Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

DO and DON'Ts : Makan Makanan Ini Selama Pandemi

List Artikel
29 April 2020 | 0 Komentar

Pandemi corona sepertinya masih terus berlanjut di dunia hingga saat ini, termasuk di Indonesia. Bertambahnya kasus orang yang positif terkena corona membuat kita harus selalu ekstra waspada. Selain menuruti anjuran pemerintah untuk melakukan semua kegiatan dari rumah seperti bekerja, belajar, dan beribadah, kita juga dianjurkan untuk menjaga jarak, serta mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena virus corona. Jadi sekarang ini, apapun yang kita konsumsi harus diperhatikan dengan baik dan benar. Jangan asal menyantap sesuatu karena jika makanan yang kamu konsumsi sembarangan, maka kondisi kesehatan tubuh bisa menurun dan rawan terkena virus. Lantas kuliner apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi? Untuk mencaritahunya, cek langsung Do and Don'ts nya yuk!

 

Do :



Sumber : Pergikuliner.com


1. Makan Sayuran

Makanan yang wajib banget kamu konsumsi saat pandemi ini adalah sayur-sayuran. Sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk selalu menjaga imunitas. Konsumsi buah yang punya warna cerah seperti wortel, paprika, bayam, brokoli, asparagus, dan lain sebagainya.


2. Buah yang Mengandung Vitamin C

Buah juga menjadi kuliner wajib yang harus dikonsumsi saat ini karena imunitas tubuh yang tinggi bisa didapat dari nutrisi vitamin C alami yang ada pada buah-buahan. Beberapa jenis buah-buahan yang tinggi vitamin C adalah jambu biji merah, jeruk, kelapa, pisang, alpukat, apel, hingga berry-berryan.


3. Telur dan Ikan

Untuk memenuhi kebutuhan asupan protein, kamu disarankan untuk mengonsumsi telur dan ikan karena keduanya ini adalah sumber protein yang rendah lemak. Lantas bagaimana dengan jenis daging yang lainnya seperti daging sapi dan ayam? Dua-duanya sama bagusnya sehingga kamu bisa juga mengonsumsinya, asalkan hindari cara memasak dengan digoreng. Khusus untuk ayam, pilihlah dada ayam yang lebih sehat dan rendah lemak.


4. Minum Minuman Hangat

Mengonsumsi minuman hangat memang sangat dianjurkan saat pandemu covid-19 ini. Minuman hangat yang bagus dikonsumsi adalah air putih hangat, teh hangat, hingga air jeruk hangat. Minuman hangat bisa menjaga kesehatan tenggorokan dan mematikan bakteri yang ada pada kerongkongan. Selain itu, minuman hangat juga mencegahmu terkena flu dan batuk.



Don'ts :



Sumber : Pergikuliner.com


1. Makanan Olahan

Makanan olahan menjadi kuliner yang punya kandungan kalori sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan inflamasi dalam tubuh. Selain itu makanan olahan juga sangat minim akan nutrisi sehingga pada saat pandemi corona seperti sekarang ini tidak terlalu bagus dikonsumsi. Makanan olahan hanya boleh disantap saat masa darurat seperti ketika sudah tidak ada makanan lagi di rumah.


2. Gorengan

Gorengan juga sebaiknya kamu hindari karena bisa menyebabkan batuk atau radang tenggorokan, apalagi jika kamu membelinya sembarangan. Jika tetap ingin makan gorengan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan makanan yang berkualitas dan minyak goreng yang masih baru, bukan bekas pakai.


3. Makanan Pedas

Makanan pedas tidak disarankan untuk dikonsumsi saat masa pandemi covid-19. Makanan pedas bisa memicu rasa gatal pada tenggorokan. Apalagi jika dimakannya bersama dengan gorengan. Jadi sebaiknya kamu hindari dulu. Kalau benar-benar sedang ingin makan pedas, usahakan rasa pedasnya masih sopan ya alias pedas level terkecil.


4. Minuman Bersoda dan Beralkohol

Terakhir ada minuman bersoda dan beralkohol. Pastinya kita sudah tahu kalau dalam situasi normal saja, kedua minuman ini tidak disarankan untuk diminum dalam jumlah banyak karena bisa merugikan bagi tubuh. Untuk minuman soda, berhubung ada kandungan asam fosfor, kalsium dan magnesium pada tubuh bisa terkuras dan berdampak pada menurunnya imun tubuh. Sama seperti minuman bersoda, minuman beralkohol juga bisa menurunkan imunitas pada tubuhmu.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan, apa yang harus kamu santap dan apa yang harus kamu hindari saat sedang pandemi corona seperti ini. Jika ada kuliner-kuliner kesukaanmu yang masuk dalam daftar don'ts, jangan kecewa dulu karena nanti setelah pandemi ini berakhir, kamu masih bisa menyantapnya sepuasmu. Jadi harap bersabar dulu ya, teman PergiKuliner!

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?