Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Es Kopi vs Cold Brew, Apa Perbedaan dari Keduanya?

List Artikel
2 Mei 2019 | 0 Komentar
Kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Kepopuleran kopi saat ini bahkan bisa mengalahkan kepopuleran teh, hal ini dikarenakan semakin banyak pecinta kopi, baik itu kalangan orang tua hingga anak muda. Selain itu perkembangan kopi yang cukup pesat di Indonesia bisa dilihat dari menjamurnya kedai kopi. Berhubung iklim di Indonesia terbilang cukup panas, maka varian kopi dingin lebih disukai daripada kopi panas. Untuk kopi dingin, ada banyak variannya, tapi yang paling terkenal adalah es kopi dan cold brew. Meski keduanya sama-sama kopi dingin, tapi tak jarang orang keliru mengartikan cold brew dengan es kopi, begitu pula sebaliknya. Padahal keduanya ini sangat berbeda. Jika kamu ingin mengetahui apa saja perbedaannya, kita langsung cek saja di bawah ini:

Dari Segi Metode Pembuatan

Sumber : Pergikuliner.com


Es kopi dibuat dengan cara menyeduh kopi dengan air panas lalu mengaduknya dan membiarkannya beberapa saat supaya suhunya menjadi lebih dingin kemudian menambahkan es batu dan bahan-bahan tambahan lainnya, seperti gula, susu, dan lain sebagainya. Cara lain membuat es kopi adalah menyeduh kopi dengan air panas lalu memasukkannya ke dalam cetakan es batu lalu membekukannya. Setelah beku, es kopi yang berbentuk batu disajikan bersama susu cair. Sementara untuk cold brew, cara pembuatannya sangatlah berbeda. Cold brew terbuat dari biji kopi yang digiling kasar atau bubuk kopi halus yang diseduh atau direndam dalam air dingin selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu, kopi akan disaring dan diberi tambahan bahan lainnya.

Dari Segi Cita Rasa

Sumber : Tasteofsouthmagazine.com


Berhubung es kopi diseduh dengan air panas, maka aroma kopinya akan lebih berasa karena kopi yang tersentuh air panas akan mengeluarkan aroma wangi khas kopi yang menggoda. Saat diminum, cita rasa es kopi sangat kuat kafeinnya. Berbeda dengan cold brew yang memiliki aroma yang tidak terlalu kuat tapi cita rasanya lebih terasa dibanding es kopi. Hal ini dikarenakan kopi yang sudah direndam berjam-jam akan menghasilkan karakter yang kuat. Ekstrak kopi pada cold brew hasilnya cenderung agak pahit tapi tidak terlalu asam, sehingga bisa dikatakan lebih aman diminum oleh penderita gangguan maag.

Itulah perbedaan dari es kopi dengan cold brew. Jika kamu ingin menyeruput salah satunya, datangi saja salah satu kedai kopi yang ada di bawah ini ya!

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Coffeedential To Go

Foto Coffeedential To Go
Foto Coffeedential To Go
Foto Coffeedential To Go

Roempi Coffee

Foto Roempi Coffee
Foto Roempi Coffee
Foto Roempi Coffee

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Lala Coffee & Donuts

Foto Lala Coffee & Donuts
Foto Lala Coffee & Donuts

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?