Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Dibalik Macchiato yang Mitosnya Bukan Varian Kopi

List Artikel
3 Maret 2019 | 0 Komentar
Kamu termasuk penggemar kopi? Pastinya tahu macchiato yang selalu muncul dalam buku menu. Ada caramel macchiato, caffe macchiato, espresso macchiato, dan masih banyak lagi. Jika kamu mendengar nama macchiato, apa yang terbayang di pikiranmu? Pastinya salah satu jeni minuman kopi. Tak sedikit orang yang menyangka kalau macchiato termasuk dalam varian kopi seperti cappucino, latte, espresso, dan lain sebagainya. Persepsi ini dikarenakan macchiato merupakan minuman yang berbahan campuran kopi dan susu. Tapi ternyata selama ini anggapan kita tentang macchiato tidaklah benar karena macchiato bukanlah salah satu varian kopi.

Sumber : Allfoodsrecipes.com

Macchiato merupakan sebutan atau istilah yang digunakan untuk krim busa yang ditambahan di atas minuman kopi. Contohnya saja espresso macchiato. Krim yang digunakan untuk bahan tambahan minuman kopi ini jenisnya bisa beragam, ada yang terbuat dari susu murni hingga whipped cream. Tapi pasti kamu bertanya-tanya, bukankah cappucino juga memiliki krim busa di atasnya? Lantas kenapa tidak ada embel-embel macchiato di belakangnya? Hal ini dikarenakan buih atau busa yang ada pada cappucino sudah ada sejak awal karena adanya campuran susu steam alias bukan ditambahkan di akhir sehingga cappucino tidak dilabeli dengan tambahan macchiato. 

Sumber : Nespresso.com

Jadi, macchiato hanya disematkan pada krim yang ditambahkan pada kopi saat penyajian akhir alias tidak pada saat pembuatan awal. Nama macchiato sebenarnya tidak hanya digunakan pada minuman kopi saja, tapi juga pada jenis minuman lain seperti teh. Kamu pastinya juga pernah mendengar atau bahkan pernah mencicip minuman earl grey macchiato, cream cheese tea macchiato, thai tea macchiato, hingga green tea macchiato. Jadi, mulai sekarang jangan sampai keliru lagi mengenali macchiato sebagai salah satu minuman kopi ya!

Nah, buat kamu yang menggilai kopi, setelah membaca artikel ini pastinya kamu jadi terbayang akan kelezatan secangkir kopi bukan? PergiKuliner sangat mengerti kamu kok, oleh karena ini PergiKuliner sudah siapkan beberapa referensi tempat kopi nikmat buat kamu lho, yuk segera datangi!

Koultoura Coffee

Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Scandinavian Coffee Shop

Foto Scandinavian Coffee Shop
Foto Scandinavian Coffee Shop

Dua Cipete Coffee

Foto Dua Cipete Coffee
Foto Dua Cipete Coffee
Foto Dua Cipete Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?