Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta dan Makna Menakjubkan Keju Bagi Masyarakat Perancis

List Artikel
3 Oktober 2020 | 0 Komentar

Keju adalah salah satu olahan susu yang sangat populer di dunia, termasuk di Perancis. Negara yang terkenal akan dessert dan kue-kue cantiknya ini ternyata menganggap keju sebagai makanan sehari-hari mereka. Tahukah kamu kalau keju bagi masyarakat Perancis bukanlah sekedar makanan yang dihasilkan dari fermentasi keju saja, tetapi keju juga menyimpan sejarah, tradisi, serta identitas bangsa di dalamnya. Hal ini membuat keju bisa dengan mudah dijumpai di Perancis, baik itu di toko kecil, swalayan, hingga ada toko-toko khusus yang hanya menjual keju yakni fromagerie (toko khusus keju). Menjadi makanan yang banyak dikonsumsi, tahukah kamu kalau ada beberapa fakta mengejutkan di balik makna keju bagi masyarakat Perancis, yaitu:



Sumber: Therusticfoodie.com


Ada Ribuan Jenis Keju di Perancis

Fakta yang pertama adalah terdapat ribuan jenis keju yang ada di Perancis. Terdapat sekitar 400an jenis keju dan 1200-an lebih jenis sub varian keju yang bisa kamu jumpai di Perancis. Hal ini dikarenakan masing-masing daerah di Perancis memproduksi keju tradisionalnya sendiri. Selain itu, ada keju Perancis dibuat dari berbagai macam bahan dasar alias tidak hanya menggunakan susu sapi saja, tapi juga susu domba, susu kambing, susu keledai, dan lain sebagainya. Faktor lainnya yang menyebabkan beragamnya jenis keju di Perancis adalah karena cara pembuatan atau metode yang digunakan untuk membuat keju di Perancis berbeda-beda. Kebanyakan menggunakan cara tradisional yang diturunkan turun temurun sehingga beda daerah, maka berbeda pula cara pembuatan kejunya.


Keju Menjadi Warisan Budaya yang Diakui UNESCO

UNESCO menetapkan keju Perancis sebagai warisan budaya immaterial atau non-benda. Loh kok warisan budaya non-benda? Jadi yang dikatakan warisan budaya di sini adalah cara pembuatan keju tradisional ala masyarakat Perancis. Berhubung tradisi keju di Perancis sangat besar, maka tak heran kalau kebudayaan membuat keju sudah ada dari ribuan tahun yang lalu. Produksi keju di Perancis sangatlah dipengaruhi dari iklim, geografis, serta geologi dari daerah pembuatannya sehingga metode pembuatan keju yang dibuat menyesuaikan dengan ketiga hal tersebut. Alhasil, terlahirlah banyak metode pembuatan keju yang ada di Perancis dan metode pembuatan tradisional inilah yang menjadi warisan budaya mereka.


Perancis Jadi Negara Penghasil dan Pengonsumsi Keju Terbesar di Dunia

Seperti yang sudah dikatakan di atas, keju sangatlah bermakna bagi masyarakat Perancis karena keju merupakan komoditas dalam dan luar negeri. Hampir 90% lebih masyarakat Perancis mengonsumsi keju setiap harinya. Tak heran kalau Perancis masuk dalam urutan pertama negara pengonsumsi keju terbesar di dunia. Negara ini juga menjadi urutan pertama dalam daftar penghasil keju terbesar di dunia. Keju diproduksi oleh perusahaan, peternakan, hingga industri rumahan.


Keju Masuk dalam Makanan Utama Orang Perancis

Ada fakta lainnya yang perlu kamu tahu dari makna keju bagi masyarakat Perancis yakni keju selalu masuk dalam menu jamuan makan. Biasanya keju akan dihadirkan setelah makanan utama. Jadi setelah menu appetizer dan maincourse akan dihidangkan keju barulah dessert. Tapi selain itu, keju juga seringkali disajikan sebagai teman pendamping wine. Jenis keju nantinya akan disesuaikan dengan jenis wine juga karena menyesuaikan cita rasa keduanya agar pas.


Cukup menakjubkan ya kehadiran keju bagi masyarakat Perancis ini. Penggunaan keju pada kuliner memang bisa menambah cita rasa dan menjadi jauh lebih unik. Bahkan bukan hanya sebagai tambahan saja, beberapa makanan juga menggunakan keju sebagai rasa utamanya loh, salah satunya adalah cheese cake. Nah, kalau kamu termasuk pecinta keju, kamu wajib kunjungi tempat-tempat di bawah ini untuk menikmati kelezatan olahan keju yang bikin lidah kamu bergetar keenakan. 

Hokkaido Baked Cheese Tart

Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart

Ohayou! Cheese Toast

Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast

Say Cheese To The Wheel

Foto Say Cheese To The Wheel
Foto Say Cheese To The Wheel
Foto Say Cheese To The Wheel

Cheese Tea Inc

Foto Cheese Tea Inc

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?