Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Es Kopi vs Ice Americano vs Cold Brew, Apa Bedanya?

List Artikel
12 Januari 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak dinikmati di berbagai kesempatan. Biasanya orang akan mengonsumsi kopi di pagi hari untuk memulai aktivitas mereka, siang hari setelah santap siang untuk menghilangkan rasa kantuk, serta di malam hari untuk membuat mereka tetap terjaga. Saat ini ada banyak sekali pilihan tempat ngopi yang bisa kamu pilih karena sudah banyak kedai kopi yang menjamur, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Jika kamu tak sempat datang ke kedai kopi tersebut, kamu tinggal memesan dengan cara takeaway atau memesan melalui ojek online. Kepopuleran kopi juga tak lepas dari banyaknya varian yang dimiliki. Berbicara tentang varian kopi, bagi para penikmat sejati kopi, kopi hitam selalu menjadi favorit karena rasanya belum terkontaminasi dengan rasa lain alias masih rasa alami kopi. Berhubung di Indonesia cuacanya cenderung panas, maka kopi dinginlah yang lebih banyak disukai. Ada setidaknya tiga jenis kopi dingin yakni es kopi, iced americano, dan cold brew. Nah, ketiganya ini berbeda loh satu sama lain. Ingin tahu apa saja perbedaannya? Coba kita langsung cek!

 

Es Kopi



Sumber : Withsaltandwit.com


Es kopi atau iced coffee merupakan salah satu varian kopi hitam dingin yang dibuat dari bubuk kopi yang diseduh lalu disaring dan didinginkan serta disajikan bersama dengan es batu. Kelihatannya memang sangat mudah membuatnya. Oleh karena itu, es kopi bisa dibuat sendiri di rumah. Es kopi memiliki warna hitam yang cukup pekat. Untuk cita rasanya tergantung dari jenis biji kopi yang digunakan. Jika menggunakan biji kopi robusta cita rasanya akan jauh lebih pahit dibandingkan menggunakan arabika.

 

Ice Americano



Sumber : Pergikuliner.com


Berikutnya ada ice americano yang paling sering kita lihat di kedai kopi. Ice americano dibuat dari espresso yang diberi tambahan air dan batu es. Berbeda dengan konsep es kopi yang bisa diseduh sendiri, keberadaan campuran espresso ini bisa membuat cita rasanya jadi lebih ringan jika dibandingkan dengan minuman es kopi. Untuk membuat ice americano, biasanya dibutuhkan sekitar 2 shot espresso. Berhubung ice americano ini disajikan tanpa tambahan gula, maka sudah pasti cita rasanya tawar. Meski demikian, ice americano ini sangat sering dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang berdiet karena rendah kalori.

 

Cold Brew



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada cold brew yang keberadaannya masih terbilang baru jika dibandingkan es kopi dengan ice americano. Cold brew merupakan salah satu varian es kopi hitam yang metode pembuatannya terbilang cukup unik karena kopinya harus direndam selama 8-12 jam atau semalaman. Cold brew dibuat dari bubuk kopi yang diseduh dengan air panas dan didiamkan selama jangka waktu tertentu untuk mengekstraksi kopi dengan air suhu ruang. Setelah selesai didiamkan, kopi kemudian disaring dan disajikan bersama dengan es batu. Metode ini membuat cita rasa cold brew jadi lebih ringan.

 

Nah, itulah perbedaan dari es kopi, ice americano, serta cold brew. Buat kamu pecinta minuman kopi, kamu wajib tahu ini ya. Nah, jika pengen nyeruput nikmatnya kopi, kamu bisa singgah sebentar ke sini aja ya Teman PergiKuliner!

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Ombe Kofie

Foto Ombe Kofie
Foto Ombe Kofie

Djournal Coffee

Foto Djournal Coffee

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Kopi Soe

Foto Kopi Soe
Foto Kopi Soe
Foto Kopi Soe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?