Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Es Palu Butung vs Es Pisang Ijo, Ayo Tebak Di Mana Perbedaannya?

List Artikel
25 Juni 2018 | 0 Komentar

Indonesia merupakan negara tropis yang iklim cuacanya sanggup membuat kamu terus berkeringat. Tak heran jika ada banyak kuliner dingin yang dijajakan, baik itu di rumah makan hingga di pinggir jalan. Salah satu kuliner dingin yang cukup populer di Indonesia adalah es yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Makassar tak hanya terkenal akan kuliner coto Makassar dan sop konro, tapi juga ada es pisang ijo dan es palu butung yang keberadaannya tak hanya bisa kamu temukan di Makassar saja, tapi juga di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Hampir sebagian orang sering keliru menyebut es palu butung dengan es pisang ijo, begitupula sebaliknya. Kekeliruan ini dikarenakan keduanya sama-sama berasal dari Makassar dan terbuat dari bahan dasar pisang, serta diberi siraman siru merah. Meski banyak yang mengatakan kalau keduanya ini sama, tapi es palu butung dan es pisang ijo ini berbeda lho. Buat teman PergiKuliner yang belum tahu perbedaannya, yuk simak dulu penjelasan di bawah ini!

 

Jenis Pisang yang Digunakan



Sumber: ardiwahyu144.wordpress.com


Es palu butung merupakan es yang menggunakan pisang raja sebagai bahan utamanya. Meski ada yang menggunakan jenis pisang lain, tapi yang paling banyak digunakan dan cocok untuk es palu butung adalah pisang raja. Inilah yang membedakannya dengan es pisang ijo yang menggunakan jenis pisang kepok sebagai bahan utamanya. Pisang kepok dinilai lebih empuk dan memiliki cita rasa yang lebih manis dibanding pisang raja.

 

Tampilan Luar



Sumber: resepdanmasakan.com


Kalau berbicara tentang tampilannya, sudah pasti keduanya ini bisa kamu bedakan dengan cepat. Sesuai dengan namanya, es pisang ijo ini memang berwarna hijau. Lalu apakah pisangnya diberi warna hijau? Pada es pisang ijo, pisang yang digunakan dibalut terlebih dahulu dengan adonan tepung beras, santan, dan pewarna hijau sebelum akhirnya dikukus hingga matang. Lain halnya dengan es palu butung yang tidak diberi lapisan luar alias hanya polos pisang begitu saja.

 

Penyajian



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir adalah dari segi penyajiannya. Meski es palu butung dan es pisang ijo sama-sama menggunakan pisang, bubur sumsum, sirup merah, dan es batu untuk pelengkapnya. Tapi es pisang ijo terkadang ditambahkan bahan tambahan lainnya, mulai dari meises, keju parut, kacang tanah, hingga susu kental manis. Jadi sudah pasti cita rasanya pun jadi berbeda bukan?

 

Buat kamu yang kepengen menyeruput segarnya es ala nusantara, PergiKuliner punya rekomendasi tempat-tempatnya untuk kamu di bawah ini!

Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho

Es Pisang Ijo

Foto Es Pisang Ijo

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?