Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Etika Di Meja Makan, Apa Saja Kah?

List Artikel
18 Februari 2019 | 0 Komentar
Pernahkah Anda merasa bingung harus bersikap seperti apa nantinya, jika ingin menghadiri acara formal seperti gala dinner atau rehearsal dinner? Atau ketika mengunjungi restoran mewah lengkap dengan kesan formalnya? Nah, table manner adalah sesuatu hal yang sangat dibutuhkan ketika berhadapan dengan situasi tersebut.


Sumber : Pergikuliner.com


Secara harfiah table manner adalah etika saat berada di meja makan. Tidak hanya tata cara menyantap makanan yang disajikan, table manner juga mencakup sopan santun di meja makan. Table manner mulai dikenal dan digunakan di Eropa pada tahun 1740, kemunculan adat ini juga identik dengan lukisan Grace at Table karya Jean Baptiste Simeon Chardin, salah seorang pelukis terkenal asal Prancis. Lantas, hal apa saja yang harus diperhatikan untuk menjaga etika di meja makan? Berikut adalah hal-hal penting mengenai etika di meja makan:


1. Perhatikan Kata-kata dan Nada Bicara
Seperti dalam kehidupan ini kita harus bisa memerhatikan dan memposisikan kata-kata dan nada bicara, agar lawan bicara tidak tersinggung. Begitu pula saat di meja makan. Gunakanlah kata "tolong" dan "terima kasih". Di meja makan kita akan senantiasa membutuhkan bantuan pelayan. Oleh karena itu jangan lupa mengucapkan kata "tolong", dan jangan lupa mengucapkan kata "terima kasih" ketika makanan disajikan di atas meja atau saat pelayan mengantarkan alat makan yang Anda minta. Jangan bicara dengan mulut penuh dengan makanan. Selain tidak sopan, tentulah berbicara dengan mulut penuh makanan hanya akan menghasilkan suara yang tidak jelas. Kunyah dan telan dulu makanan dan baru mulai berbicara. Selain itu jangan bersendawa, batuk, bersin, atau menguap di meja makan. Begitupun saat harus menerima telepon penting, mintalah ijin meninggalkan ruangan. Jangan pernah menerima telepon di meja makan atau meletakkan ponsel di atas meja.

2. Gunakan Alat Makan dengan Benar
Saat duduk, Anda akan menghadapi lebih dari satu alat makan. Cara paling mudah adalah menggunakan dari bagian terluar hingga bagian terdalam. Biasanya, di meja sebelah kiri luar terdapat dessert fork dan dinner fork. Kemudian bagian kanan paling kiri dari luar ke dalam terdapat dinner knife, soup spoon dan paling ujung kanan adalah dessert knife. Pisau yang diletakkan di atas piring adalah bread & butter spreader untuk roti sebagai makanan pembuka. Sementara sendok di depan Anda yang diletakkan paling atas digunakan untuk makanan penutup atau dessert spoon. Untuk tea spoon biasanya sudah diletakkan berpasangan dengan cangkir.

3. Panggil Pelayan dengan Sopan
Jangan sesekali memanggil pelayan dengan membunyikan alat makan, tepuk tangan, atau melambaikan tangan berkali-kali. Cara yang sopan adalah berdiri jika dalam jamuan makan malam besar, menengok ke kanan atau kiri, atau menyalakan lighter jika jamuan makan dengan suasana gelap ala cafe.

4.Perhatikan Cara Duduk Anda
Ladies First. Perempuan akan dipersilakan duduk lebih dulu. Jika Anda laki-laki, sebelum dipersilakan duduk, berdirilah di sebelah kiri kursi. Setelah duduk, jangan bersandar dengan posisi berselonjor ketika duduk. Jangan pula membungkuk meski punggung bersandar ke kursi.

5.Gunakan Serbet dengan Benar
Fungsi serbet adalah untuk mengelap mulut Anda, bukan untuk mengelap peralatan makan atau gigi Anda. Jadi gunakan peralatan yang ada di meja makan sebagaimana mestinya. Jika ingin permisi ke toilet, letakkan serbet di sandaran kursi. Ini tandanya Anda akan kembali lagi ke meja makan. Jika Anda meletakkan serbet di meja makan, ini petanda Anda sudah selesai dan akan meninggalkan meja dan ruang makan.

6.Makan dengan Tenang
Lepaskan topi dan jaket Anda saat makan. Makanlah ketika sudah dipersilakan dengan tidak menimbulkan suara-suara tidak penting. Aturlah emosi ketika menelan, memotong dan mengunyah makanan. Sebisa mungkin usahakan Anda tidak dalam keadaan sangat lapar ketika menghadiri jamuan makan. Jika sudah selesai makan, letakkan sendok, garpu atau pisau terbuka ke arah atas dengan posisi di pukul empat dan terbuka ke atas. Ini menandakan Anda sudah selesai makan dan piring siap diangkat. Dan jangan merokok di meja makan, atau melakukan hal-hal lainnya yang tidak pantas dilakukan di meja makan. Jangan pula menggunakan tusuk gigi jika ingin membersihkan sisa makanan yang tersangkut. Permisi ke toilet jika ingin melakukannya.  

7.Meninggalkan Ruangan dengan Sopan
Tunggu aba-aba atau sinyal yang menandakan jamuan makan selesai sebelum Anda meninggalkan meja makan dan ruangan. Aturan ladies first kembali berlaku pada saat meninggalkan meja makan. Tinggalkan kesan profesional saat meninggalkan meja makan dengan berpamitan dan bersikap ramah pada tuan rumah yang sudah menjamu makan.

Ternyata di meja makan tidak sekadar makan saja ya? Ada hal yang harus kita ketahui agar lebih sopan dan beradat dalam menyantap makanan. Sekalipun tiap negara memiliki adat dalam menyantap dan bersikap di meja makan yang berbeda, setidaknya apa yang dipaparkan di atas adalah adat dan aturan dasar yang bersifat umum untuk dilakukan di meja makan. Bagaimana, sudah siap mempraktekkan table manner? Kamu bisa mulai mempraktekkannya saat makan di tempat-tempat di bawah ini ya!

Le Quartier

Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier

Social House

Foto Social House
Foto Social House
Foto Social House

Gia Restaurant & Bar

Foto Gia Restaurant & Bar
Foto Gia Restaurant & Bar
Foto Gia Restaurant & Bar

Wilshire

Foto Wilshire
Foto Wilshire
Foto Wilshire

Akira Back Indonesia

Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?