta-fakta tentang penyebaran kopi yang ada di Indonesia.


Sumber : Pergikuliner.com


Kopi Pertama Kali Ada di Indonesia Pada Tahun 1696
Fakta yang pertama adalah ternyata kopi pertama kali ada di Indonesia pada sekitar tahun 1696. Dalam buku yang berjudul "Ragam Minuman Indonesia" yang ditulis oleh Murdijati Gardjito, Umar Santoso dan Eni Harmayani, kopi pertama kali dibawa ke Indonesia oleh pasukan Belanda yang bernama Adrian Van Ommen dari Malabar. Kopi yang ia bawa ini asalnya dari India.  

Tanaman Kopi Pertama Kali Ada di Batavia
Coba tebak, menurut kamu tanaman kopi pertama kali ada di daerah mana? Beberapa dari kita pasti mengira kalau tanaman kopi awalnya ada di daerah-daerah yang ada di Pulau Sumatera atau Sulawesi. Padahal, tanaman kopi pertama kali ada di Batavia alias Jakarta, tepatnya Jakarta Timur. Bukan tanpa alasan kenapa ada kawasan bernama Pondok Kopi di Jakarta Timur. Ternyata kawasan ini tadinya merupakan tempat kopi pertama kali ditanam dan dikembangkan. Sayangnya, akibat banjir yang melanda kawasan tersebut, perkebunan kopi di sana musnah.

Kopi Pertama yang Ditanam adalah Jenis Arabika
Di Indonesia terdapat tiga macam biji kopi yang bisa kamu temukan, yakni biji kopi arabika, biji kopi robusta, dan biji kopi liberika. Tapi dari ketiga jenis biji kopi tersebut, biji kopi pertama yang ada di Indonesia adalah biji kopi arabika. Menurut sejarah, Johan van Hoorn dan Hendrik Zwaardecroon adalah dua orang asal Belanda yang pertama kali mencoba menanam kopi di Jakarta dan biji kopinya berjenis arabika.

Lahan Kopi di Indonesia Sebagian Besar Milik Pribadi
Tahukah kamu kalau perkebunan atau lahan kopi yang ada di Indonesia ini sebagian besarnya (96%) adalah milik pribadi alias milik rakyat, bukan milik swasta atau pemerintah. Sedangkan 2% milik negara dan 2% adalah milik swasta. Hal ini dikarenakan penduduk asli Indonesia memang sudah sejak dulu menanam biji kopi dan kepemilikan kebun kopi diturunkan secara turun temurun. Berhubung perkebunan kopi di Indonesia jumlahnya sangat banyak sekali, tak heran kalau saat ini Indonesia tercatat sebagai kota ke empat dalam negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Itulah beberapa fakta mengenai kopi yang ada di Indonesia. Jadi kepengen minum kopi? Mampir yuk ke salah satu kedai kopi yang ada di bawah ini!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Sajiva Coffee Company

Foto Sajiva Coffee Company
Foto Sajiva Coffee Company

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?